large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Peresmian Ruang Rawat Inap Kesehatan Jiwa Paviliun Seroja Baru Dihadiri oleh PJ Bupati Kab. Bondowos
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-10-25 -|- 01:25:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Pengertian kesehatan mental menurut kemenkes yaitu kondisi dimana individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang. Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental.

Menurut WHO, kesehatan jiwa adalah ketika seseorang tersebut merasa sehat dan bahagia, mampu menghadapi tantangan hidup serta dapat menerima orang lain sebagaimana seharusnya serta mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain.
Pembukaan Paviliun Seroja Baru (2)
Masalah kesehatan mental bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Berdasarkan data WHO tahun 2022 terdapat 300 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan jiwa seperti depresi, bipolar, demensia, termasuk 24 juta orang yang mengalami skizofrenia, yang kita kenal dengan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

Gangguan jiwa merupakan permasalahan yang jika tidak ditangani dengan benar dapat meningkat setiap tahunnya. Angka prevalensi gangguan jiwa di Provinsi Jawa Timur menduduki urutan ke 12 di Indonesia. Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur angka ODGJ berdasarkan data jumlah penduduk Jawa Timur  sebesar 38.005.413 orang, yang mengalami gangguan jiwa ada sekitar 83.612 orang yang mengalami ODGJ.
Pembukaan Paviliun Seroja Baru (5)
RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sehubungan dengan pernyataan tersebut, RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso mengadakan peresmian gedung Paviliun Seroja Baru yang dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 sekaligus dalam rangka memperingati hari kesehatan jiwa sedunia. Pada awalnya, Paviliun Seroja memiliki 8 tempat tidur, dan berkembang menjadi 17 tempat tidur. dengan gedung yang baru. Dengan sarana dan prasarana yang disediakan oleh Paviliun Seroja RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso saat ini diharapkan dapat menampung pasien dengan jumlah lebih banyak daripada sebelumnya.


Pembukaan Paviliun Seroja Baru (10)


Peresmian Paviliun Seroja RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso berlangsung pada dua tempat yang berbeda yaitu pembukaan yang bertempat di Aula Puspa Indah RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso dan kunjungan lapangan di Paviliun Seroja Baru. Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Peresmian Paviliun Seroja RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso dihadiri oleh Bapak Pj. Bupati Bondowoso, Ibu PLH Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Bapak PLT. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, Bapak Kepala Dinas Sosial P3AKB Kabupaten Bondowoso, Bapak Kepala Bagian Protokoler Dan Komunikasi Pimpinan Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bondowoso, Bapak Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso, Wakil Direktur Beserta Jajaran Pejabat Struktural Dan Pejabat Fungsional dan seluruh tamu undangan.


Pembukaan Paviliun Seroja Baru (1)Acara Peresmian Paviliun Seroja RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso dipandu oleh Rr. Ernis Wijayanti selaku protokoler Pj Bupati. Setelah para hadirin dan tamu undangan melakukan registrasi, acara dibuka dengan tarian Selamat Datang yang ditampilkan oleh Farizah Imamatus Shofi, Amd. Kep. selaku perawat dari Paviliun Seroja.



Pembukaan Paviliun Seroja Baru (4)


Setelah Farizah Imamatus Shofi, Amd. Kep. menampilkan penampilan terbaiknya, dilanjutkan dengan pemutaran video Safety Briefing dan kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Heny Setiowerdhi Astoeti. Selanjutnya, menyanyikan lagu MARS RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Dilanjutkan doa bersama yang dipandu oleh Yunarso, S.Kep.,Ns selaku Kepala Instalasi Gawat Darurat.
Pembukaan Paviliun Seroja Baru (6)
dr. Yus Priyatna Adryanto. Sp.P.,FISR selaku Direktur RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso tutut memberikan sambutan. “Rehabilitasi Eks Gedung Akper Bondowoso Dilakukan Untuk Dijadikan Ruang Rawat Inap Kesehatan Jiwa Yang Baru Dengan Harapan Agar Dapat Lebih Maksimal Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan Jiwa Kepada Masyarakat,” tutur dr. Yus Priyatna Adryanto. Sp.P.,FISR. Beliau mengungkapkan dengan diresmikannya gedung Paviliun Seroja Baru ini, RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso dengan dukungan stakeholder terkait diharapkan dapat melakukan upaya-upaya sebagai berikut:



  1. Mengupayakan agar menjadi RS rujukan khusus pasien jiwa untuk wilayah Jawa Tengah bagian timur karena RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso adalah satu-satunya RS yang memiliki ruang khusus jiwa di wilayah Jawa Timur bagian Timur.

  2. Mengupayakan RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso sebagai IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor).

  3. Memberdayakan pasien jiwa paska kepulangan dari Paviliun Seroja, dengan menyiapkan rehabilitasi sosial sehingga pasien dapat berguna dan berdaya di masyarakat dengan keterampilan yang mereka miliki sepulang dari Rumah Sakit.


Pembukaan Paviliun Seroja Baru (7)
“Untuk Mencapai Semuanya Maka Kita Selaraskan Kemampuan Sdm Yang Ada Yaitu Perawat Dan Petugas Lainnya Sesuai Kompetensinya Serta Pemenuhan Fasilitas Pelayanan Di Paviliun Seroja Agar Bersinergi Dengan Tujuan Pelayanan Kesehatan Jiwa. Dalam peresmian ini kami sampaikan bahwa RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso akan selalu siap memberikan pelayanan jiwa yang komprehensif dan paripurna,” tutur dr. Yus Priyatna Adryanto. Sp.P.,FISR.
Pembukaan Paviliun Seroja Baru (8)
Pj Bupati Kab. Bondowoso yaitu Drs. Bambang Soekwanto, M.M. juga turut memberikan sambutan. “Data dinas Kesehatan Bondowoso ada sekitar 1.474 orang ODGJ, berarti masih banyak ODGJ di Kabupaten kita, maka keberadaan Ruang Rawat Inap Jiwa Paviliun Seroja merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk mensukseskan Rencana Kerja Pemerintah dalam Upaya mencapai indikator kinerja Kementrian Kesehatan dalam Kesehatan Jiwa dimana tahun 2022 Persentase penyandang gangguan jiwa yang memperoleh layanan di Fasyankes, masih dengan capaian indikator 26.97 % dari target 30 %, dengan capaian kinerja 90 %.” tutur Drs. Bambang Soekwanto, M.M. Beliau juga berharap adanya dukungan dari Dinas Kesehatan untuk dapat melakukan langkah langkah bersinergis dalam menangani ODGJ termasuk Dinas Sosial yang dalam hal ini ikut berpartisipasi membantu para ODGJ yang tidak terjamin oleh BPJS  serta RSUD Dr H Koesnadi harus berusaha melengkapi fasilitas ruang jiwa karena ruang ini berbeda dengan ruang perawatan lainnya, disamping SDM yang didalamnya juga harus terlatih sesuai kompetensi yang dibutuhkan ruang perawatan Jiwa. “Tetap semangat untuk melayani dengan sepenuh jiwa demi jiwa yang lain. Mari memantapkan komitmen dan tekad kita untuk mencapai Indonesia emas 2045 dengan menciptakan SDM Indonesia yang sehat, berkualitas, dan unggul,” tambah Drs. Bambang Soekwanto, M.M.
Pembukaan Paviliun Seroja Baru (9)


Pembukaan Paviliun Seroja Baru (13)


Kegiatan selanjutnya adalah pemotongan tumpeng oleh Drs. Bambang Soekwanto, M.M. kepada dr. Yus Priyatna Adryanto. Sp.P.,FISR selaku Direktur RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Setelah pemotongan tumpeng, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan gedung baru Ruang Rawat Inap Kesehatan Jiwa Paviliun Seroja serta pemotongan pita.
Pembukaan Paviliun Seroja Baru (12)
Peresmian Paviliun Seroja RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso berlangsung sangat meriah. Tidak lupa Paviliun Seroja juga mempersembahkan penampilan dari para pasien yaitu persembahan senam cuci tangan dan menyanyikan dua buah lagu. Acara ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama. (PKRS/FREA)


Pembukaan Paviliun Seroja Baru (14)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631167 user
  • IP address : 3.144.143.31
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU