
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Mutu Pelayanan Kesehatan adalah tingkat layanan kesehatan untuk individu dan masyarakat yang dapat meningkatkan luaran kesehatan yang optimal, diberikan sesuai dengan standar pelayanan, dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini, serta untuk memenuhi hak dan kewajiban pasien (Permenkes RI Nomor 30 Tahun 2022). Sebagai salah satu institusi yang memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna maka Rumah Sakit (RS) wajib meningkatkan mutu pelayanan kesehatannya dengan melaksanakan Indikator Mutu di lingkungannya. Tujuannya adalah mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara berkesinambungan, sehingga dibutuhkan pengukuran maupun evaluasi.
Berdasarkan pasal 4 Permenkes RI Nomor 30 Tahun 2022, Indikator Mutu di RS terdiri atas 13 indikator yaitu kepatuhan kebersihan tangan; kepatuhan penggunaan alat pelindung diri; kepatuhan identifikasi pasien; waktu tanggap operasi seksio sesarea emergensi; waktu tunggu rawat jalan; penundaan operasi elektif; kepatuhan waktu visite dokter; pelaporan hasil kritis laboratorium; kepatuhan penggunaan formularium nasional; kepatuhan terhadap alur klinis (clinical pathway); kepatuhan upaya pencegahan risiko pasien jatuh; kecepatan waktu tanggap komplain; dan kepuasan pasien.
Selain indikator mutu, juga terdapat dimensi mutu pelayanan yang juga tak kalah penting untuk diterapkan. Pada tahun 2018, WHO memperkenalkan Framework on Integrated People-centred Health yang telah menggambarkan bahwa pelayanan yang bermutu tinggi dilihat dari Tujuh dimensi mutu pelayanan kesehatan adalah, diantaranya;
- Aman, yakni pelayanan yang dapat menghindari bahaya bagi orang-orang yang menjadi sasaran dari pelayanan yang diberikan,
- Efektif dalam menyediakan pelayanan kesehatan berbasis bukti kepada mereka yang membutuhkannya,
- Berpusat pada orang yakni memberikan perawatan yang menanggapi preferensi, kebutuhan, dan nilai individu.
- Tepat waktu yakni mengurangi waktu tunggu dan terkadang terdapat penundaan yang merugikan bagi mereka yang menerima dan mereka yang memberi pelayanan.
- Efisien yakni memaksimalkan manfaat dari sumber daya yang tersedia dan menghindari pemborosan.
- Adil yakni memberikan pelayanan yang tidak bervariasi dari sisi mutu dikarenakan usia, jenis kelamin, jenis kelamin, ras, etnis, lokasi geografis, agama, status sosial ekonomi, bahasa atau afiliasi politik, atau pelayanan yang diberikan sama, dan
- Terintegrasi yakni dalam memberikan pelayanan yang terkoordinasi di seluruh tingkatan dan penyedia dan membuat layanan kesehatan tersebut tersedia disepanjang perjalanan hidup pasien.
Walaupun telah menerapkan kedua hal ini dengan baik dalam kesehariannya, namun RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memiliki caranya tersendiri dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas dan bermutu. "Cara paling mudah untuk mengetahui pelayanan terbaik adalah dengan menjadikan diri kita sendiri serta keluarga kita sendiri sebagai indikator kepuasan pelayanan yang utama. Pelayanan terbaik apa yang kita inginkan dan dapatkan mulai dari pendaftaran hingga tindakan pelayanan kesehatan seperti apa yang seharusnya didapatkan. Jadi kita akan selalu memberikan kepuasan pasien dengan paripurna." ujar dr. Moch. Jasin, M.Kes selaku wakil direktur bidang medik dan keperawatan sekaligus pembina apel pagi rutin kali ini. Beliau juga mengingatkan agar selalu menghindari sedini mungkin segala hal yang nantinya mungkin dapat menyebabkan terjadinya keluhan sekaligus penurunan kepuasan yang diterima oleh pasien beserta keluarga pasien (21/2/2023).
Himbauan ini diterima dan dilaksanakan dengan baik di lapangan oleh karyawan maupun karyawati. Baik tenaga medis, tenaga kesehatan, tenaga admin, tenaga struktural hingga tenaga fungsional. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) Bondowoso akan selalu melakukan yang terbaik dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatananya serta memberikan Excellent Service kepada seluruh masyarakat. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami saat ini maupun di masa-masa mendatang. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

- RSDK Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1445 Hijriah
- Sharing Permasalahan Rujukan & FKTP Di Puskesmas Jambesari & Grujugan Dipenuhi Canda Tawa
- Indahnya Kebersamaan Serah Terima Sekaligus Perkenalan Kabid Pelayanan Keperawatan & Penunjang RSDK
- Masyarakat Puas Akan Layanan Pengantar Obat, Cepat Dan Pasti Sampai Ke Rumah
- Paviliun Seroja 'Pasien Skizofrenia Itu Dapat Sembuh'
- RSDK-POLSEK: Ayo Sukseskan Percepatan Vaksinasi COVID-19
- Operasi Prosedur Abdominoperineal Pertama di Kabupaten Bondowoso
- Pendaftaran Online untuk calon P3K di RSU dr.H.Koesnadi Bondowoso
- Peringati Hari Anak Nasional ke-40, RSDK Adakan Bermain Ramah Anak dan Pembagian Makanan Sehat
- Perkuat Kesatuan Koordinasi Pelayanan Rujukan, RSDK-Dinkes Kunjungi Puskesmas Wringin & Pakem
- Penyebarluasan Media Edukasi dan Informasi Leaflet di Lingkungan RSDK
- Seringkali Muncul Tanpa Gejala & Rasa Nyeri ? RSDK Adakan Siaran Interaktif Terkait Penanganan Herni
- Jangan Sepelekan Anyang-Anyangan, RSDK Sarankan Periksakan Diri Ke Poli Urologi
- RSDK Adakan Gladi Kotor Persiapan Daring dan Luring Akreditasi Bulan Desember Nanti
- Rayakan Hari Tuberkulosis Sedunia, Poli Paru Adakan Edukasi Tentang TOSS TB
- Apel Pagi Pertama Setelah Libur Lebaran, RSDK Saling Memaafkan Di Hari Yang Penuh Dengan Ketulusan
- Peringati Hari Ibu, RSDK Ingatkan Pentingnya Peran dan Arti Seorang Ibu
- RSDK Bawa Pulang Kemenangan Di Putaran Pertama Kompetisi Galakarya Jember
- Akreditasi RSU Dr. H Koesnadi
- Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), Apa harapan mereka untuk Indonesia
- Dikunjungi oleh : 987480 user
- IP address : 216.73.216.127
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0