large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
16 Tenaga Dokter Internship dan 2 Dokter Muda Jalani Orientasi Umum Di RSDK
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-08-28 -|- 02:31:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Koas merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa kedokteran dalam memperoleh gelar dokter. Mahasiswa kedokteran akan belajar mengenali dan mengatasi penyakit, sesuai dengan kondisi di lapangan, berdasarkan teori yang telah dipelajari sebelumnya.


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (2)
Sebagai salah satu instansi penyedia layanan kesehatan di wilayah pemerintahan kabupaten Bondowoso, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga menjadi tempat tujuan bagi Tenaga Dokter Internship serta Tenaga Dokter Muda dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan di lapangan secara langsung. Namun sebelum terjun di lapangan, tentunya seluruh Tenaga Dokter Internship serta Tenaga Dokter Muda diharuskan untuk mengikuti beberapa prosedur dan aturan yang berlaku di lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Oleh karena itu, pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2023 pukul 08.00-12.00 WIB diadakanlah kegiatan orientasi umum. Lokasi kegiatan berada di Aula Puspa Indah RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). 


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (5)
Peserta kegiatan orientasi umum kali ini berjumlah 18 orang yang terdiri dari 16 orang Tenaga Dokter Internship dan 2 orang Tenaga Dokter Muda di berbagai daerah dan Universitas yang ada di segala penjuru Indonesia. Peserta orientasi nantinya akan mendapatkan materi dan informasi yang dikemas secara menarik dan tentunya akan bermanfaat di lapangan.


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (9)
Materi pertama dijelaskan oleh dr. Nurwahyudi, Sp.JP.FIHA selaku Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Materi yang dibawakan yaitu seputar penanganan Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan magang atau intern merupakan kegiatan pelatihan kerja yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan. Selain itu, pemagang juga dapat belajar budaya kerja, support system, hingga belajar bekerja bersama tim satu profesi atau profesi lain. “Orang yang mendapatkan banyak manfaat adalah dia yang memiliki effort tinggi atau usaha yang lebih khususnya dalam mencari informasi dan meningkatkan pengetahuannya.”, ungkap dr. Nurwahyudi, Sp.JP.FIHA. Beliau juga menekankan agar para dokter memanfaatkan waktu magang yang diberikan untuk menambah ilmu dengan giat. 


dr. Nurwahyudi, Sp.JP.FIHA juga menjelaskan tentang Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, antara lain:



  1. Pengetahuan dan keahlian

  2. Kemampuan komunikasi

  3. Manajemen waktu dan Kedisiplinan

  4. Dapat dipercaya

  5. Tidak berpihak dan objektif

  6. Terlatih, berkembang dan tumbuh bersama


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (8)


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (7)
Materi selanjutnya diberikan oleh Ahmad Safi`i, S.Kep, Ns selaku perwakilan dari tim IPCN. Materi yang dibawakan yaitu Pengendalian dan Penularan Infeksi (PPI) di Rumah Sakit. Tujuan dari diadakannya Pengendalian dan Penularan Infeksi (PPI) yaitu untuk meminimalkan atau mencegah terjadinya infeksi pada petugas, pasien, pengunjung dan masyarakat di sekitar Rumah Sakit (RS). Tak hanya itu, beliau juga menjelaskan tentang pentingnya mencuci tangan, pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan tempatnya dan sesuai kebutuhannya, penanganan limbah atau sampah medis dan non medis, serta penanganan tumpahan menggunakan spill kit.


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (6)
Materi ketiga disampaikan oleh Rahmat Supriyanto dan Subairi dari Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit (K3RS). Materi yang dibawakan yaitu Pengendalian Bencana dan Keselamatan Kesehatan Kerja. Tim K3RS menjelaskan tentang macam-macam bencana kebakaran mulai dari kebakaran yang disengaja ataupun tidak disengaja yang dapat terjadi di rumah, sekolah, Rumah Sakit (RS) hingga kantor. Tim K3RS juga menjelaskan tentang alat-alat pemadam api seperti hydrant dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dengan menyuguhkan presentasi yang sangat menarik. Tidak lupa dengan menggunakan alat APAR dan helm safety yang terdiri dari berbagai macam warna.


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (1)
Materi selanjutnya yaitu oleh tim Code Blue yang diwakilkan oleh dr. Dian Ika Setyarini, Sp.An selaku dokter spesialis PPDS. Topik yang dibawakan yaitu Bantuan Hidup Dasar (BHD) di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Beliau menjelaskan bahwa pengetahuan Resusitasi Jantung Paru (RJP) harus menjadi bekal pada setiap orang khususnya pada dokter. Petugas Rumah Sakit (RS) wajib mengerti dan mampu melakukan pertolongan pertama bila terjadi kejadian yang mengancam. Presentasi tentang Code Blue CPR juga tidak kalah menarik. dr. Dian Ika Setyarini, Sp.An juga memberikan cara BHD yang disimulasikan oleh boneka phantom sebagai alat peraga agar tenaga Dokter Internship maupun tenaga Dokter Muda mengetahui cara dan teknik yang benar dalam melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP).


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (3)
Tak cukup sampai disini, pemateri selanjutnya juga tak kalah menarik. Terdapat pengenalan struktur organisasi Rumah Sakit (RS), tata laksana pelayanan di Rumah Sakit (RS) oleh Bagian Umum serta keselamatan dan penggunaan obat di Rumah Sakit (RS) oleh Tim Farmasi.  Antusiasme tinggi menimba ilmu dari kegiatan orientasi umum ditunjukkan oleh tenaga Dokter Internship maupun tenaga Dokter Muda. Lalu bagaimana pendapat dari perwakilan peserta kegiatan orientasi umum kali ini? Berikut adalah pernyataan yang berhasil dirangkum. 


Orientasi Dokter Muda dan Intern Agustus 23 (4)
“Orientasi ini dilakukan selama enam hari dan ini adalah hari kelima. Materi yang diberikan sangat bermanfaat dan menarik. Tidak hanya memberikan penjelasan berupa teori namun juga memberikan praktek dengan dilengkapi alat pendukung, seperti penjelasan tentang APAR. Sebelumnya saya hanya mengetahui alatnya saja. Namun sekarang saya memahami bagian-bagian APAR dan bagaimana cara penggunaannya”, ujar dr. Dona Kristin yang merupakan dokter internship dari UPN Veteran Jakarta (PKRS/FREA)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630906 user
  • IP address : 3.144.151.106
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU