dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
RSDK hari ini. Bunga Teratai merupakan jenis tumbuhan bunga yang mampu tumbuh dan mengambang di atas permukaan air, baik kolam, rawa, danau ataupun perairan yang sangat kotor sekalipun. Memiliki bentuk bunga yang cenderung bulat dengan kelopak berwarna warni, dimulai dari warna merah, putih, kuning ataupun pink. Dikenal sebagai bunga yang kuat, Teratai dapat hidup di tiga alam berbeda dikarenakan memiliki akar yang kuat dan dapat menembus ke dasar yang penuh dengan lumpur. Tak hanya itu, bunga teratai juga memiliki batang yang tumbuh di air, dan memiliki bunga yang cantik di permukaan air. Bunga ini juga dikenal memiliki makna khusus yaitu sebagai simbol ilmu pengetahuan. Oleh karenanya, para filsuf melahirkan berbagai filosofi terkait bunga Teratai. Salah satu diantara banyaknya filosofi, makna dari bunga Teratai adalah selalu berbuat baik tanpa rasa pamrih.
Bunga Teratai yang memiliki daun lebar dan mengapung di permukaan rupanya dapat melindungi ikan dan biota lainnya yang hidup di dalam kolam agar tidak terpapar langsung sinar matahari. Tak hanya itu, daunnya juga dapat digunakan sebagai tempat katak untuk melompat menyeberangi sungai. Walaupun demikian bunga Teratai tidak mendapatkan sedikitpun manfaat dari ikan dan biota lainnya. Perumpamaan filosofi ini terpampang nyata dari pelayanan kesehatan di paviliun Teratai RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Mengapa demikian, berikut adalah penjelasannya.
Paviliun Teratai merupakan salah satu pemberi layanan kesehatan khusus merawat pasien dengan kasus neurologi (saraf) pada orang dewasa. Berfokus dalam melayani dengan sepenuh serta setulus hati, paviliun Teratai selalu berbenah dan sigap memberikan service excellent nya di bawah komando dari Wahyuni Fauziah, S.Kep. Ns. MHS. Ph. D. sebagai kepala paviliun. Dalam kesehariannya juga terdapat 19 tenaga perawat profesional yang siap membantu dan merawat masyarakat. Selain tenaga perawat profesional, terdapat pula tenaga profesional lain yang siap memberikan pelayanan terbaiknya seperti tenaga medis seperti dokter spesialis neurologi antara lain dr. HR. Kamilka Taufik, Sp. N ; dr. Eko Aprilianto Handoko, Sp. N ; dr. Felisitas Farica Sutantoyo, Sp. N.; tenaga kesehatan lainnya seperti fisioterapi, apoteker serta nutrisionist.
- Beragam latar belakang pemberi layanan ini tergambarkan dari berbagai macam warna yang dimiliki oleh bunga Teratai. Bunga Teratai memiliki beragam warna yaitu Teratai putih melambangkan kepercayaan dan pengetahuan, Teratai kuning melambangkan kebahagiaan, Teratai merah muda melambangkan kasih sayang serta Teratai merah melambangkan semangat keberanian. Seluruh makna ini tergambarkan dalam keseharian pelayanan dari tenaga medis, tenaga kesehatan maupun tenaga professional lainnya.
- Pemberian layanan terbaik hingga pasien merasakan kepuasan pelayanan tergambarkan dari kehebatan bunga Teratai yang dapat hidup dan merekah indah walaupun tinggal di lingkungan yang kurang indah. Walaupun dihadapkan dengan berbagai kondisi dan berbagai macam keadaan penyakit hingga tekanan permasalahan, namun seluruh anggota paviliun Teratai tetap bersemangat memberikan pelayanan terbaiknya
- Pemberian edukasi dan informasi, inovasi layanan program hingga pemberian pelayanan terbaik diberikan secara paripurna dengan tujuan menebarkan kemanfaatan tinggi kepada masyarakat selayaknya bunga Teratai yang kaya akan kemanfaatan.
Paviliun Teratai telah mengalami beberapa pergantian kepemimpinan dimulai dari Fritz Yogyantomo, S.Kep. Ns, Muh. Henri Wahyono, S.Kep., Ns hingga Wahyuni Fauziah, S.Kep. Ns. MHS. Ph. D. selalu konsisten menjadi salah satu pelayanan yang mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat. Salah satu kunci keberhasilannya adalah penyediaan prasarana, sarana dan manajemen yang handal. “Paviliun Teratai selalu sigap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Bondowoso dan sekitarnya. Tak hanya melayani pasien umum, namun juga melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan program Universal Health Coverage (UHC) yang dikhususkan untuk pasien tidak memiliki BPJS.” jelaskan Wahyuni Fauziah, S.Kep. Ns. MHS. Ph. D.
Sebagai pemberi layanan kesehatan prima, paviliun Teratai memiliki beberapa ruang perawatan utama yaitu:
- Ruang Perawatan Kelas 1 dengan total bed 2 dilengkapi dengan fasilitas bed elektrik, TV, AC, kursi penunggu, lemari pakaian, standar infus, Oksigen sentral, lampu tidur, rak jemur handuk serta toilet dalam ruangan
- Ruang Perawatan Kelas 2 dengan total bed 4 yang terbagi ke dalam 2 kamar dilengkapi fasilitas bed standar, AC, kursi penunggu, lemari pakaian, standar infus, Oksigen sentral, lampu tidur, tirai pembatas serta toilet bersama di luar ruangan
- Ruang Perawatan Kelas 3 dengan total bed 9 yang terbagi ke dalam 3 kamar dilengkapi fasilitas bed standar, AC, kipas angin, kursi penunggu, lemari pakaian, standar infus, Oksigen sentral, tirai pembatas serta toilet bersama di luar ruangan
- Stroke corner dengan total bed 3 dilengkapi dengan fasilitas bed monitor, AC, trolley, kursi penunggu, tirai pembatas, lemari baju standar, ruang dispensing obat, standar infus serta toilet bersama di luar ruangan
Tak hanya itu, Wahyuni Fauziah, S.Kep. Ns. MHS. Ph. D. juga menambahkan jika fasilitas tambahan lain yang ada di paviliun Teratai adalah layanan fisioterapi dalam melatih alat gerak tubuh bagian bawah serta taman indah tertata rapi yang berlokasi di depan ruang perawatan kelas 1, 2 dan 3. “Taman sengaja dirawat indah untuk memberikan efek rekreasi dan ketenangan bagi pasien maupun keluarga pasien. Jadi rasa stress yang dialami pasien dan keluarga dapat dikurangi kadarnya sehingga dapat terhibur dari pemandangan indah. Tak hanya itu pasien ataupun keluarga pasien juga dapat memanfaatkan fasilitas terapi tubuh bagian bawah dengan cara berjalan-jalan di area tersebut. Jangan khawatir fasilitas ini sudah terbukti keamanannya.” jelaskan Wahyuni Fauziah, S.Kep. Ns. MHS. Ph. D. Pelayanan prima yang diberikan oleh paviliun Teratai tampaknya mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat, hal ini dibuktikan dari angka kunjungan pasien yang terus meningkat. Diketahui bahwa total kunjungan pada tahun 2022 sebesar 792 kunjungan dengan rincian kunjungan di ruang perawatan kelas 1,2 dan 3 sebesar 601 kunjungan dan kunjungan di stroke corner sebesar 191 kunjungan.
Saat ditanya mengenai jenis penyakit yang sering ditangani, Wahyuni Fauziah, S.Kep. Ns. MHS. Ph. D. kembali menjelaskan bahwa penyakit Hemiplegia menjadi penyakit urutan tertinggi yang sering ditangani, setelah itu dilanjutkan dengan Encephalopathy, Epilepsy, Encephalitis, Epilepticus dan lain-lain. “Kami akan terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Tentu saja dengan arahan dan bimbingan langsung dari Dokter Penanggung Jawab profesional yang merupakan Dokter Spesialis Saraf. Tak lupa bersama tenaga kesehatan lainnya yang terus bekerjasama memberikan kemanfaatan kepada masyarakat di paviliun Teratai.” ujar Yuli Puji Astutik, SKep. Ns selaku perawat pelaksana. Beliau juga menyebutkan bahwa siap memberikan pelayanan dan pengabdian prima tanpa pamrih di bidang kesehatan sesuai makna yang terkandung dalam bunga Teratai. Selain Yuli Puji Astutik, SKep. Ns, juga terdapat beberapa tenaga kesehatan profesional lainnya, meliputi:
- Wahyuni Fauziah, S.Kep. Ns. MHS. Ph. D.
- Endang Purnawati, S.Kep NS
- Elinda Fuji H, Amd.Kep
- Ns. Kuny Nur H, SKep. MMKes
- Ns. Tutik Mujiati, SKep
- Ns. Heny Soelistyawati, SKep
- Nanung Catur S, S.Kep. Ns
- Yuli Puji Astutik, SKep. Ns
- Arfarulana, Amd.Kep
- Sri Sulistianingsih, A.Md.Kep
- Rinanti Tisna Fridawati, S.Kep.Ns
- Andika Yasin
- Aida Lubna Zumaroh
- Reza Yomi Priyatna, S.Kep., Ners
- M. Dafid Kusuma Negara, S.Kep., Ners
- Mohammad Zainul Mu’in, Amd.Kep
- Rizki Cahayani, AMK
- Tiara Restufani, AMd.Kep
- Slamet Prawoto, Amk
Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di paviliun Teratai. Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doanya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Semoga dengan adanya sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)
- Capaian Indikator Mutu Nasional RSDK Tahun 2022 Mendapatkan Hasil Yang Memuaskan
- Laboratorium Patologi Anatomi RSDK, Siap Menunjang Upaya Kesehatan, Pencegahan Dan Pengobatan Pasien
- Sampaikan Keluhan Dengan Jujur
- Dapatkan Paripurna Bintang Lima, RSDK Susun Rencana Strategis Tingkatkan Kualitas Mutu Pelayanan
- Exit Conference Tanda Survey Akreditasi Telah Usai, Surveyor Sampaikan Kekuatan RSDK
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Maret 2023, Simak dan Ketahui Jadwal Dokter Favoritmu
- BPJS Kesehatan Keliling Bondowoso Menuju RSDK Dalam Memberikan Kemanfaatan Untuk Masyarakat
- Rayakan HUT RI Ke-78, Rawat Jalan RSDK Hias & Penuhi Ruangan Dengan Pernak-Pernik Kemerdekaan
- Pelayanan Instalasi Rawat Jalan, Kenali Ke-21 Poli-Nya (Bagian Satu)
- Selamat Hari Kanker Sedunia Close the Care Gap, Semua Berhak Untuk Dirawat
- Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Mudah, Cepat dan Praktis, RSDK Adakan Edukasi Seputar Registrasi mela
- INFO PENTING
- Menjelang Lebaran, RSDK Adakan Sosialisasi Menjaga Kesehatan Di Hari Raya Idul Fitri
- Berjiwa Pelayanan & Berkomitmen Tinggi Menjadi Karakter Ideal RSDK Dalam Tes Wawancara Rekrutmen
- RSDK Adakan Edukasi Kesehatan tentang Pijat Oksitosin yang Berguna untuk Melancarkan Produksi ASI
- Kenakan Baju Adat Nusantara, RSDK Patuhi Edaran Resmi Dari Pemkab Bondowoso
- RSDK Adakan Jum'at Bersih, Utamakan Kenyamanan Dan Kelestarian Lingkungan Kerja
- Apel Pagi Rutin Pertama, RSDK Saling Memaafkan Dalam Indahnya Kebersamaan
- Simbolis Saling Memaafkan Dalam Ketulusan Hati, RSDK Sajikan Opor Ayam Untuk Karyawan
- Peringati Hari Jadi Bondowoso, Seluruh Karyawan RSDK Bondowoso Kenakan Baju Adat
- Dikunjungi oleh : 758918 user
- IP address : 3.236.86.184
- OS : Unknown Platform
- Browser :