large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Berbagi Kebahagiaan Di Indahnya Ramadan, RSDK - Bank Jatim Adakan Baksos Untuk Dhuafa & Yatim Piatu
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-04-05 -|- 03:11:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah dimana pada bulan ini umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW. Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Menurut syariat Islam, puasa Ramadhan hukumnya fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali ia mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes, atau sedang mengalami menstruasi. Kewajiban berpuasa pada bulan Ramadan ditetapkan pada bulan Syakban tahun kedua setelah hijrahnya umat Muslim dari Makkah ke Madinah. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru (id.wikipedia.org).


 baksoslebaran1445Hapr24


Makna bulan Ramadan bagi umat Islam sangatlah luas, meliputi beberapa hal.



  1. Pertama yaitu bulan yang penuh dengan kesabaran -> Hal ini disebabkan dalam menjalankan ibadah puasa sebagai rukun Islam yang keempat, maka diwajibkan untuk menahan diri dari segala emosi seperti nafsu, amarah dan emosi yang berlebihan lainnya dapat merusak pahala puasa. Oleh karenanya makna bulan Ramadan yang pertama adalah Ramadan penuh dengan berbagai macam kebaikan serta keberkahan

  2. Kedua yaitu bulan turunnya Al Qur’an -> Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada tanggal 17 Ramadan. Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup yang harus diimani oleh setiap muslim. Malam pertama kalinya diturunkan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW disebut juga dengan Nuzulul Qur’an.

  3. Ketiga yaitu malam Lailatul Qadar -> Malam Lailatul Qadar ini tentunya menjadi suatu malam yang paling diinginkan oleh semua umat muslim karena malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Oleh karenanya banyak umat Muslim melaksanakan ibadah dan amalan yang shaleh, seperti berpuasa, tilawah, tadarus Alquran, berdoa, berdzikir, muhasabah diri dan amal ma’ruf lainnya untuk diri sendiri maupun orang lain.

  4. Keempat yaitu Bulan pengampunan dosa -> Allah SWT menjanjikan pengampunan segala dosa dan kebebasan dari siksa api neraka terhadap orang orang yang berpuasa karena keimanannya dan semata mata untuk mengharap ridha-Nya. Apalagi ketika bulan Ramadan pintu pintu surga dibuka, pintu pintu neraka ditutup dan setan setan dibelenggu.

  5. Kelima yaitu Bulan yang penuh dengan kedermawanan -> Pada bulan Ramadan ini, Nabi Muhammad SAW memberi keteladan terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan pada bulan suci ini. Dengan bersedakah dan memberi kepada orang yang tidak mampu dapat mengurangi beban fakir dan miskin serta berbagi kebahagiaan di bulan yang teristimewa.


 baksoslebaran1445Hapr24a


Dengan segala kemanfaatan yang ada pada bulan Ramadan, maka RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) merasa perlu untuk berbagi kebahagiaan kepada sesame. Terutama atas segala kepercayaan, dukungan dan apresiasi nyata yang telah diberikan kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Oleh karenanya, memasuki hari ke-25 Ramadhan 1445 Hijriah pada tanggal 5 April 2024 RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) beserta Bank Jatim Bondowoso mengadakan santunan kepada para dhuafa dan anak-anak yatim piatu. Kegiatan ini dilakukan secara simbolik pada pukul 13.30- selesai di aula Puspa Indah sesuai dengan surat edaran resmi Nomer 001/Pan. Baksos/IV/2024.


 baksoslebaran1445Hapr24b


"Alhamdulillah dana yang terkumpul sejumlah Rp. 24. 285. 000, 00. Yang nantinya teralokasikan sebagai 80 paket sembako, 20 paket alat tulis, 20 paket snack serta uang santunan untuk 175 penerima. Kita juga mendapatkan bantuan paket sembako juga dari Bank Jatim Bondowoso sebanyak 75 paket sembako untuk dhuafa dan 20 paket santunan serta 20 tas sekolah untuk anak yatim piatu. Total keseluruhan paket berkah Ramadhan akan dibagikan kepada 175 penerima. Indahnya berbagi dalam kebersamaan, semoga bermanfaat dan dapat membantu berbagi kebahagiaan untuk semuanya." ujar Deky Handy Prasetyo, ST., M.Si. selaku ketua kegiatan Bakti Sosial Ramadhan 1445 Hijriah RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).


 baksoslebaran1445Hapr24c


Diketahui pengumpulan dana Bakti Sosial Ramadhan 1445 Hijriah ini telah dilakukan sejak awal bulan April lalu, dimana seluruh dana yang ada dikumpulkan langsung oleh seluruh keluarga besar RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Tak hanya itu, terdapat bantuan kerjasama dari koperasi, kantin serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). “Tahun ini sedikit berbeda dari pengadaan kegiatan Bakti Sosial Ramadhan 1445 Hijriah, karena baksos Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSDK diadakan secara terpisah dan lebih dahulu pada hari Rabu tanggal 3 April 2024. Kegiatan baksos Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSDK berhasil membagikan 50 paket santunan kepada anak yatim piatu, panti jompo, staff RSDK yang sudah terpilih serta para pensiunan staff RSDK.” jelaskan Zakiyah Hadi Yus Priyatna selaku ketua DWP RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).


 baksoslebaran1445Hapr24d


Apresiasi tinggi diberikan langsung oleh dr. Yus Priyatna A, Sp. P, FISR. selaku direktur RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) kepada seluruh donatur dan para undangan yang hadir. "Bapak ibu yang telah hadir, karyawan maupun seluruh adik-adik dari Pondok Pesantren Al Fitroh, saya ucapkan syukur karena telah berkenan hadir dengan sehat wal afiat. Kegiatan tahunan ini tidak akan sukses jika tidak ada bapak, ibu dan adik sekalian. Kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur sebagai sarana memdekatkan diri kepada masyarakat serta sebagai bentu ibadah. Saya harap kegiatan rutin RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dapat terus memberikan keberkahan dalam indahnya berbagi dan kebersamaan untuk kita semua." jelaskan dr. Yus Priyatna A, Sp. P, FISR. Beliau juga menyatakan harapan dan doanya agar tujuan utama kegiatan ini dapat terwujud terutama di bulan suci Ramadhan (05/04/2024)


Setelah sambutan selesai diberikan, acara dilanjutkan dengan pemberian paket sembako serta uang santunan kepada anak-anak dari Pondok Pesantren Al Fitroh beserta para undangan yang merupakan warga sekitar. Secara simbolik RSUD dr. H. Koesnadi diwakilkan oleh dr. Yus Priyatna A, Sp. P, FISR. selaku direktur, ibu Zakiya Yus Priyatna selaku ketua DWP RSDK, dr. Lukman Hakim, M.Mkes selaku Wadir. Umum dan Keuangan, Sonny Gunawan, S.Kep.Ns. selaku perwakilan KPRI, Ketua Bank Jatim cabang Bondowoso, Deky Handy Prasetyo, ST., M.Si. selaku ketua kegiatan, Etsie Veraningsih, SE, M.Si selaku wakil ketua kegiatan. Acara seremonial ini berakhir pada pukul 09.30 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan berbagi kepada warga sekitar sebagai dhuafa penerima santunan dalam kegiatan Indahnya Berbagi RSDK.


 baksoslebaran1445Hapr24e


"Terimakasih kepada seluruh bagian yang ikut andil dalam kegiatan ini, tak terkecuali kepada Bank Jatim Bondowoso yang setiap tahunnya selalu ikut serta mendukung sehingga pemberian kemanfaatan dan perhatiannya kepada masyarakat. Semoga yang diidam-idamkan oleh seluruh yang hadir di sini dapat terkabulkan." ujar Ustad Yusuf selaku Kepala Pondok Pesantren Al Fitroh. Terimakasih atas kepercayaan anda kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) hingga saat ini dan masa yang akan datang. Tak lupa RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), DWP RSDK beserta Koperasi RSDK mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1445 Hijriah. Semoga kita semua selalu menjadi hamba yang bertakwa dan ibadah puasa kita mendapatkan ridha dari Allah SWT. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630542 user
  • IP address : 18.227.0.192
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU