large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK Adakan IHT Komunikasi Efektif, Penguatan Spiritualitas pada Pelayanan Prima dan Penanganan Kega
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-07-29 -|- 02:22:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Komunikasi adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun tulisan. Namun, tidak semua orang mampu melakukan komunikasi dengan baik. Terkadang ada orang yang mampu menyampaikan semua informasi secara lisan tetapi tidak secara tulisan ataupun sebaliknya. Komunikasi efektif terjadi apabila pesan yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi. Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya the communication is in tune ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan. Menurut Stewart L. Tubbs dan Sylavia Moss, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan.



Pada hari ini, Senin 29 Juli 2024 - RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso menyelenggarakan hari pertama In House Training Komunikasi Efektif, Penguatan Spiritualitas pada Pelayanan Prima dan Penanganan Kegawatdaruratan. Kegiatan yang berlangsung di Aula RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso ini dihadiri oleh Dokter Umum dan perawat serta bidan yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) serta ruang perawatan di Rawat Inap baik secara luring maupun daring. Acara dimulai pukul 08.30 WIB dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh dr. Moch. Jasin, M.Kes, Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan, yang menekankan pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan baik di IGD maupun di seluruh ruang perawatan. Beliau menyampaikan bahwa komunikasi efektif dan penguatan spiritualitas merupakan kunci untuk memberikan pelayanan prima yang tidak hanya cepat dan tepat, tetapi juga humanis dan penuh empati.



Sesi pertama dimulai dengan materi "Pemeriksaan Klinis pada Akut Abdomen" yang dibawakan oleh dr. Moch. Syahroni F., Sp.B., KBD. Sesi ini berlangsung selama 1,5 jam, dimana dr. Syahroni F., Sp.B., KBD memberikan penjelasan mendalam tentang teknik pemeriksaan klinis pada abdomen serta pentingnya ketelitian dalam proses diagnosis. Setelah materi disampaikan, diadakan sesi tanya jawab dan diskusi selama 30 menit, di mana peserta aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber.



Sesi kedua dimulai dengan topik "Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Kegawatdaruratan" yang dibawakan oleh dr. Dewi Prisca S., Sp.KJ. Sesi ini juga berlangsung selama 1,5 jam, dimana dr. Dewi Prisca S., Sp.KJ. menjelaskan berbagai teknik komunikasi yang dapat meminimalkan kesalahpahaman dan meningkatkan kerjasama dalam tim medis. Peserta diajak untuk memahami pentingnya komunikasi yang jelas dan empatik dalam situasi darurat. Beberapa simulai melalui game juga dilaksanakan pada sesi ini untuk lebih memberikan pemahaman bagi peserta akan pentingnya menjaga kualitas komunikasi kita.



Setelah istirahat dan makan siang (ISHOMA), sesi ketiga dimulai dengan materi "Ikhlas dan Tulus: Menumbuhkan Spiritualitas dalam Setiap Langkah Pelayanan" yang dibawakan oleh Drs. Syaian Tulus. Sesi ini berlangsung selama 1,5 jam, di mana Drs. Syaian Tulus menekankan pentingnya sikap ikhlas dan tulus dalam pelayanan, serta bagaimana nilai-nilai spiritualitas dapat diintegrasikan dalam setiap aspek pelayanan kesehatan. Peserta diajak untuk merenungkan peran mereka sebagai pelayan masyarakat yang tidak hanya bertanggung jawab secara profesional tetapi juga moral dan spiritual. Sesi diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi.



Dengan selesainya kegiatan hari pertama ini, para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah mereka peroleh dalam tugas sehari-hari dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelatihan ini merupakan langkah nyata RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien. Kegiatan pada pagi hari ini berjalan lancar dan disambut baik oleh peserta IHT. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berbenah dan melakukan yang terbaik untuk menjawab segala kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat  salah satu cara dengan  mengadakan In House Training (IHT) Komunikasi Efektif, Penguatan Spiritualitas pada Pelayanan Prima dan Penanganan Kegawatdaruratan pada karyawan . Salam Sehat. (PKRS)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 803254 user
  • IP address : 18.97.9.175
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU