large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Persiapkan Diri Menjelang Puasa, RSDK Adakan Sosialisasi Diet DM Saat Puasa
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-02-22 -|- 10:03:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Berdasarkan kalender yang dibuat oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI maka tanggal 1 Syaban 1444 H sebagai awal ramadan tahun 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023 (suara.com). Sementara itu, dilansir dari detikhikmah, otoritas Uni Emirat Arab (UEA) juga telah memprediksi awal ramadan untuk tahun 2023 pada hari Kamis, 23 Maret 2023 nanti. Prediksi ini berdasarkan perhitungan yang dilakukan Persatuan Astronomi Internasional atau Arab Union for Astronomy and Space Science/AUASS (detik.com).


peny. gizi diet DM23
Bagi umat Muslim di seluruh penjuru dunia, tentunya ibadah puasa adalah kewajiban mutlak yang harus dilakukan. Tak terkecuali bagi penderita diabetes, oleh karenanya dibutuhkan beberapa persiapan sebelum puasa agar tidak menimbulkan komplikasi yang membahayakan kesehatan akibat proses metabolisme yang terganggu. Pada prinsipnya, penderita diabetes haruslah menjaga kadar gula darahnya agar terkontrol baik dan tidak memiliki penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung atau ginjal (alodokter.com).


peny. gizi diet DM23a
Menimbang pentingnya akan edukasi Diet Diabetes Mellitus (DM) menjelang puasa, maka RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengadakan Sosialisasi Kesehatan bertema “Hidup Sehat Bersama Diabetes Mellitus” dan “Diet Diabetes Mellitus Saat Puasa” pada hari Rabu tanggal 22 Februari 2023 pukul 08.00-09.00 WIB di depan ruang tunggu poli Dalam  bersama Dino Eka Permana Putra, SST. selaku ahli gizi dari Poli Gizi.



“Diabetes Mellitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolism kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolism karbohidrat, lipid dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin.” jelaskan Dino Eka Permana Putra, SST. Beliau juga menjelaskan bahwa DM seringkali muncul tanpa gejala. Namun demikian ada beberapa gejala yang harus diwaspadai sebagai syarat kemungkinan diabetes. Gejala tipikal yang sering dirasakan penderita diabetes antara lain poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (banyak makan/ mudah lapar). Selain itu sering pula muncul keluhan penglihatan kabur, koordinasi gerak anggota tubuh terganggu, kesemutan pada tangan atau kaki, timbul gatal-gatal yang seringkali sangat mengganggu (pruritus), dan berat badan menurun tanpa sebab yang jelas.


peny. gizi diet DM23b
Lalu bagaimana cara agar tetap dapat menjalankan ibadah puasa, namun tubuh tetap dalam kondisi yang prima bagi penderita DM? “Diet DM adalah cara ampuh dan aman bagi penderita DM, diberikan pada saat puasa dengan kadar gula darah <300 mg/dL. Bagi pengguna insulin jika ingin berpuasa diharapkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter yang merawatnya.” ujar Dino Eka Permana Putra, SST.  Prinsip Diet DM saat puasa dengan memperhatikan hal-hal berikut:



  1. Perhatikan 3J (Jenis, Jumlah dan Jadwal Makan),

  2. Tinggi serat +/- 30 gram/hari dengan mengutamakan serat larut air yang terdapat di dalam sayur dan buah

  3. Jenis karbohidrat diutamakan karbohidrat kompleks

  4. Energi cukup, protein, lemak dan karbohidrat sesuai kebutuhan serta

  5. Jadwal makan disesuaikan dengan jadwal puasa, pembagian makanan dapat dibagi menjadi 10% pada saat buka puasa, 40% setelah magrib, 10% setelah tarawih dan 40% saat sahur.


Sebagai penutup, Dino Eka Permana Putra, SST Kembali mengingatkan agar pasien DM diharuskan membatalkan puasanya jika kadar gula darah mencapai <60 mg/dL yang ditandai dengan pusing, berkeringat dingin serta mata berkunang-kunang. Segeralah berbuka dengan minuman yang manis.


peny. gizi diet DM23c


Kegiatan edukasi kali ini berjalan lancar dan diakhiri dengan pembagian souvenir cantik. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu ibu Jenny Wijaya dari Prajekan, ibu Nining dari Wringin beserta bapak Abdur Rachman dari Bondowoso. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Jangan lupa, pelayanan Poli Gizi RSDK para ahli gizi profesional kami akan membantu sekuat tenaga dan setulus hati setiap hari Senin hingga Jum’at. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)


peny. gizi diet DM23d

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630564 user
  • IP address : 3.140.198.43
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU