large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Poli Rehab Medik RSDK Adakan Sosialisasi Kesehatan Bertemakan Fisioterapi Pada Skoliosis
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-08-16 -|- 01:16:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Rehabilitasi medik atau yang biasa disingkat dengan rehab medik adalah terapi yang dilakukan untuk memulihkan atau mengembalikan fungsi tubuh yang bermasalah akibat cedera, operasi, ataupun penyakit tertentu. Rehab medik mencakup setiap kelompok umur, mulai dari bayi baru lahir, anak dan remaja, orang dewasa muda, hingga lanjut usia. Pada kesempatan kali ini, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengadakan sosialisasi kesehatan bertemakan Fisioterapi Pada Skoliosis pada hari hari Rabu tanggal 16 Agustus 2023 pukul 08.00 – 09.00 WIB bertempat di ruang tunggu Poli Rehab Medik. Bertugas sebagai pemateri atau pengedukasi kesehatan yaitu Mimi Legiwa Amd,Ft selaku Fisioterapi Penyelia.


peny fisio ags23
"Skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang yang ditandai dengan bentuk punggung melengkung seperti huruf C atau S. Umumnya memiliki gejala yang ringan, namun dapat berkembang menjadi lebih parah seiring pertambahan usia jika tidak tertangani dengan benar. Untuk mengetahui apakah seseorang itu menderita skoliosis maka dibutuhkan pemeriksaan di Dokter Spesialis Orthopedic. Skoliosis sendiri sering kali terjadi tanpa diketahui penyebabnya atau idiopatik sehingga untuk penanganannya sering kali terlambat dan dibawa ke Rumah Sakit dalam keadaan yang tidak baik." jelaskan Mimi Legiwa Amd,Ft. Beliau kembali menjelaskan terkait kondisi yang dapat memicu terjadinya skoliosis diantaranya bantalan dan sendi tulang belakang yang mulai aus akibat usia (Skoliasis Degeneratif); bawaan lahir (Skoliosis Kongentinal); gangguan saraf otot (Skoliosis Neuromuscular) misalnya penyakit distrofi otot atau cerebral palsy; cedera atau infeksi tulang belakang serta cacat tulang belakang.


peny fisio ags23a
Lalu bagaimana ciri-ciri dari penyakit Skoliosis itu sendiri? Mimi Legiwa, Amd,Ft-pun kembali menjelaskan sebagai berikut:



  1. Salah satu bagian bahu akan terlihat lebih tinggi,

  2. Salah satu tulang belikat tampak lebih menonjol,

  3. Adanya tonjolan pada salah satu bagian pinggul,

  4. Nyeri punggung bawah, Kekakuan punggung,

  5. Nyeri dan mati rasa di kaki (karena saraf terjepit),

  6. Kelelahan karena ketegangan otot


peny fisio ags23b
"Rehabilitasi medis pada penyakit Skoliosis dilakukan dengan 3 cara yaitu terapi modalitas, Orthotic Prostetik Penggunaan Skoliosis Brace, serta latihan rutin berkelanjutan. Sedangkan terkait terapi modalitas akan dilakukan dengan menggunakan tens, Infrared, USD (Ultrasound Teraphy), MWD tergantung dari kebutuhan pasien itu sendiri harus dilakukan dengan terapi apa." tambahnya. 


peny fisio ags23c
Setelah dilakukan sosialisasi dan edukasi kesehatan oleh tim dari poli Rehabilitasi Medik RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), sesi kegiatan selanjutnya yaitu sesi tanya jawab. Dalam sesi ini diberikan kesempatan kepada pasien dan keluarga pasien untuk mengajukan pertanyaan seputar keluhan ataupun hal-hal yang kurang jelas dalam paparan sesi edukasi kesehatan sebelumnya. Beberapa pertanyaan dilontarkan dan ditanyakan meliputi pertanyaan dari ibu Tri Astuti, bapak Mulyono serta ibu Martini. 


peny fisio ags23d
Ibu Tri Astuti yang beralamat di Desa Lojajar menanyakan seputar permasalahan kebiasaan sehari-hari anaknya. "Bagaimana dengan anak saya yang saat tidur tidak pernah menggunakan bantal? Apakah akan mempengaruhi posisi tulang lehernya?". Pertanyaan dari ibu Tri Astuti langsung dijawab oleh Mimi Legiwa, Amd,Ft. "Tujuan dari tidur menggunakan bantal agar posisi tidur menjadi lebih relax. Oleh karena itu, disarankan agar pada saat tidur dapat menggunakan bantal. Jika posisi tidur terlentang tanpa bantal akan menyebabkan otot leher tetap bekerja." jelasnya.



Kesempatan selanjutnya ditanyakan oleh bapak Mulyono yang menceritakan seputar keadaannya. Beliau menceritakan bahwa awalnya tidak bisa menunduk dan mendangak, namun sekarang sudah sembuh setelah melaksanakan terapi rutin selama 9 bulan. Dalam kurun waktu ini, beliau menyatakan bahwa tidak pernah sekalipun meminum obat-obatan. Terapi yang diterima merupakan terapi di poli Rehabilitasi Medik. Mendengar penjelasan dari bapak Mulyono, Mimi Legiwa, Amd,Ft-pun menjelaskan bahwa yang berhak dan memiliki wewenang untuk memberikan obat hanya Dokter saja. "Karena sebelumnya bapak Mulyono merupakan pasien rujukan dari poli lain dengan segala ketentuan dari tenaga profesional dan ahli dibidangnya. Maka saya menyarankan agar bapak Mulyono mengkonsumsi obat tersebut terlebih dahulu lalu selanjutnya berkonsultasi lebih lanjut dengan dr. Irma Kurniawati, Sp.KFR untuk tindakan lebih lanjut."jelaskan Mimi Legiwa, Amd,Ft.


peny fisio ags23e
Pertanyaan ketiga dan terakhir ditanyakan oleh ibu Martini yang berasal dari Badean. "Apakah pasien Skoliosis memiliki pantangan makanan yang dikonsumsi sehari-hari". Pertanyaan ini langsung dijawab kembali oleh Mimi Legiwa, Amd,Ft yang menjelaskan bahwa tidak ada pantangan makanan apapun pada penderita penyakit Skoliosis. Namun, beliau kembali mengingatkan agar penderita Skoliosis harus terus menjaga berat badan ideal agar tidak terjadi kegemukan yang nantinya akan membuat tulang bekerja secara berlebihan menopang berat tubuh. 



Kegiatan sosialisasi ataupun edukasi kesehatan kali ini berjalan lancar dan diakhiri dengan pembagian souvenir cantik. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu ibu Tri Astuti,bapak Mulyono serta ibu Martini,. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Berikan semangat juang dan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/MILE)


peny fisio ags23f

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630200 user
  • IP address : 18.224.214.215
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU