large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Poli Rehabilitasi Medik Adakan Penyuluhan Home Program Bagi Pasien Rehabilitasi Medik
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-05-12 -|- 02:37:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Home Program atau Home Exercise Program (HEP) yang berarti program latihan di rumah mungkin bukan hal yang asing. Program latihan di rumah adalah suatu rangkaian latihan yang dapat pasien lakukan di rumah sebagai kelanjutan dari program rehabilitasi yang diberikan di klinik rehabilitasi maupun rumah sakit. Tujuan utamanya yaitu untuk mempercepat tercapainya target terapi. Keberhasilan terapi tidak akan berhasil jika pasien hanya mengandalkan pengobatan di penyedia layanan kesehatan saja, namun dibutuhkan juga terapi yang dilakukan secara rutin di rumah. "Program fisioterapi di poli Rehabilitasi Medik tidak akan berhasil jika hanya dilakukan satu sampai dua kali saja di poli, namun tidak ditunjang dengan latihan yang dilakukan di rumah." jelaskan dr. Irma Kurniawati, Sp.KFR, M.MKes. selaku dokter spesialis rehabilitasi medik.


kelapa santan 12mei23a


kelapa santan 12mei23b
Peningkatan fungsi secara fisik akan terpenuhi jika latihan dilakukan secara rutin di rumah dan juga di penyedia layanan kesehatan. Pasien yang tidak mematuhi program latihan di rumah, menurut beberapa penelitian telah menunjukan risiko gangguan musculoskeletal sebesar 50-60%. Selain itu, tidak patuh terhadap Home Exercise Program (HEP) meningkatkan risiko cedera dan kekambuhan jangka panjang yang menyebabkan kepercayaan terhadap Dokter menurun dan menganggap program mereka tidak efektif (rskariadi.co.id). Walaupun demikian, program latihan di rumah tentunya tidak akan dilakukan dengan sembarangan. 


kelapa santan 12mei23c


kelapa santan 12mei23d
Dalam membuat program latihan dirumah / home program dokter harus berdiskusi dengan keluarga dan pasien agar dapat mencapai goal yang ditentukan. Dokter akan memastikan bahwa latihan yang diberikan dirumah adalah latihan yang aman. Pada beberapa kondisi dokter akan menyarankan untuk mengecek tanda vital (tekanan darah, denyut nadi, laju pernafasan, dan suhu tubuh), selain itu bila memungkinkian perawatan monitoring harian, (seperti stik glukosa darah sewaktu bila pasien memiliki) dapat dipersiapkan. Pasien harus segera melaporkan ke dokter atau pelayanan medis bila merasakan nyeri atau merasakn tidak nyaman selama atau setelah latihan dirumah. Pasien juga diharuskan kontrol rutin sesuai anjuran dokter untuk penilaian ulang dengan tujuan penyesuaian dosis latihan, penentuan apakah home program rehabilitasi medik perlu dilanjutkan atau tatalaksana lain seperti membuat rujukan rumah sakit. 


kelapa santan 12mei23e
Dengan segala urgensi yang ada, maka poli Rehabilitasi Medik RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengadakan Penyuluhan Home Program Bagi Pasien Rehabilitasi Medik yang diadakan pada hari Jum'at tanggal 12 Mei 2023 pukul 08.00 - 11.00 WIB di aula Puspa Indah dengan target pasien di poli Rehabilitasi Medik. Tujuan utama dari kegiatan kali yaitu:



  1. Home program sebagai kelanjutan dari program rehabilitasi medik yang hanya diberikan di rumah sakit dengan tujuan untuk mempercepat goal terapi.

  2. Durasi dan frekuensi latihan akan lebih efektif dibandingkan latihan yang diberikan di rumah sakit.

  3. Membentuk bounding antara pasien dan keluarga pasien untuk mempercepat penyembuhan.


kelapa santan 12mei23f


kelapa santan 12mei23g
Tak hanya penyuluhan, namun kegiatan kali ini juga disertai dengan praktek,pembagian doorprise hingga launching program Kelapa Santan atau Kelompok Layanan Antar Jemput Pasien - Santuni Tangani Kabupaten Bondowoso yang merupakan program inovasi bersama antara pasien dan juga keluarga besar poli Rehabilitasi Medik yang bekerjasama dengan Rumah Zakat cabang Bondowoso. "Program ini merupakan sumbang asih nyata dari pasien dan keluarga pasien serta Rumah Zakat. Terimakasih banyak atas dukungan dan apresiasinya. Semoga kemanfaatan yang besar dapat dirasakan dan mendapatkan keridhaan dari Allah SWT. Saya mohon juga bagi bapak ibu sekalian yang membutuhkan atau mengetahui ada yang membutuhkan untuk dapat meneruskan komunikasinya demi kepentingan bersama." jelaskan Sri Widodo, SST. FT selaku fisioterapis sekaligus sie perlengkapan dalam pemberian sambutannya. 


kelapa santan 12mei23h
Menurut pak Mul selaku pasien tetap di poli Rehabilitasi Medik RSUD dr. H. Koesnadi, terdapat beberapa pasien rutin di poli ini kesusahan dalam menyediakan transportasi menuju Rumah Sakit (RS). "Ada beberapa pasien di fisio yang belum bisa mendapatkan layanan karena terbatas transportasi. Terkadang keluarga harus mempersiapkan uang sebesar 150 ribu hingga 250 ribu rupiah hanya untuk menyewa ajsa transportasi saja. Semoga dengan program ini dapat membantu dan memberikan kemanfaatan bersama dan tentunya mendapatkan ridha dari Alloh SWT. Terimakasih banyak atas bantuan dan dukungan dari dr. Irma Kurniawati, Sp.KFR, M.MKes. dan juga tim fisioterapis." ujarnya. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630099 user
  • IP address : 3.148.102.90
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU