large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Bunga Seroja Lambangkan Kebersihan Hati & Fikiran, Begitu Pula Paviliun Seroja
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-01-11 -|- 03:46:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Bunga Seroja atau lebih sering dikenal dengan nama Lotus merupakan tanaman air tahunan yang berasal dari genus Nelumbo. Bunga yang mekar pada pagi hari dan menutup di malam hari ini memiliki beberapa daun dari bunga yang terendam di dalam air, sedangkan sebagian lainnya mengapung di atas permukaan air karena dilengkapi dengan kantong udara. Bunga seroja memiliki kelopak bunga yang besar dan berbentuk agak bulat dan tidak beraturan. Satu tangkai bunga seroja terdiri dari kelopak bunga dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Kelopak bunganya memiliki warna yang bervariasi seperti ungu, biru, merah, kuning, putih dan merah muda.


 pav seroja jan24


Selain indah, bunga seroja juga memiliki beragam manfaat diantaranya mengatasi diare, menetralkan gula darah serta lemak darah, membantu mengontrol tekanan darah, memperlancar pencernaan, membantu menangani peradangan, menjaga daya tahan tubuh, membantu mengatasi jerawat serta menyehatkan kulit. Tak hanya itu, bunga Seroja juga kaya akan makna dan arti filosofi. Bunga seroja atau lotus menjadi simbol dari kebersihan hati dan fikiran. Lotus juga diyakini sebagai sumber kekuatan, keberuntungan dan kehidupan. Bunga Seroja juga melambangkan kelahiran dan keindahan. Jadi walaupun bunga Seroja tumbuh di tempat yang kotor yaitu lumpur, namun bunga Seroja tidak terpengaruh dan hidup baik dengan mengatasi segalanya serta tetap menebarkan kemanfaatannya.


 pav seroja jan24a


Kebersihan hati dan fikiran serta beragam kebaikan dari penggambaran bunga Seroja tergambarkan dengan nyata pada jati diri paviliun Seroja di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Mengapa demikian, berikut adalah penjelasannya. Paviliun Seroja merupakan ruang rawat inap yang merawat pasien dengan kasus penyakit khusus kesehatan jiwa baik itu untuk OGDJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) dan OGMJ (Orang dengan Masalah Jiwa). Berfokus dalam melayani kesehatan jiwa, paviliun Seroja selalu berbenah dan sigap memberikan pelayanan kesehatan terbaiknya di bawah komando dari dr. Dewi Prisca Sembiring, Sp. KJ sebagai dokter penanggung jawab pelayanan dan Ns. Saiful Walid, S.Kep., M. MKes sebagai kepala paviliun bersama 17 tenaga perawat profesional lainnya. Selain tenaga perawat profesional, terdapat pula tenaga profesional lain yang siap memberikan pelayanan terbaiknya seperti apoteker serta nutrisionist.



  1. Beragam latar belakang pemberi layanan ini tergambarkan dari berbagai macam warna yang dimiliki oleh bunga Seroja. Bunga Seroja memiliki beragam warna yaitu ungu, biru, merah, kuning, putih dan merah muda.

  2. Pemberian layanan terbaik hingga pasien merasakan kepuasan pelayanan tergambarkan dari beragam manfaat bagi kesehatan yang dimiliki oleh bunga Seroja


 pav seroja jan24b


Paviliun Seroja diresmikan pada tanggal 1 Agustus 2015 dan telah mengalami beberapa pergantian kepemimpinan dimulai dari Fritz Yogyantomo, S. kep. Ns (2015-2018) serta Saiful Walid, S.Kep.Ns, M. MKes (2018-sekarang) selalu konsisten menjadi salah satu pelayanan yang mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat. Salah satu kunci keberhasilannya adalah penyediaan prasarana, sarana dan manajemen yang handal. Memiliki resolusi tahun 2024 untuk dapat menjadi ruang rujukan bagi rawat inap jiwa di area tapal kuda Jawa Timur bagian timur (Karesidenan Besuki), paviliun Seroja sigap melaksanakan perubahan dan pembenahan di setiap aspeknya yaitu dengan cara memberikan inovasi layanan kesehatan terbaik setiap saat. Berikut adalah inovasi layanan yang telah paviliun Seroja lakukan.



  1. Layanan SI TREPUJI (ambulance pelaYANAN pSIkiatrik TERPadu seJIwa) meliputi beberapa layanan seperti SEROJA SIJI PUTIH (SEROJA paSIen Jiwa jempPUT dI rumaH), TERASI ENAK SEROJA ( TERApi rekreaSI arena Keluar SEROJA), TARI LAMA SEROJA ( anTAR pasien puLAng ke ruMAh dari SEROJA) serta JURU KUPAS SEROJA ( kunJUngan Rumah KeLUarga PASien SEROJA)

  2. IBUKU SEROJA SIAGA (harI raBU berKUnjung ke SEROJA dan edukasSI keluArGA)

  3. TAKASI PAS (Tata laKsAna edukaSI Pasien pAsca krS)

  4. SEROJA SANG PENA (SEROJA Siap datANG Pasca bEncaNA)

  5. MAMA ASI (MediA inforMAsi dan edukAsi pasien pSIkiatri)

  6. GRIYA PATRI ( GaleRI karYA PAsien psikiaTRI)


 pav seroja jan24c


Sebagai pemberi layanan prima yang berpusat pada penanganan kesehatan jiwa, paviliun Seroja memiliki beberapa ruang perawatan utama yaitu



  1. Ruang perawatan kelas 1 terdiri atas 4 ruangan disertai dengan fasilitas bed, lemari pakaian serta kamar mandi dalam

  2. Ruang psikotik laki-laki (khusus untuk ODGJ laki-laki) terdiri atas 12 bed disertai dengan fasilitas bed standar jiwa serta kamar mandi dalam

  3. Ruang psikotik perempuan (khusus untuk ODGJ Perempuan) terdiri atas 8 bed disertai dengan fasilitas bed standar jiwa serta kamar mandi dalam

  4. Ruang perawatan pendukung meliputi Ruang Psiko Geriatri (Ruang untuk kasus geriatric jiwa lansia dengan gangguan jiwa) serta Ruang Jiwa Anak (Ruang untuk kasus anak dengan gangguan Jiwa)


 pav seroja jan24d


Tak hanya itu, paviliun Seroja juga dilengkapi oleh sarana serta fasilitas pendukung dalam menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna layanan kesehatan rawat inap, diantaranya



  1. Ruang Makan -> Ruang untuk melaksanakan kegiatan makan bersama

  2. Ruang Rehabilitasi Sosial -> Ruang untuk melatih rehabilitasi mulai dari terapi sosial, olahraga, beribadah atau kegiatan lain yang disiapkan agar sepulang dari RS bisa berguna di masyarakat

  3. Ruang Terapi Aktivitas Kelompok -> Ruang terapi berkelompok dan berinteraksi sosial seperti bernyanyi, karaoke, senam atau kegiatan kelompok lain.

  4. Ruang Isolasi -> Terdiri dari 6 ruang, merupakan untuk pasien yang kondisinya belum layak untuk bersama pasien lain misal resiko kekerasan, resiko bunuh diri dan sebagainya.

  5. Terdapat 40 titik Kamera CCTV


 pav seroja jan24e


Saiful Walid, S.Kep.Ns, M. MKes mengungkapkan bahwa paviliun Seroja beserta seluruh tenaga medis, tenaga kesehatan hingga tenaga professional lainnya akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat. “Semuanya akan mendapatkan pelayanan yang sama dan rata. Tidak ada diskriminasi ataupun kecurangan di lingkungan paviliun Seroja, baik pasien pengguna asuransi kesehatan seperti BPJS, UHC dan Biakes Dinas sosial untuk pasien yang Tidak mempunyai tempat tinggal tetap (T4) maupun pasien umum.” jelasnya. Pelayanan prima yang diberikan oleh paviliun Seroja tampaknya mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat, hal ini dibuktikan dari angka kunjungan pasien yang terus meningkat. Pada tahun 2023, diketahui total kunjungan berada pada angka 526 perawatan dengan rincian bulan Januari sebesar 58 perawatan, bulan Februari sebesar 33 perawatan, bulan Maret sebesar 33 perawatan, bulan April sebesar 29 perawatan, bulan Mei sebesar 57 perawatan, bulan Juni sebesar 50 perawatan, bulan Juli sebesar 45 perawatan, bulan Agustus sebesar 46 perawatan, bulan September sebesar 35 perawatan, bulan Oktober sebesar 45 perawatan, bulan November sebesar 53 perawatan, bulan serta bulan Desember sebesar 42 perawatan.


“Kami tidak pernah bosan merawat dengan sepenuh dan setulus hati seluruh pasien di paviliun Seroja. Pasien dengan gangguan dan masalah kesehatan jiwa membutuhkan perhatian yang lebih besar. Dan paviliun Seroja siap memberikan itu semua hingga pasien kembali sembuh. Dukungan dan kerjasama yang baik dari tenaga kesehatan dan keluarga adalah obat yang dibutuhkan dalam keadaan ini.” ujar Agung Riyadi, S.Kep.Ns. selaku perawat professional. Beliau juga menyebutkan bahwa siap memberikan pelayanan dan pengabdian di bidang kesehatan yang berpusat pada kebersihan hati dan fikiran sesuai makna yang terkandung dalam bunga Seroja.  Selain Agung Riyadi, S.Kep.Ns, juga terdapat beberapa tenaga kesehatan profesional lainnya, meliputi:



  1. Saiful Walid, S.Kep.Ns, M. MKes

  2. Subiyanto, S.Kep.Ns

  3. Yuniah Purwanti, S.Kep.Ns

  4. Erfan Agung Baskara, S.Kep.Ns

  5. Agung Riyadi, S.Kep.Ns

  6. Moh. Syamsi, A.Md.Kep

  7. Nining Susanti, A.Md.Kep

  8. Decki Pragola, S.Kep.Ns

  9. Siti Holifa, S.Kep.Ns

  10. Rudi Iswanto, A.Md.Kep

  11. Khurotul A’yun, A.Md.Kep

  12. Rafli Rahmadianto, S.Kep.Ns

  13. Fariza, A.Md.Kep

  14. Ika Kurnia, A.Md.Kep

  15. Ariesta Andriana M, S.Kep. Ns

  16. Whariyo Sediyatmiko, S.Kep.Ns

  17. Govinda Januar, S.Kep.Ns

  18. Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm.Apt (tenaga apoteker)

  19. Dino Eka Permana Putra, SST (tenaga nutrisionis)

  20. Nahtim Bahtiar (tenaga administrasi)


 pav seroja jan24f


Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di paviliun Seroja. Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doanya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Semoga dengan adanya sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631993 user
  • IP address : 3.145.93.210
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU