large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Ibu Hamil Sehat Untuk Generasi Sehat Bersama dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG,.M.Ked.Klin
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-12-14 -|- 01:25:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Hari Ibu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 Desember, dan tahun 2023 kali ini merupakan perayaan yang ke-95 tahun. Tema peringatan berdasarkan keterangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPA) yaitu "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju" dengan sub tema “Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli serta Perempuan dan Revolusi”. Sejarah peringatan Hari Ibu mengacu pada momentum pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Kongres ini dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perempuan Indonesia yang dihadiri oleh sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera dan menghasilkan Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita (Kowani).


siaran radio dr faqih23


Pertemuan tersebut membahas seputar perjuangan menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib para perempuan, aspek pembangunan bangsa, perdagangan anak-anak dan kaum perempuan, hingga perbaikan gizi dan kesehatan ibu dan balita hingga pernikahan usia dini. Perlu diketahui kembali jika seorang ibu memiliki peranan penting dalam membentuk generasi sehat dan generasi emas untuk masa depan bangsa yang lebih baik lagi. Menurut penelitian ahli dari Universitas of Washington, dominasi kecerdasan yang diturunkan kepada anak berasal dari ibu. Hal ini disebabkan kecerdasan terletak di kromosom X dan perempuan memiliki dua kromosom X. Tak hanya itu, 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah masa sejak anak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun yang disebut sebagai Periode Emas karena terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat. Kekurangan gizi pada fase ini akan menghambat pertumbuhan yang tidak dapat diperbaiki di masa kehidupan selanjutnya. Balita yang sehat akan tumbuh menjadi anak usia sekolah yang aktif, cerdas juga ceria siap untuk menuntut ilmu demi masa depan. Jadi peran penting seorang perempuan, calon ibu dan seorang ibu sangatlah besar bagi generasi sehat dan generasi emas bangsa.


siaran radio dr faqih23a


RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) sangatlah mendukung penuh kesejahteraan perempuan yang merupakan calon ibu dan seorang ibu. Hal ini dibuktikan dengan dilengkapinya fasilitas sarana, prasarana, tenaga medis hingga tenaga kesehatan dalam pemberian pelayanan kesehatan khusus menangani ibu dan calon ibu. Pelayanan tersebut berada pada poli Kandungan, paviliun Mawar serta Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK). Selain itu, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga memberikan fasilitas edukasi kesehatan yang dilaksanakan melalui penyuluhan kelompok secara rutin, penggunaan media edukasi kesehatan yang tersebar di seluruh lingkungan Rumah Sakit, pembuatan video edukasi kesehatan, serta siaran radio interaktif bersama LPPL Radio Mahardhika 19,9 FM yang pada bulan Desember ini dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2023 pukul 10.00-11.00 WIB bersama dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG,.M.Ked.Klin selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Tema yang diangkat adalah “Ibu Hamil Sehat Untuk Generasi Sehat”. Produser siaran sekaligus pandusiar LPPL Radio Mahardhika yang bertugas adalah Dewi Karya, S.Sos. (14/12/2023).


siaran radio dr faqih23b


“Iya sobat Mahardhika, telah hadir dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG,.M.Ked.Klin selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan.RSUD dr. H. Koesnadi. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk hadir di sela-sela kesibukannya dan berbagi ilmu kepada kami. Saat ini topik mengenai kehamilan dan generasi sehat selalu terus berlanjut dan tidak terputus. Nah apa yang dimaksud dengan kehamilan dan generasi sehat ini?" ujar pandusiar. dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG,.M.Ked.Klin menjelaskan jika prolog dari kehamilan dimulai dari persiapan baik calon ibu. Jadi perlu dimonitor dengan baik dan matang sedini mungkin sebelum hamil. “Awal mula stunting adalah dari calon ibu yang kekurangan fisik dan psikisnya. Fisik calon ibu yang baik adalah cukup umur dan pendewasaan diri, cukupi kesehatan dengan baik. Jangan lupa psikisnya juga disiapkan agar mental nya siap menghadapi segala kondisi dan kendalanya.” jelaskan dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG,.M.Ked.Klin.


siaran radio dr faqih23c


Beliau juga menambahkan bahwa life style atau cara hidup yang baik merupakan kunci utama bagi calon ibu. Life style tersebut meliputi :



  1. Rutin berkonsultasi ke Dokter

  2. Menjaga berat badan agar tetap ideal

  3. Pastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi

  4. Mengkonsumsi asam folat

  5. Pemilihan waktu untuk berhubungan intim

  6. Pastikan bunda sudah divaksin

  7. Rutin berolahraga

  8. Menjaga kesehatan gigi


Berikut ini adalah larangan yang harus dihindari selama persiapan kehamilan, terutama kehamilan pertama:



  1. Paparan asap rokok dan polusi udara lainnya karena dapat mempengaruhi kesehatan rahim.

  2. Mengkonsumsi minuman mengandung alkohol karena dapat meningkatkan risiko sulit hamil dan keguguran.

  3. Mengalami stres berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan, baik fisik maupun mental.

  4. Memiliki berat badan di bawah rata-rata.


siaran radio dr faqih23d


Lalu bagaimana terkait kondisi optimal pada saat hamil? Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan:



  1. Makan makanan bergizi

  2. Rutin melakukan pemeriksaan ANC

  3. Minum vitamin prenatal

  4. Olahraga rutin

  5. Berhenti merokok dan minum alcohol

  6. Menjaga berat badan ideal

  7. Cukup minum air putih

  8. Rajin cuci tangan

  9. Tidur dan istirahat yang cukup

  10. Hindari stress berlebih


Makan makanan bergizi meliputi beberapa hal penting yaitu



  1. Makanan berprotein, seperti telur yang dimasak matang, dada ayam, dan gandum utuh (roti gandum dan beras merah).

  2. Makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, jambu biji dan stroberi.

  3. Makanan dan minuman mengandung kalsium, seperti susu yang dipasteurisasi dan sayuran berwarna hijau.

  4. Makanan kaya zat besi, seperti brokoli dan kacang-kacangan.

  5. Makanan yang mengandung lemak sehat, misalnya ikan salmon (dimasak matang) dan buah alpukat.

  6. Makanan yang mengandung asam folat, seperti kuning telur dan bayam.


Tak lupa juga, dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG,.M.Ked.Klin. menambahkan terkait kondisi optimal setelah melahirkan, meliputi



  1. Penuhi kebutuhan nutrisi

  2. Tetap bergerak aktif semampunya

  3. Kelola stress dengan baik

  4. Rutin periksa ke dokter

  5. Jika mengalami masalah tertentu, seperti demam, perdarahan vagina, terdapat banyak darah atau nanah pada luka jahitan, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut


siaran radio dr faqih23e


“Wah memang penting sekali menjaga kondisi tubuh tetap optimal untuk generasi yang semakin optimal. Terkait mitos lama yang menyebutkan jika ibu setelah melahirkan tidak diperbolehkan makan protein seperti ayam, telur dan lainnya karena menyebabkan gatal-gatal. Bagaimana penjelasannya dokter?” tanya Dewi Karya, S.Sos. Pemahaman seperti ini disanggah langsung oleh dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG,.M.Ked.Klin. Beliau menyebutkan bahwa segala macam protein justru sangat bermanfaat bagi percepatan kesembuhan bekas operasi. “Protein sangatlah membantu dalam penyembuhan. Luka besar membutuhkan nutrisi yang lebih besar pula. Justru ketika si ibu memiliki kondisi nutrisi yang rendah, biasanya tenaga kesehatan akan meminta si ibu untuk lebih banyak mengonsumsi protein yang tinggi. Bahkan ada yang kami minta setiap harinya agar mengkonsumsi telur 6-8 butir setiap harinya. Hal ini disebabkan telur tinggi protein namun mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar.” jelaskan dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG,.M.Ked.Klin.


siaran radio dr faqih23f


Sebagai penutup, Dewi Karya, S.Sos menyebutkan agar masyarakat Bondowoso tidak perlu ragu untuk mendapatkan konsultasi dan pelayanan kebidanan dan kandungan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). “Sudah cukup lengkap fasilitas, sarana prasaranya serta dokter spesialisnya mulai dari dr. Faqihatus Rahmah, Sp. OG., M. Ked. Klin sebagai Ka SMF, dr. Gede Sumardhana, Sp. OG dan  dr. Diantri Nari Ratih, Sp. OG. Nah sangat komplit serta memuaskan sekali sesuai testimoni yang pernah masuk saat siaran radio Bersama bidan professional sekaligu kepala paviliun Mawar.” jelasnya. Antusiasme para pendengar dari kanal youtube, whatsapp maupun siaran radio sangatlah tinggi, hal ini dibuktikan dari banyaknya pertanyaan yang masuk baik via SMS maupun via Youtube dari akun terkait seperti Rofiq, Sutomo, akun Bondowoso hijrah, Soni Sonia, Herlina, Berti, Ning serta Nur aini dan masih banyak lagi. Kemanfaatan yang besar dirasakan oleh seluruh pendengar siaran radio edukatif. "Terimakasih atas ilmu yang bermanfaat dokter" ujar akun Lestari di kanal live streaming youtube. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631912 user
  • IP address : 3.139.107.241
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU