large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Jangan Sepelekan Anyang-Anyangan, RSDK Sarankan Periksakan Diri Ke Poli Urologi
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-05-12 -|- 03:05:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Banyak orang menyepelekan permasalahan anyang-anyangan yang dideritanya. Tapi tahukah anda, bahwa sebenarnya anyang-anyangan adalah sebuah kondisi yang menunjukkan bahwa terjadi permasalahan pada saluran kemih. Dalam istilah medis, anyang-anyangan dikenal dengan nama Disuria. Pada dasarnya anyang-anyangan atau disuria bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala yang muncul akibat masalah kesehatan tertentu. Pemicunya tidak lain yaitu infeksi kandung kemih, radang prostat, batu ginjal, radang prostat, kram otot kandung kemih, hingga penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia dan lainnya. 


poli urologi 11 mei23
Disuria adalah kondisi ketika timbul rasa ingin buang air kecil terus-menerus disertai rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil. Pada kondisi ini, seseorang akan merasakan sensasi nyeri pada uretra saat buang air kecil maupun setelah buang air kecil. Selain itu seseorang juga akan merasakan selalu ingin buang air kecil, namun saat dicoba tidak ada air kemih yang keluar (detik.com). Penyebab dari anyang-anyangan atau disuria ini beragam, salah satunya adalah akibat kurang minum. "Masyarakat suka sekali meremehkan minum, terutama para pekerja. Sekalinya minum malah memilih minuman berkarbonasi, teh ataupun kopi dan lain sebagainya. Jika tidak diubah kebiasaan ini, nanti akan timbul gejala susah Buang Air Kecil (BAK), pinggang sakit, nyeri, anyang-anyangan dan sebagainya. Jangan sekali-kali meremehkan anyang-anyangan apalagi jika intensitas kejadian nya sudah sering dengan kebiasaan pola hidup yang kurang baik." jelaskan dr. Agung A. Indra, Sp.U. selaku dokter spesialis urologi dalam siaran radio beserta podcast bersama LPPL Radio Mahardhika pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2023 pukul 10.00 - 11.00 WIB bersama pandusiar Dewi Karya, S.Sos.


poli urologi 11 mei23a
"Kalau masyarakat umum biasa menyebut anyang-anyangan dengan sebutar cer-cer dokter." ujar Dewi Karya, S.Sos. Anyang-anyangan atau Disuria lebih sering diderita oleh wanita. Hal ini karena saluran kemih (uretra) wanita lebih pendek dibandingkan pria, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih. "Pada wanita saluran uretra nya sekitar 3-5 cm saja sedangkan pada laki-laki sekitar 20 cm. Dengan panjang yang lebih pendek, maka inilah salah satu alasan mengapa wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi saluran kemih dibandingkan pria. Tentunya ini juga penyebab resiko anyang-anyangan pada wanita menjadi lebih tinggi pula." ujar dr. Agung A. Indra, Sp.U.



Ketika ditanya tips paling ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan atau Disuria, dr. Agung A. Indra, Sp.U. menjelaskan bahwa tata cara cebok dengan alur depan ke belakang untuk menghindari translokasi kuman adalah tips paling utama. Selain itu beliau juga menitikberatkan untuk memenuhi asupan kebutuhan minum harian sebanyak 2 liter per hari. Mendengar hal tersebut Dewi Karya, S.Sos selaku pandusiar mengatakan jika ilmu dan tips kali ini adalah ilmu yang sangat bermanfaat, terutama bagi kaum wanita. "Wah ilmunya penting sekali, terutama bagi kaum wanita dokter. Lalu pertanyaan saya, apakah ketika merasakan anyang-anyangan ini, penderitanya harus memeriksakan diri sesegera mungkin di poli urologi?" tanya Dewi Karya, S.Sos


poli urologi 11 mei23b
Mendengar pertanyaan ini, dr. Agung A. Indra, Sp.U. tersenyum kecil. "Betul sekali, walaupun termasuk ringan, namun terjadinya anyang-anyangan sudah menandakan bahwa terjadi sesuatu pada saluran kemih. Mungkin jika dahulu mengunjungi poli dalam, saat ini sudah ada poli urologi yang akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Saat ini poli urologi sudah memiliki alat-alat yang canggih. Jadi jangan ragu untuk berkunjung dan berobat ke poli Urologi." tambahnya. Sebagai penutup Dewi Karya, S.Sos selaku pandusiar kembali mengingatkan kepada sobat Mahardhika untuk tidak malu dan menganggap tabu permasalahan saluran kemih maupun proses berkemih. "Jangan takut untuk segera periksa di poli Urologi RSUD dr. H. Koesnadi. Jangan tunggu lama, karena semakin dini untuk berobat maka semakin mudah untuk diobati. Terimakasih banyak ilmu yang sangat berguna kali ini dokter Agung." 


poli urologi 11 mei23c
Terimakasih ilmu seputar penyakit Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostatnya dokter, sangat bermanfaat. Semoga sukses dan sehat selalu dokter" ujar akun Erfin di kanal live streaming youtube. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630136 user
  • IP address : 3.135.200.211
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU