large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Pembuatan Video Zona Integritas RSDK, Buktikan Komitmen Menuju WBK dan WBBM
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-06-26 -|- 02:14:00 oleh Admin

RSDK hari ini. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) berkomitmen penuh dalam membangun Zona Integritas (ZI) sehingga dapat mempertahankan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan Permenpan RB Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Instansi Pemerintah telah menjelaskan bahwa proses pembangunan Zona Integritas (ZI) memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian, dan penetapan. Seluruh tahapan ini memanglah penting, namun pembangunan menjadi salah satu hal yang krusial karena membutuhkan banyak sekali sumbangasih tenaga dan fikiran. Pembangunan ini sendiri berarti membangun integritas pada unit instansi pemerintah hingga yang terkecil melalui berbagai perubahan dan perbaikan yang terencana, massif, komprehensif, dan sistematis. Membangun integritas berarti membangun sistem, membangun manusia, dan membangun budaya. Begitu pula RSUd dr. H. Koesnadi (RSDK) yang tak pernah bosan terus membangun integritas prima dalam menciptakan lingkungan dengan karakteristik adaptif, berintegritas, mampu melayani publik secara akuntabel, memegang teguh nilai-nilai dasar maupun kode etik yang berlaku serta bersih dari perilaku Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) ataupun gratifikasi.


 shooting ZI jun24


Banyak hal yang telah RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) lakukan sebagai perwakilan dari pemerintahan Kabupaten Bondowoso menjadi wilayah kerja Zona Integritas (ZI), diantaranya dengan melakukan beberapa strategi pembangunan yaitu:



  1. Mindset dan komitmen dari pimpinan dan seluruh karyawan untuk mewujudkan wilayah kerja yang bebas korupsi.

  2. Kemudahan, Kecapatan dan Transparansi pelayanan yaitu dengan meningkatkan hospitality dalam melayani masyarakat sehingga masyarakat puas

  3. Program yang menyentuh masyarakat, yaitu inovasi layanan untuk membantu masyarakat, misalnya program LAOK ROMA serta HALO APOTEKER

  4. Melakukan monitoring dan evaluasi agar semua usaha-usaha yang sudah kita jalankan untuk mencapai Zona Integritas (ZI) tetap berjalan di jalurnya dan terus ada umpan balik perbaikan

  5. Manajemen media, dimana salah satu komponen untuk mencapai WBK banyak sekali berkenaan dengan manajemen media, seperti pembuatan media untuk mengingatkan komitmen kita dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi, menjalin komunikasi dengan masyarakat dengan menampung pengaduan, menjawab pertanyaan dan memberikan informasi melalui media sosial yang kita miliki.


 shooting ZI jun24a


Inovasi layanan LAOK ROMA adalah layanan antar obat ke rumah, kerja sama PT POS dan farmasi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Keunggulannya adalah pasien tidak perlu menunggu lama di Rumah Sakit (RS) serta pasien tetap memperoleh penjelasan mengenai obat yang diterima. Kriteria obat yang dapat diantarkan antara lain bukan obat golongan narkotika dan psikotropika serta obat termolabil. Tak perlu khawatir, karena sebelum dikirimkan petugas farmasi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan melakukan pengecekan sekaligus verifikasi data registrasi terlebih dahulu. Proses pengecekan berfungsi untuk mengurangi kesalahan pemberian obat sehingga pasien memperoleh obat yang tepat dan benar. Sedangkan Verifikasi Data Registrasi dilakukan oleh Petugas POS yaitu dengan memverifikasi ulang data pasien dengan registrasi pengiriman yang terdaftar. Sedangkan inovasi layanan HALO APOTEKER merupakan inovasi layanan dalam menggunakan aplikasi digitalisasi yang berfokus dalam pelayanan kefarmasian kepada pasien dengan memanfaatkan teknologi informasi, sehingga untuk melakukan konseling tidak perlu bertatapan langsung, sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mengapa perlu dilakukan telekonseling? Tujuan pemberian konseling obat adalah untuk mengoptimalkan terapi, meminimalkan resiko dari reaksi obat yang tidak dikehendaki dan meningkatkan keamanan pasien (patient safety). Berikut adalah daftar pasien yang wajib dilakukan tindakan konseling



  1. Pasien dengan kondisi khusus (pediatri, geriatri, pasien dengan gangguan fungsi ginjal, ibu hamil dan menyusui).

  2. Pasien dengan penyakit kronis atau pengobatan jangka panjang (hipertensi, diabetes melitus, epilepsi, HIV/AIDS, TB, dll).

  3. Pasien yang menggunakan obat dengan indeks terapi sempit (Digoksin, Fenitoin).

  4. Pasien yang menggunakan banyak obat (polifarmasi).

  5. Pasien yang menggunakan obat dengan instruksi khusus (kortikosteroid tappering off).

  6. Pasien yang mendapatkan obat dengan bentuk sediaan khusus (inhaler, enema, insulin pen, suppositoria)

  7. Pasien dengan riwayat kepatuhan rendah.


 shooting ZI jun24b


Tak hanya itu, tepatnya pada hari Rabu tanggal 25 Juni 2024 lalu juga dilakukan terobosan baru dalam menyebarluaskan semangat azas Good and Clean Government melalui sosialisasi Zona Integritas (ZI) yang dilakukan langsung oleh dr. Yus Priyatna A, Sp. P, FISR. selaku direktur kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dalam kegaiatan apel pagi rutin. “RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) Bebas Korupsi dan Gratifikasi. Apalagi sekarang dalam proses rekruitment Wilayah Bebas dari Korupsi tahun 2023. Tidak ada yang namanya Korupsi Kolusi Nepotisme apalagi Gratifikasi. Yang mau dan berniat Gratifikasi sudah saya tolak dan yang punya niat melakukan gratifikasi sebaiknya diurungkan. Tidak akan saya terima, semuanya harus bersih dan transparan." ujar dr. Yus Priyatna Adryanto. Sp.P.,FISR (26/06/2024).


 shooting ZI jun24c


Dalam merangkum zona integritas dalam pemberian pelayanan publik maksimal yang telah RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) berikan, maka dibuatlah sebuah video Pelayanan Publik yang berintegritas mewujudkan Zona Integritas (ZI) sehingga dapat mempertahankan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Oleh karenanya pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2024 pada pukul 07.00 - 14.30 WIB menjadi pembuatan video terkait komitmen dari seluruh jajaran karyawan maupun direksi dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dalam mendukung terciptanya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di wilayah RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). “Kita patur berbangga, karena RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) menjadi satu-satunya institusi yang mewakili kabupaten Bondowoso sebagai instansi yang berkomitmen tinggi dalam mencanangkan serta mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).” ungkap dr. Yus Priyatna Adryanto. Sp.P.,FISR.


Kegiatan pembuatan video ini memiliki beberapa tim pembuatan yaitu Eko Budianto, SP selaku Produser, Iftitah Adi, S.KM selaku Sutradara 1 serta Scriptwritter, Yeny Devitanti, SE selaku sutradara 2, serta Endah Utami Setyowati, S.Psi selaku sutradara 3. Sedangkan para pemain terdiri atas:



  1. Nur Aini Lestari, S.KM. selaku pemain 1

  2. Destriana Marinda Budianti selaku petugas security

  3. Mintik Rifanti,AMK selaku perawat profesional di poli Bedah Syaraf

  4. Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm. apt. selaku apoteker 1

  5. Ambar Retnowati, S.Farm selaku apoteker 2

  6. dr. Eko Aprilianto Handoko,Sp.N selaku Dokter spesialis syaraf

  7. Linda Darmayanti, S.KM selaku voice over narasi

  8. Unit Hemodialisa dan Kemoterapi

  9. Bagian Kantin dan Parkir


 shooting ZI jun24d


Terimakasih banyak atas seluruh dukungan dan apresiasi penuh dalam usaha meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kami dengan bangga dan setulus hati berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima. RSUD dr. H. Koesnadi.. No Korupsi.. No Gratifikasi.. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 912410 user
  • IP address : 18.97.14.84
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU