large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Kredensialing Pelayanan Poli Urologi Instalasi Rawat Jalan RSDK Berjalan Dengan Baik
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-03-16 -|- 08:27:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah sebuah program layanan khusus berbentuk mirip seperti asuransi dari pihak pemerintah yang terwujudkan karena adanya aspirasi masyarakat terkait program bantuan kesehatan. Layanan yang ada berwujud BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Prinsip pelaksanaan JKN yaitu gotong royong, nirlaba, keterbukaan, portabilitas, kepesertaan bersifat wajib, dana amanat serta hasil pengelolaan dana jaminan sosial dipergunakan seluruhnya untuk pengembangan program dan untuk sebesar-besarnya kepentingan peserta. Dengan segala prinsip yang ada ini dapat ditelaah kembali bahwa tujuan dari adanya JKN adalah untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia dalam mendapatkan keadaan hidup sehat, produktif dan sejahtera (promkes.kemkes.go.id). Hal ini sesuai dengan UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menyebutkan dan menegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. 


kredensialing poli urologi mar23
Untuk meraih tujuan mulia ini, tentunya JKN akan melakukan peninjuan di seluruh penyedia fasilitas kesehatan agar segalanya berjalan dengan semestinya. Proses peninjauan akan dilakukan langsung oleh tim dari BPJS Kesehatan dalam sebuah proses tinjauan yang disebut dengan kredensialing. Lily Kresnowati selaku Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan menyebutkan dalam saat membuka kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kredensialing Dan Rekredensialing FKRTL tahun 2022 serta Webinar Etika Pelayanan Kesehatan Dan Pencegahan Kecurangan pada tahun 2022 lalu, bahwa salah satu bentuk komitmen BPJS Kesehatan adalah memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional  memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas, profesional, dan memuaskan. Oleh karena itu, sebagai bentuk kepatuhan dalam regulasi, seleksi faskes mutlak dilakukan dan wajib dipenuhi oleh faskes yang akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Adapun, persyaratan administrasi yang mutlak dipenuhi adalah perijinan, ijin praktik tenaga medis, akreditasi dan Nomor Pengguna Wajib Pajak (NPWP) faskes. Sementara, kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan untuk menyeleksi faskes yang bekerja sama antara lain sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten) dan lingkup pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana (termasuk sarana tempat tidur), sistem, prosedur dan administrasi, serta evaluasi kerja sama (untuk rekredensialing). Pelaksanaan seleksi faskes ini melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat, Asosiasi Fasilitas Kesehatan dan Asosiasi Profesi (bpjs-kesehatan.go.id).


kredensialing poli urologi mar23a


Kredensialing merupakan kegiatan peninjauan dan penyimpanan data-data fasyankes berkaitan dengan pelayanan profesinya yang mencakup lisensi, riwayat malpraktek, analisa pola praktek dan sertifikasi. Manfaat yang dapat diambil dari proses kredensialing ini yaitu menghindari penerimaan fasyankes yang tidak bermutu dan tidak memenuhi standar; mendukung pemberian pelayanan kesehatan yang bermutu bagi peserta JKN; mendukung persyaratan legal; dan mendorong kompetisi antar fasyankes untuk menjadi provider JKN. Saat ini RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) telah membuka Poli Urologi baru di Instalasi Rawat Jalan. Tentunya dengan penambahan fasilitas terbaru, RSDK akan mendapatkan proses kredesialingnya dalam menjamin pemberian mutu pelayanan kesehatan yang bermutu dan sesuai dengan standart yang ada. Oleh karenanya, BPJS Kesehatan mengeluarkan surat edaran resmi Nomor 339/ VII-07/ 0323 Tentang Undangan Kredensialing Pelayanan Spesialis Urologi RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2023 pada pukul 13.30 WIB hingga selesai. Surat edaran resmi ini merupakan hasil tindak lanjut dari surat Direktur RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso Nomor 446/ 342/ 430.10.7/ 2023 tentang Perihal Permohonan Kredensialing yang diajukan pada tanggal 6 Maret 2023 lalu. 


kredensialing poli urologi mar23b
Tim dari BPJS Kesehatan diwakilkan oleh dr.Widya Waskito selaku Kepala Bidang PMR, Andreas selaku staf PKRS, beserta Haris Rulli Bahtiar selaku verifikator penjaminan manfaat. Proses kredensialing bersama tim BPJS Kesehatan kali ini disambut hangat oleh karyawan dan karyawati dari RSDK yang terdiri atas dr. Moch. Jasin, Mkes. selaku wadir bidang medik dan keperawatan, dr. Agung A. Indra, Sp.U. selaku dokter spesialis urologi, Eko Budianto, SP. selaku Kabag umum, Wiwin Nur Siam, S.Kep, Ns. selaku Sub Koordinator Ketenagaan dan Pengembangan Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan, Satriyo Agus Prasodjo, S.Kep.,Ns. selaku perawat di poli urologi, serta Aan winarko selaku sekretaris pengendali. "Alhamdulillah hari ini telah dilakukan proses kredensialing pelayanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi oleh tim BPJS Kesehatan dalam rangka perluas cakupan pelayanan bedah urologi kepada masayarakat luas. Apalagi status Kabupaten Bondowoso telah resmi mendapatkan UHC (Universal Health Coverage) sehingga sangat dibutuhkan kerjasama dengan BPJS." ujar dr. Moch. Jasin, Mkes. Beliau berharap agar poli urologi ini dapat memberikan kemanfaatan besar bagi semuanya. "Ini adalah awal pelayanan poli Urologi. Kedepannya akan segera dapat dirasakan dalam pelayanan yang dicover oleh BPJS Kesehatan. Mohon doanya untuk seluruh masyarakat dan civitas RSUD dr. H. Koesnadi untuk poli Urologi ini." harap dr. Moch. Jasin, Mkes.


kredensialing poli urologi mar23c
Kegiatan supervisi dan kredensialing pelayanan spesialis urologi bersama tim BPJS Kesehatan berjalan dengan baik. "Terimakasih atas dukungan terhadap program JKN dan kerja sama yang telah terjalin baik hingga saat ini." ujar dr.Widya Waskito selaku Kepala Bidang PMR. Berbeda halnya dengan Andreas selaku staf PKRS setelah memeriksa kelayakan sarana prasarana, sistem, prosedur dan administrasi serta sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), beliau meminta agar alat ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) dapat segera melengkapi poli urologi. Setelahnya poli urologi akan siap untuk memberikan layanan terbaiknya dan dapat masuk ke dalam pelayanan yang tercover dalam BPJS Kesehatan. Sementara ini, poli urologi dapat memberikan pelayanan nya kepada pasien umum saja, hingga proses kredensialing pelayanan baru ini usai. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) saat ini maupun di masa-masa mendatang. Kami akan melakukan yang terbaik dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan serta memberikan Excellent Service kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)


kredensialing poli urologi mar23d

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631740 user
  • IP address : 18.190.219.65
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU