large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Peringati Hari Kanker Tulang Sedunia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-04-11 -|- 10:23:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Peringatan Hari Kanker Tulang Sedunia secara rutin dirayakan pada tanggal 11 April dan sudah disahkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker tulang dan juga bentuk kampanye dalam mengajak masyarakat mencegah serta melakukan pemeriksaan rutin untuk deteksi dini terhadap penyakit kanker tulang. Tema peringatan tahun 2023 kali ini yaitu Hapus Kesenjangan Perawatan Para Penderita Kanker. Selain untuk membuat kesadaran berbagai pihak tentang penyakit dan penderita kanker, dikampanyekan suara Uniting Our Voices And Taking Action yang artinya Menyatukan Suara-Suara Kami Dan Ambil Tindakan.


penyuluhan ortho april23


Mengutip situs Perpustakaan Kemenkes RI, kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Penyakit ini dapat diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa. Seluruh tulang di dalam tubuh bisa terserang oleh penyakit ini, namun sebagian besar terjadi pada tulang kaki dan lengan (news.detik.com). World Health Organization (WHO), kanker tulang dapat terjadi pada 4 hingga 5 orang per 1 juta penduduk (detik.com). Peningkatan penderita kanker tulang terus meningkat sejak tahun 2010 di Indonesia. Hal ini sejalan dengan data yang diperoleh oleh Yayasan Kanker Indonesia, dimana data yang ada menyatakan bahwa kanker tulang merupakan satu dari enam kanker yang cukup banyak menyerang anak-anak (health.grid.id).


penyuluhan ortho april23a
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memiliki cara tersendiri dalam merayakan Hari Kanker Tulang Sedunia. Sebagai bentuk kampanye dalam meningkatkan kesadaran akan bahayanya kanker tulang, maka pada hari Selasa tanggal 11 April 2023 diadakanlah edukasi kesehatan di depan ruang tunggu poli Bedah Orthopedi. Tema yang akan dibahas tuntas adalah "Osteosarkoma". Petugas pemberi edukasi profesional kali ini adalah Nurul Puji Astutik, A.Md.Kep. selaku perawat mahir dari Poli Bedah Orthopedi. 


penyuluhan ortho april23b
"Osteosarcoma adalah jenis kanker tulang yang bermula dari sel-sel pembentuk tulang. Osteosarkoma bisa menyerang tulang mana saja, tetapi lebih sering terjadi di tulang yang berukuran panjang, seperti tulang paha, tulang kering dan tulang lengan atas. Jenis kanker ini paling sering terjadi pada anak-anak atau dewasa muda." jelaskan Nurul Puji Astutik, A.Md.Kep. Beliau juga menambahkan bahwa belum diketahui pasti apa penyebabnya. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terserang Osteosarcoma yaitu pernah menjalani pengobatan dengan radioterapi dan kemoterapi, menderita kelainan genetik,serta menderita penyakit kelainan tulang.


penyuluhan ortho april23c
Lalu bagaiman tanda dan gejala dari Osteosarkoma? Nurul Puji Astutik, A.Md.Kep menjelaskan bahwa gejala akan muncul tergantung pada lokasi tulang yang terkena kanker. Biasanya akan timbul beberapa tanda dan gejala seperti:



  1. Keterbatasan gerak bagian tubuh yang terkena kanker

  2. Pincang jika kanker tersebut berada di kaki

  3. Nyeri saat mengangkat sesuatu jika kanker tersebut berada di lengan atau tangan

  4. Retak atau patah tulang yang dapat terjadi tanpa sebab

  5. Nyeri, bengkak dan kulit kemerahan di area timbulnya kanker

  6. Benjolan yang dapat terasa hangat atau terasa nyeri

  7. Demam, berat badan menurun tanpa sebab dan berkeringat saat di malam hari


penyuluhan ortho april23d
"Komplikasi dari Osteosarcoma sendiri dapat menyebarkan sel kanker ke tulang lain dan juga paru-paru, selain itu didapatkan juga beberapa komplikasi lain dari pengobatan Osteosarcoma itu sendiri diantaranya kemoterapi serta pasca operasi. Yang tak kalah pentingnya lagi yaitu kesulitan beradaptasi dengan kondisi pasca perawatan kemoterapi." jelaskan Nurul Puji Astutik, A.Md.Kep. Beliau juga menyarankan agar segera memeriksakan diri ke Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dikarenakan penyakit Osteosarkoma belum diketahui secara pasti cara untuk mencegahnya. "Penyebab Osteosarkoma tidak terkait dengan faktor gaya hidup ataupun lingkungan. Segera konsultasikan dan periksakan diri anda jika mengalami tanda dan gejala seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. Pelayanan poli Bedah Orthopedi sendiri siap memberikan pelayanan terbaiknya setiap hari Senin dan Rabu bersama dr. Kadek Seta Prawira W., Sp.OT. selaku dokter spesialis bedah orthopedi." 


penyuluhan ortho april23e
Kegiatan penyuluhan ataupun edukasi kesehatan kali ini berjalan lancar dan diakhiri dengan pembagian souvenir cantik. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu ibu Fatimah asal Wonosari dan bapak Mariadi asal Situbondo. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Berikan semangat juang dan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630025 user
  • IP address : 3.142.124.252
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU