large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Keperawatan Unej Adakan Pendidikan Kesehatan Di Dahlia
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-03-13 -|- 12:57:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Pelayanan kesehatan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari sistem Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit maupun tempat-tempat lainnya yang menyediakan jasa kesehatan. Sebagai tenaga kesehatan yang profesional tentunya dibutuhkan pendidikan dan pengalaman yang mumpuni sebelum memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karenanya, bukanlah hal baru jika di beberapa instansi penyedia jasa kesehatan tampak beberapa mahasiswa belajar mengenai keadaan di lapangan. Tentunya semua ini dilakukan di bawah pengawasan dan bimbingan tenaga medis serta tenaga kesehatan profesional yang ada di tempat tersebut. 


pendidikan kes mahasiswa mar23
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga menjadi salah satu tempat favorit bagi beberapa fakultas kesehatan di Universitas yang ada di daerah tapal kuda, seperti Jember dan juga Situbondo. Diketahui hingga saat ini telah terdapat beberapa instansi pendidikan yang terus menjalin kerja sama dan mengirimkan peserta didiknya untuk mendapatkan ilmu lapangan di RSDK, seperti Akademi Kebidanan Dharma Praja Bondowoso, Akademi Keperawatan Bondowoso, Universitas Jember, Universitas Nurul Jadid dan masih banyak lagi. 


pendidikan kes mahasiswa mar23a


pendidikan kes mahasiswa mar23b
Praktek Kerja Lapangan (PBL) adalah sarana aplikasi antara teori dan praktik yang memberikan kemampuan mahasiswa untuk memahami dan menganalisis fenomena fenomena dan perkembangan terbaru dalam dunia kerja yang berkaitan dengan kesehatan (upnvj.ac.id). Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama menempuh studi di perkuliahan, juga mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilan dengan pendekatan yang ada di bidang kesehatan yang bersifat multidisipliner (unej.ac.id). Selain itu, PBL juga dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengenal dan memahami segala permasalahan di bidang kesehatan yang terjadi di masyarakat terkhususkan dalam bidang pelayanan kesehatan kepada khalayak masyarakat.


pendidikan kes mahasiswa mar23c
Banyak kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PBL di RSUD dr. H. Koesnadi, salah satunya adalah Pendidikan Kesehatan terhadap Masyarakat. Tepatnya pada hari Senin tanggal 13 Maret 2023 pukul 10.00 - 10.40 WIB, kelompok D2 mahasiswa program studi pendidikan profesi ners dari Fakultas Keperawatan Universitas Jember melakukan pendidikan kesehatan bertema "Cuci tangan 6 langkah, etika batuk dan pencegahan risiko infeksi" di ruang tunggu pasien Paviliun Dahlia. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Ns. Maskurniadi, S. Kep. selaku kepala paviliun Dahlia sekaligus pembimbing klinik kelompok D2. Berikut adalah anggota kelompok D2 :



  1. Alisa Qudrunnada Rosyida 

  2. Anggun Dyah Pramita 

  3. Vicky Rivaldo 

  4. Widya Maulina Cantika Putri 

  5. Faiqotul Himmah 

  6. Hardian Tri Handoko 

  7. Asma Yudhi Efendi 

  8. Primastika Nila Madyasari 


pendidikan kes mahasiswa mar23d
"Infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen dan bersifat sangat dinamis. Secara umum proses terjadinya penyakit melibatkan tiga faktor yang saling berinteraksi yaitu : faktor penyebab penyakit (agen/ microba patogen), factor manusia atau pejamu (host), dan faktor lingkungan. Mikroba sebagai makhluk hidup memiliki cara bertahan hidup dengan berkembang biak pada suatu reservoir yang cocok dan mampu mencari reservoir lainnya yang baru dengan cara menyebar atau berpindah." jelaskana pemberi edukasi kesehatan dari kelompok D2. Mereka juga menjelaskan bahwa penyebaran mikroba patogen ini tentunya sangat merugikan bagi orang-orang yang dalam kondisi sehat, lebih-lebih bagi orang-orang yang sedang dalam keadaan sakit. Orang yang sehat akan menjadi sakit dan orang yang sedang sakit serta sedang dalam proses asuhan keperawatan di rumah sakit akan memperoleh “tambahan beban penderita” dari penyebaran mikroba patogen ini. "Nah cara sederhana yang dapat dilakukan sebagai pencegahan adalah dengan melakukan Cuci tangan 6 langkah beserta menerapkan etika batuk yang benar." tambah pemberi edukasi kesehatan dari kelompok D2.


pendidikan kes mahasiswa mar23e
Kegiatan penyuluhan ataupun pemberian pendidikan kesehatan kali ini berjalan lancar dan diakhiri dengan pembagian souvenir cantik dari RSUD dr. H. Koesnadi. Souvenir diberikan kepada beberapa peserta pendidikan kesehatan yang dapat mempraktekkan cara cuci tangan 6 langkah beserta etika batuk yang benar. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu ibu Noviva, ibu Aliya dan ibu Suyati. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya.  Salam Sehat. (PKRS/SWILING)


pendidikan kes mahasiswa mar23f

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 629220 user
  • IP address : 3.17.74.227
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU