large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK Adakan IHT tentang Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-09-12 -|- 01:47:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Berdasarkan Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa stroke menempati urutan pertama penyebab kematian tertinggi di Indonesia dengan 131,8 kasus kematian per 100 ribu penduduk. Data Epidemiologi mencatat satu dari empat orang terkena stroke, bahkan salah satu pakar dari Departemen Neurologi mengungkapkan bahwa setiap sepuluh detik satu orang akan meninggal akibat stroke. Hal ini sejalan dengan data yang ada di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso yang menyebutkan bahwa sebanyak 32% kematian akibat stroke di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Selain itu, stroke juga menjadi penyebab kecacatan nomor satu, baik di dunia maupun di Indonesia. Kemenkes mengungkapkan bahwa  sekitar 63,7 persen orang tua pasca stroke ternyata dalam jangka panjang tidak bisa hidup secara mandiri. 


IHT Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi (3)


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stroke adalah suatu keadaan dimana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologik fokal dan global, yang dapat memberat dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih dan atau dapat menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vascular. Stroke terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah. Akibatnya sebagian otak tidak mendapatkan  pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan sehingga mengalami kematian sel atau jaringan. Stroke merupakan penyakit yang menyerang otak yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Stroke dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Maka dari itu, penting bagi kita khususnya bagi tenaga kesehatan untuk mengetahui penanganan stroke yang tepat dan cepat.


 IHT Manajemen Stroke (1)


IHT Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi (4)


Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang pengelolaan pasien stroke dan saraf lainnya, RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso mengadakan In House Training (IHT) bagi petugas di Ruang Teratai dan beberapa ruang yang merawat pasien neuro tentang Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi. Petugas Ruang Teratai dipilih karena Ruang Teratai merupakan ruangan khusus untuk memberikan pelayanan bagi pasien neuro. In House Training (IHT) diadakan pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 12 - 13 September 2023, pada pukul 07.30 sampai dengan 14.00 WIB di Aula Puspa Indah RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Tujuan diadakan In House Training (IHT) adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien stroke dan saraf.


 IHT Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi (2)


Kegiatan In House Training (IHT) dibuka oleh dr. Moch. Jasin, Mkes selaku Wadir. Medik Dan Keperawatan RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. “Dalam memberikan asuhan keperawatan, pasien dan keluarga pasien turut dilibatkan. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 44 tahun 2009 Tentang Rumah Sakit yang mengatur tentang kewajiban dan hak baik rumah sakit maupun pasien yang menyebutkan bahwa pasien berhak dalam memberikan persetujuan atau penolakan atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya. Artinya pasien turut terlibat dalam pelayanan yang akan diberikan. Untuk itu komunikasi yang baik antar tenaga kesehatan dan pasien maupun keluarga pasien sangat dibutuhkan. Tenaga kesehatan berkewajiban dalam memberikan informasi yang jelas kepada pasien maupun keluarga pasien meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan. Selain itu, adanya diskusi antara tenaga kesehatan dan pasien atau keluarga pasien dapat menjadikan pasien lebih terbuka. Dengan adanya komunikasi yang baik, pasien akan merasa didengarkan dan dihargai. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kepuasan pasien dalam pelayanan yang telah diberikan. Sesuai dengan motto RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso yaitu Kepuasan Pelanggan adalah Kebanggaan Kami,” tutur dr. Moch. Jasin, Mkes.


 IHT Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi (5)


Acara selanjutnya adalah pemberian materi yang disampaikan oleh beberapa dokter profesional dan kompeten pada bidangnya. Materi pertama diberikan oleh dr. Kamilka Taufiq Sp.S selaku Dokter Spesialis pada Poli Saraf yang menjelaskan tentang pengertian stroke, penyebab stroke, gejala stroke hingga akibat stroke. Pemateri selanjutnya yaitu dr. Felisitas Farica S.Sp.N selaku Dokter Spesialis Neurologi yang memberikan materi tentang Konsep Kegawatan Neurology. Materi selanjutnya yaitu tentang Konsep Pemeriksaan yang dipaparkan oleh dr. Eko Aprilianto H. Sp.N selaku Dokter Spesialis Saraf.


 IHT Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi (8)


Pemateri In House Training (IHT) tentang Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi di hari kedua juga tidak kalah menarik. Materi pertama disampaikan oleh dr. Irma Kurniawati, SpKFR. MKes selaku Dokter Spesialis pada Poli Rehab Medik yang memberikan materi tentang Konsep Rehabilitasi Medik pada Stroke. Materi selanjutnya adalah Konsep Asuhan Keperawatan Stroke yang dipaparkan oleh Wahyuni Fauziah, S.Kep.Ns.MHS.PhD selaku kepala Paviliun Teratai. Dilanjutkan oleh pemateri ketiga yaitu M. Henri Wahyono, S.Kep.Ns.MKes yang memberikan materi tentang Konsep Keselamatan Pasien.


 IHT Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi (6)


IHT Manajemen Kegawatan di Bidang Neurologi (7)


RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso akan terus berupaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik tidak hanya dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang optimal, namun juga dengan mengembangan kompetensi, keterampilan dan meningkatkan pengetahuan para petugas sesuai dengan bidangnya masing-masing. (PKRS/FREA)


IHT Manajemen Stroke (9)
Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631224 user
  • IP address : 13.59.82.167
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU