large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Meningkatnya Pasien COR di RSDK, Poli Bedah Saraf Lakukan Edukasi tentang COR Dan Penanganannya
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-10-04 -|- 02:20:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Cedera kepala ringan terjadi ketika seseorang mengalami trauma pada kepala yang menyebabkan kerusakan pada jaringan otak, namun tidak terjadi kerusakan permanen pada struktur otak. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sekitar 2,5 juta orang di Amerika Serikat mengalami cedera kepala setiap tahun dan sekitar 75 di antaranya adalah kasus cedera kepala ringan. Cedera Otak Ringan (COR) bisa terjadi kepada siapapun dan dimanapun. Namun pada umumnya, COR sering ditemukan pada pasien wanita. Selain itu, kasus COR lebih banyak dialami oleh anak-anak dan remaja daripada orang dewasa.


 COR bedah saraf okt23


Hingga saat ini, cedera kepala di Indonesia masih menjadi tantangan terbesar dalam dunia kedokteran. Kejadian cedera kepala di Indonesia setiap tahunnya diperkirakan mencapai 500.000 kasus. Dari jumlah tersebut, 10% penderita kasus cedera otak meninggal sebelum tiba di rumah sakit. Dari pasien yang sampai di rumah sakit, 80% dikelompokan sebagai cedera kepala ringan, 10% termasuk cedera sedang, dan 10% termasuk cedera kepala berat. Maka dari itu, penting untuk mengupayakan pencegahan guna mengurangi risiko cedera kepala ringan dan mengobati cedera dengan benar agar tidak terjadi komplikasi yang serius.


 COR bedah saraf okt23a


Pada kesempatan kali ini, Poli Bedah Saraf dari RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Cedera Otak Ringan (COR). Edukasi berlangsung pada hari rabu tanggal 4 Oktober 2023 pukul 08.00 – 08.40 WIB di ruang tunggu Poli Bedah Saraf. Pemateri yang bertugas adalah Mintik Rifanti, AMK selaku perawat Poli Bedah Syaraf RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Dengan adanya edukasi Cedera Otak Ringan ini diharapkan masyarakat lebih mengenal tentang COR dan memahami bagaimana penangannya.


 COR bedah saraf okt23b


“Cedera otak ringan bisa menimpa siapa saja dengan gejala bervariasi dari ringan hingga sedang. Penting untuk mengupayakan pencegahan guna mengurangi risiko cedera kepala ringan dan mengobati cedera dengan benar agar tidak terjadi komplikasi yang serius”, ujar Mintik Rifantik, AMK. Beliau juga menjelaskan pengertian dari Cedera Otak Ringan (COR). Cidera Otak Ringan (COR) adalah gangguan / kerusakan pada struktur (bagian) otak yang diakibatkan karena cedera pada otak dan berpotensi mengganggu fungsi otak itu sendiri.


 COR bedah saraf okt23c


Mintik Rifantik, AMK juga menyebutkan beberapa penyebab dan dampak dari COR. “Penyebab COR antara lain, kecelakaan lalu lintas/lokasi industri, jatuh dari tempat ketinggian, tertimpa benda keras, terkena benda tajam/tumpul, perkelahian / kekerasan fisik, mengikuti olahraga yang berisiko dan menyebabkan benturan. Dampak yang terjadi akibat Cedera Otak Ringan juga bermacam-macam, seperti  pusing / nyeri kepala ringan, mual dan muntah, gangguan tidur, hilang ingatan sesaat, tidak ada penurunan kesadaran, telinga berdenging”, tutur Mintik Rifantik, AMK.


 COR bedah saraf okt23d


Masyarakat tampak bersemangat dan sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Mintik Rifantik, AMK. Hal ini terlihat jelas dari aktifnya masyarakat untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada petugas pemateri. Seperti ibu Sulastri dari Sumberpandan. “Jika setelah melakukan operasi di kepala, apakah boleh melakukan aktivitas fisik yang berat?”, tanya ibu Sulastri. Beliau menjawab “Setelah pasien melakukan operasi, pasien membutuhkan waktu untuk masa pemulihan. Sebaiknya hindari aktivitas berat, istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat bergizi untuk mempercepat pemulihan. Jangan lupa untuk kontrol ke dokter secara rutin”, ucap Mintik Rifantik, AMK.


 COR bedah saraf okt23e


Pertanyaan selanjutnya diberikan oleh ibu Susiana dari Tenggarang. Ibu Susiana bertanya “Apakah ada efek samping pasca operasi kepala?”. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Mintik Rifantik, AMK. “Setiap orang memiliki efek samping yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari banyak faktor seperti beratnya cedera otak yang dialami, area otak yang mengalami gangguan, jenis dan teknik operasi yang dilakukan, riwayat penyakit dan faktor-faktor lainnya”, jelas Mintik Rifantik, AMK.


COR bedah saraf okt23f


Edukasi kesehatan kali ini berjalan dengan lancar. Panitia juga membagikan leaflet dan souvenir cantik. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu ibu Sulastri dan ibu Susiana. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Berikan semangat juang dan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/FREA)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 640348 user
  • IP address : 18.118.26.90
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU