large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Apel Pagi Rutin, RSDK Tekankan Untuk Tingkatkan Selalu Mutu Pelayanan Kepada Masyarakat
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-02-21 -|- 02:03:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Mutu Pelayanan Kesehatan adalah tingkat layanan kesehatan untuk individu dan masyarakat yang dapat meningkatkan luaran kesehatan yang optimal, diberikan sesuai dengan standar pelayanan, dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini, serta untuk memenuhi hak dan kewajiban pasien (Permenkes RI Nomor 30 Tahun 2022). Sebagai salah satu institusi yang memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna maka Rumah Sakit (RS) wajib meningkatkan mutu pelayanan kesehatannya dengan melaksanakan Indikator Mutu di lingkungannya. Tujuannya adalah mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara berkesinambungan, sehingga dibutuhkan pengukuran maupun evaluasi. 


tingkatkan mutu23
Berdasarkan pasal 4 Permenkes RI Nomor 30 Tahun 2022, Indikator Mutu di RS terdiri atas 13 indikator yaitu kepatuhan kebersihan tangan; kepatuhan penggunaan alat pelindung diri; kepatuhan identifikasi pasien; waktu tanggap operasi seksio sesarea emergensi; waktu tunggu rawat jalan; penundaan operasi elektif; kepatuhan waktu visite dokter; pelaporan hasil kritis laboratorium; kepatuhan penggunaan formularium nasional; kepatuhan terhadap alur klinis (clinical pathway); kepatuhan upaya pencegahan risiko pasien jatuh; kecepatan waktu tanggap komplain; dan kepuasan pasien. 


tingkatkan mutu23c
Selain indikator mutu, juga terdapat dimensi mutu pelayanan yang juga tak kalah penting untuk diterapkan. Pada tahun 2018, WHO memperkenalkan Framework on Integrated People-centred Health yang telah menggambarkan bahwa pelayanan yang bermutu tinggi dilihat dari Tujuh dimensi mutu pelayanan kesehatan adalah, diantaranya;



  1. Aman, yakni pelayanan yang dapat menghindari bahaya bagi orang-orang yang menjadi sasaran dari pelayanan yang diberikan, 

  2. Efektif dalam menyediakan pelayanan kesehatan berbasis bukti kepada mereka yang membutuhkannya, 

  3. Berpusat pada orang yakni memberikan perawatan yang menanggapi preferensi, kebutuhan, dan nilai individu. 

  4. Tepat waktu yakni mengurangi waktu tunggu dan terkadang terdapat penundaan yang merugikan bagi mereka yang menerima dan mereka yang memberi pelayanan. 

  5. Efisien yakni memaksimalkan manfaat dari sumber daya yang tersedia dan menghindari pemborosan. 

  6. Adil yakni memberikan pelayanan yang tidak bervariasi dari sisi mutu dikarenakan usia, jenis kelamin, jenis kelamin, ras, etnis, lokasi geografis, agama, status sosial ekonomi, bahasa atau afiliasi politik, atau pelayanan yang diberikan sama, dan 

  7. Terintegrasi yakni dalam memberikan pelayanan yang terkoordinasi di seluruh tingkatan dan penyedia dan membuat layanan kesehatan tersebut tersedia disepanjang perjalanan hidup pasien.


tingkatkan mutu23a


Walaupun telah menerapkan kedua hal ini dengan baik dalam kesehariannya, namun RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memiliki caranya tersendiri dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas dan bermutu. "Cara paling mudah untuk mengetahui pelayanan terbaik adalah dengan menjadikan diri kita sendiri serta keluarga kita sendiri sebagai indikator kepuasan pelayanan yang utama. Pelayanan terbaik apa yang kita inginkan dan dapatkan mulai dari pendaftaran hingga tindakan pelayanan kesehatan seperti apa yang seharusnya didapatkan. Jadi kita akan selalu memberikan kepuasan pasien dengan paripurna." ujar dr. Moch. Jasin, M.Kes selaku wakil direktur bidang medik dan keperawatan sekaligus pembina apel pagi rutin kali ini. Beliau juga mengingatkan agar selalu menghindari sedini mungkin segala hal yang nantinya mungkin dapat menyebabkan terjadinya keluhan sekaligus penurunan kepuasan yang diterima oleh pasien beserta keluarga pasien (21/2/2023). 


tingkatkan mutu23b
Himbauan ini diterima dan dilaksanakan dengan baik di lapangan oleh karyawan maupun karyawati. Baik tenaga medis, tenaga kesehatan, tenaga admin, tenaga struktural hingga tenaga fungsional. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) Bondowoso akan selalu melakukan yang terbaik dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatananya serta memberikan Excellent Service kepada seluruh masyarakat. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami saat ini maupun di masa-masa mendatang. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 803274 user
  • IP address : 18.97.9.175
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU