large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Peringati Hari Penyakit Paru Obstruktif Kronik Sedunia, RSDK Adakan Siarin Radio Interaktif
Kategori Berita | Diposting pada : 2022-11-11 -|- 01:44:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Peringatan Hari Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) dilaksanakan pada tanggal 15 November. PPOK adalah peradangan pada paru-paru yang berlangsung dalam jangka panjang dimana umumnya ditandai dengan kesulitan bernafas, batuk berdahak dan mengi atau bengek. Selain itu, PPOK juga dapat meningkatkan resiko terkena COVID-19 penderitanya (sindikasi.republika.co.id). 


siaran dokter yus priyatna
Secara global 60-85% penderita PPOK tidak mengetahui penyakitnya, di Indonesia sendiri masih banyak pasien PPOK yang tidak mengetahui kalau dirinya menderita PPOK (p2ptm.kemkes.go.id). Untuk itu, RSUD dr. H. Koesnadi mengadakan edukasi kesehatan membahas tentang PPOK yang dikemas dalam bentuk siaran radio interaktif (11/11/2022).



Tepatnya pada tanggal 11 November 2022 pada pukul 10.00-11.00 WIB, RSDK bersama LPPL Radio Mahardhika mengadakan siaran langsung bertemakan "Talkshow Interaktif Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) . Pemateri yang bertugas adalah dr. Yus Priyatna A, Sp.P.FISR. sebagai dokter spesialis paru di poli paru sekaligus direktur RSDK. Untuk produser siaran yang bertugas adalah Dewi Karya, S.Sos.


siaran dokter yus priyatna 2
"PPOK merupakan penyakit degeneratif yang dimulai pada usia pertengahan diakibatkan dari kebiasaan hidup kita sendiri. Jadi jangan lupa untuk menghindari stress, capek berlebih, bergadang yang terlampau sering dan tentunya juga merokok." jelaskan dr. Yus Priyatna A, Sp.P.FISR. Beliau juga menambahkan bahwa PPOK bisa terjadi kepada pria ataupun wanita yang memiliki kebiasaan merokok. Perokok aktif tentunya berpeluang lebih besar dibandingkan perokok pasif. Oleh karena itu, beliau menganjurkan agar mulai menghentikan kebiasaan merokok sejak awal jika tidak ingin berpeluang besar menderita penyakit PPOK dengan sifat yang irreversibel atau tidak dapat kembali seperti semula. 


siaran dokter yus priyatna 3
"Mencegah lebih baik daripada mengobati dan tentunya lebih murah juga untuk kita ya dokter." ujar pandusiar Dewi Karya, S.Sos. Dalam kesempatan ini dr. Yus Priyatna A, Sp.P.FISR.  juga mengingatkan agar tidak takut untuk mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat jika menderita batuk berkepanjangan hingga lebih dari 2 minggu lamanya. "Harus diwaspadai jika batuk tidak berhenti selama lebih dari 2 minggu lamanya. Jangan takut untuk berobat, karena saat ini Bondowoso telah UHC, jadi semua sudah dicover oleh BPJS. Segera periksakan diri anda, jika belum memiliki BPJS, segera diurusi". 


siaran dokter yus priyatna 4
Mendengar penjelasan dari dr. Yus Priyatna A, Sp.P.FISR., banyak pertanyaan masuk melalui kanal youtube maupun whatsApp LPPL Radio Mahardhika yang menanyakan dan memastikan apakah sanak saudara terdekat maupun diri sendiri sedang menderita penyakit PPOK. Berikut adalah daftar nickname id nya yaitu Harun, Agus serta Erna. "Harus dilihat dahulu faal paru maupun foto radiologi thorax nya. Perlu juga mengkaji riwayat kebiasaan hidup pasiennya.Baru dapat dipastikan jenis penyakit apa yang diderita. Saat ini RSDK sudah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap untuk permasalahan kesehatan paru. Kami memiliki pelayanan CT Scan dan bronkoskopi untuk menunjang semuanya." jelaskan dr. Yus Priyatna A, Sp.P.FISR. Mendengar penjelasan rinci ini, pendengar setia  LPPL Radio Mahardhika merasa puas mendapatkan informasi dari pemateri siaran radio interaktif kali ini. "Terimakasih dokter, materi dan informasinya jelas sekali." ujar Nur. 


siaran dokter yus priyatna 5
Poli paru RSUD dr. H. Koesnadi akan memberikan pelayanan terbaiknya bersama dr. Yus Priyatna A, Sp.P.FISR. setiap hari Senin hingga Jum'at. Terimakasih atas kepercayaan masyarakat kepada kami. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 627234 user
  • IP address : 3.145.186.173
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU