large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Serunya Kegiatan Donor Darah Rutin RSDK dan PMI Bondowoso
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-01-27 -|- 12:35:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Donor darah adalah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah (id.wikipedia.org). Banyak sekali manfaat yang akan didapat jika rutin mengikuti kegiatan donor darah diantaranya adalah mendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi sel darah, panjang umur serta menjaga kesehatan jantung (halodoc.com). Selain itu, mengacu pada Palang Merah Amerika, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa dan disebut-sebut jika donor tersebut dibutuhkan setiap dua detik. 


donor darah jan 23
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) rutin mengadakan kegiatan donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Bondowoso. Kali ini kegiatan donor darah dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 27 Januari 2023 pukul 08.00-11.00 WIB di aula Wijaya Kusuma sesuai dengan surat edaran resmi Nomor 37/ 02.06.35/ UTD/ I/ 2023. "Donor Darah ini merupakan kegiatan rutin setiap 3 bulan sekali antara PMI dan RSDK untuk memenuhi kebutuhan akan darah di Bondowoso. Dimohon untuk seluruh karyawan dan karyawati RSDK agar bergabung dalam kegiatan donor darah dikarenakan kegiatan ini untuk kepentingan kita bersama." ujar Didik Kurniyanto, S.Kep. Ns., M.MKes (27/1/2023).


donor darah jan 23a
"Stock darah terbanyak yang PMI punya adalah golongan darah O, sedangkan stock golongan darah paling sedikit adalah golongan AB dan juga B" ujar Hendra Hasan selaku petugas PMI. Diketahui bahwa Hendra Hasan bertugas untuk kegiatan donor kali ini didampingi oleh ketiga petugas lainnya yaitu Mitra Wahyudi, S.Kep.Ners.,  Dendi Dwi Mashudi, Amd.Kep, Wildatul Uluf, Amd.Kep serta Budiyono. Diketahui hingga akhir kegiatan, didapatkan sebanyak 17 kantong darah dengan rincian golongan darah A sebanyak 4 kantong, golongan darah B sebanyak 6 kantong, golongan darah O sebanyak 5 kantong serta golongan darah AB sebanyak 2 kantong.


donor darah jan 23b


"Hari ini ada 3 orang yang tidak dapat mengikuti donor darah, dikarenakan beberapa hal yaitu Berat Badan 51 kg dimana seharusnya berat badan minimal adalah 52 kg, kadar haemoglobin 18,0% dimana seharusnya kisaran kadar hemoglobin >12,5 gr% sampai dengan 17,0g%, dan tidak mengkonsumsi obat-obatan minimal 3 hari sebelum melakukan donor darah." jelaskan Wildatul Uluf, Amd.Kep. Beliau juga menambahkan bahwa syarat untuk dapat mendonorkan darah lainnya yaitu tensi minimal 110/70 mm/Hg, usia minimal 18 tahun maksimal 60 tahun, serta untuk wanita tidak dalam masa menstruasi.


donor darah jan 23c
Walaupun kali ini tidak dapat mengikuti kegiatan donor darah, karyawan RSDK tetap bersemangat untuk mengikuti agenda kegiatan donor darah selanjutnya. "Donor darah itu menyehatkan, oleh sebab itu saya senang mengikuti kegiatan ini. Donor darah kali ini adalah yang ke-71 kalinya bagi saya." ujar Apipudin Mustopa, S.Sos. selaku Kabag. Keuangan. Hal serupa juga dijelaskan oleh dr. Moch. Jasin, M.Kes. selaku wakil direktur pelayanan medis dan keperawatan. "Selain menyehatkan, donor darah itu tidaklah menyakitkan. Ayo ikuti kegiatan donor darah rutin RSUD dr. H. Koesnadi bersama PMI Bondowoso, karena setetes darah anda dapat menyelamatkan seseorang." (PKRS/SWILING)


donor darah jan 23d


donor darah jan 23e

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 626060 user
  • IP address : 3.15.219.217
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU