large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Lambangkan Optimisme, Paviliun Krisan Siap Tebarkan Kebaikan Dalam Pelayanannya
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-02-29 -|- 14:26:57 oleh Admin

RSDK hari ini. Tanaman Krisan (Chrysanthemum morfolium R.) adalah salah satu bunga populer di dunia. Di Indonesia, bunga ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 700-1200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Krisan jenis ini memiliki ciri utama yaitu memiliki siklus hidup antara 100-140 hari setiap satu kali masa tanam. Krisan merupakan tanaman semak dengan tinggi antara 30-200 cm. Tanaman Krisan termasuk ke dalam tanaman tahunan dan semusim. Tanaman yang bersifat tahunan dapat dilakukan pemangkasan untuk menumbuhkan tunas baru dan tumbuh kembali. Dari siklus hidup singkat bunga Krisan, muncullah filosofi makna yang merujuk pada kesetian, kebahagiaan, persahabatan, kepercayaan, optimisme, serta umur panjang. Setelah dipangkas dan terbuang bagian yang buruk, maka akan tumbuh keindahan dan segala kebaikannya.


 pav krisan feb24


Sebagai bunga yang melambangkan optimisme serta kepercayaan tinggi, makna tersembunyi ini telah menjadi kenyataan indah di paviliun Krisan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Paviliun Krisan merupakan ruang rawat inap bagi pasien yang mederita penyakit paru, baik penyakit paru infeksius dan penyakit paru non infeksius. Seperti yang diketahui oleh sebagian masyarakat, penyakit paru merupakan salah satu penyakit yang sering dialami dan membutuhkan penanganan khusus untuk menyembukannya. Contohnya saja penyakit Tuberculosis (TBC) yang masih menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia bahkan dunia hingga saat ini. Berdasarkan data World Health Organization, estimasi jumlah orang yang terdiagnosa TBC pada tahun 2021 secara global yaitu sebanyak 10,6 juta kasus atau naik sekitar 600.000 kasus dari tahun 2020 yang diperkirakan 10 juta kasus TBC. Indonesia menduduki peringkat kedua dengan kasus TBC terbanyak di dunia setelah India. Tak hanya mewaspadai jumlah penderita saja, namun masa pengobatan dari penyakit ini terbilang cukup kompleks. Pengobatan TBC biasanya melibatkan konsumsi antibiotik selama minimal 6 bulan. Pada awalnya, pasien mungkin perlu minum beberapa jenis antibiotik sekaligus, tetapi setelah beberapa minggu atau bulan, dokter dapat mengurangi jumlah antibiotik yang diberikan. Walaupun pengobatannya terbilang cukup lama, namun paviliun Krisan selalu siap memberikan segala hal yang diperlukan sehingga pasien dapat terus optimis serta semangat melawan penyakit paru yang dideritanya (29/02/2024).


 pav krisan feb24a


Paviliun yang berdiri sejak tahun 2020 saat terjadi kasus mewabahnya COVID-19 di Indonesia. Berawal dari fungsi ruangan khusus isolasi pasien penderita COVID-19 di bawah kepemimpinan Ahmad Syafi’i. S.Kep. Ns selaku Kepala paviliun Krisan pertama, hingga kini telah resmi beralih menjadi ruang rawat inap khusus penyakit paru di bawah kepemimpinan M. Henri Wahyono, SKep. Ns. MKes selaku Kepala paviliun Krisan kedua. Sejak tahun 2020 hingga saat ini, paviliun Krisan tetap memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat dimana dilakukan dengan pemantauan langsung oleh dr. Yus Priyatna A., Sp. P. FISR selaku Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) serta M. Henri Wahyono, SKep. Ns. MKes selaku Kepala Paviliun bersama 12 tenaga keperawatan, 2 tenaga kebidanan, 1 apoteker serta 1 ahli gizi profesional. “Seluruh tenaga kesehatan yang bertugas merupakan tenaga professional dan telah memiliki kompetensi khusus dalam penanganan penyakit paru. Jadi tidak perlu ragu memilih paviliun Krisan sebagai tempat tujuan utama di wilayah Bondowoso dan sekitarnya dalam menangani penyakit paru yang diderita. Kami akan berusaha yang terbaik dan memberikan layanan teroptimal kepada masyarakat.” jelaskan Umiyatun Indah Hasanah, Amd.Kep. selaku tenaga keperawatan profesional. Selain Umiyatun Indah Hasanah, Amd.Kep. berikut adalah tenaga professional lainnya di paviliun Krisan.



  1. M. Henri Wahyono, SKep.Ns

  2. Maynardo Deva H., Amd.Kep

  3. Dedy Setiawan,Amd.Kep

  4. Muhamad Zulkifli,Amd.Kep

  5. Nur Khafidhoh, S.Kep.,Ns

  6. Dwi Okta Rizkianto, S.Kep.Ns

  7. Muhammad Alfian Adyatma, S. Kep.Ns

  8. Klarisa Candra Aristya,S.Kep,Ns.

  9. Luluk Andriyani, Amd.Kep

  10. Nuraini, S.Kep,Ns.

  11. Umiyatun Indah Hasanah, Amd.Kep

  12. Desi Tri Astuti,S.Keb.,Bd

  13. Dwi Setyaningtyas,S.Tr.Keb

  14. Salman

  15. Puji Amboro hondoko


 pav krisan feb24b


Konsistensi memberikan pelayanan kesehatan terbaik menjadi salah satu kunci keberhasilan paviliun Krisan. Selain dilengkapi dengan tenaga berkompeten, penyediaan prasarana, sarana dan manajemen yang handal menjadi kunci utama dalam meraih kepuasan layanan. Sebagai pemberi layanan kesehatan prima, paviliun Krisan dilengkapi dengan 19 tempat tidur dengan rincian 10 tempat tidur dikhususkan untuk ruang isolasi perawatan TBC serta 9 tempat tidur sisanya di ruang non isolasi. Berikut adalah sarana prasarana yang akan didapatkan:



  1. Bed elektrik

  2. Standar infus

  3. Oksigen central

  4. Tirai pembatas

  5. Kursi penunggu

  6. Televisi

  7. AC

  8. Westafel

  9. Kamar mandi dalam ruangan


 pav krisan feb24c


Bagaimana dengan alat-alat canggih pendukung di paviliun Krisan? M. Henri Wahyono, SKep. Ns. MKes. Menjelaskan bahwa, seluruh alat yang ada di paviliun Krisan terbilang lengkap dan canggih dalam menunjang perawatan penyakit paru, meliputi:



  1. Stand bed elektrik

  2. Set monitor pasien

  3. Syringe pump

  4. Infus pump

  5. Alat Nebulizer

  6. Monitor EKG

  7. Oximeter


Setelah mendapatkan tenaga berkompeten, peralatan canggih terstandarisasi, hingga fasilitas penunjang terlengkap, paviliun Krisan juga memiliki beberapa inovasi layanan utama yang teriri atas



  1. Morning Report kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh seluruh personal paviliun Krisan untuk mengetahui kejadian selama 24 jam. Bertempat di ruang kantor dan ruang perawat, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Paviliun, perawat yang dinas malam dan pagi, apoteker serta ahli gizi.

  2. Edukasi kesehatan pada pasien dan keluarga pasien dengan metode Komunikasi Antar Pribadi (KAP)

  3. Bimbingan Rohani dengan mengajak pasien dan keluarga pasien untuk berdo'a bersama


 pav krisan feb24d


“Paviliun Krisan selalu sigap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Bondowoso dan sekitarnya. Tak hanya melayani pasien umum, namun juga melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan program Universal Health Coverage (UHC) yang dikhususkan untuk pasien tidak memiliki BPJS. Jangan ragu dan takut untuk memilih paviliun Krisan sebagai mitra terbaik dalam pengobatan penyakit paru di Bondowoso dan sekitarnya. Seluruhnya akan mendapatkan hak nya dengan baik. Tidak ada diskriminasi apapun untuk tindakan dan layanan kesehatan yang ada di paviliun Krisan.” jelaskan M. Henri Wahyono, SKep. Ns. MKes. “Kami akan terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada paviliun Krisan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Mohon doanya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Spirit paviliun Krisan: Krisan Tangguh.” ujar M. Henri Wahyono, SKep. Ns. MKes.  (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630900 user
  • IP address : 18.119.133.228
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU