large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Donor Darah Program Tali Asih Rutin Bersama, Penuhi Stock Kebutuhan Darah Bondowoso
Kategori Berita | Diposting pada : 2022-11-18 -|- 11:24:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Dikutip dari laman resmi dukcapil.kemendagri.com diketahui bahwa jumlah penduduk Indonesia tahun 2022 terdiri atas 138.999.996 penduduk laki-laki dan 136.361.271 penduduk perempuan. Untuk kabupaten Bondowoso sendiri tercatat sekitar 774.907 penduduk laki-laki dan 384.894 penduduk perempuan (ms.zhujiworld.com). Dengan banyaknya jumlah penduduk, sudah tentu kebutuhan akan darah juga tinggi. Berdasarkan standart WHO atau Badan Kesehatan Dunia jumlah minimal untuk memenuhi kebutuhan akan darah yaitu sekitar 2 persen dari jumlah penduduk yang ada. (18/11/2022)


donor darah november
Darah sangatlah penting bagi manusia, tanpa darah tubuh manusia tidak dapat berfungsi dengan normal. Fungsi darah diantaranya mengatur suhu tubuh; melindungi tubuh dari penyakit, infeksi dan benda asing melalui sel darah putih; menghilangkan produk limbah seperti karbondioksida, urea dan asam laktat; menyediakan nutrisi penting untuk sel seperti asam amino, asam lemak dan glukosa serta memasok oksigen ke sel dan jaringan (kompas.com).


donor darah november 2
Untuk itu tepatnya pada hari Jum'at tanggal 18 November 2022 pukul 08.00-11.00 WIB dilakukanlah kegiatan donor darah di aula Wijaya Kusuma RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kegiatan ini merupakan program kerjasama dan tali asih rutin antara RSDK dan Palang Merah Indonesia (PMI) sesuai dengan surat edaran resmi Nomer 993/02.06.35/UTD/XI/2022 yang dikeluarkan oleh PMI Kabupaten Bondowoso. 


donor darah november 3
"Stock darah terbanyak yang PMI punya adalah golongan darah O, sedangkan stock golongan darah paling sedikit adalah golongan AB. Namun jika ditanya permintaan akan golongan darah paling banyak adalah golongan darah B." ujar Hendra Hasan selaku petugas PMI. Diketahui bahwa Hendra Hasan bertugas untuk kegiatan donor kali ini didampingi oleh ketiga petugas lainnya yaitu Mitra Wahyudi, S.Kep.Ners.,  Dendi Dwi Mashudi, Amd.Kep, serta Budiyono. 


donor darah november 4
"Saya tertarik mendonorkan darah saya karena dengan berdonor saya dapat menjaga kesehatan sekaligus dapat membantu sesama. Setelah rutin menjadi pendonor dalam kegiatan rutin donor darah RSDK-PMI ini badan terasa lebih fit dan bugar, selain itu tekanan darah menjadi stabil. Tak lupa bisa dapat souvenir cantik dari RSDK juga." jelaskan Didik Kurniyanto, S.Kep. Ns., M.MKes. selaku Sub. Koordinator Ketenagaan dan Pengembangan Mutu Pelayanan Medik. Hal yang sama juga dinyatakan oleh Sri Hidayati selaku admin Paviliun Mawar. "Tiga bulan lalu saya tidak dapat mendonorkan darah saya karena Hb saya hanya 12,3 g/dL, dimana syarat untuk dapat mendonor harus memiliki Hb 12,5-17 g/dL. Alhamdulillah sekarang dapat menjadi pendonor." ujarnya. Beliau juga menambahkan tertarik untuk terus mencoba mendonorkan darah karena memiliki rasa kepuasan tersendiri untuk dapat berbagi. "Kebetulan golongan darah saya juga langka yaitu golongan darah AB" jelaskan Sri Hidayati. 


donor darah november 5
Syarat untuk dapat mendonorkan darah adalah Hb harus nornal yaitu 12,5-17 g/dL, Berat badan minimal 52 kg, tensi minimal 110/70 mm/Hg, usia minimal 18 tahun maksimal 60 tahun, serta untuk wanita tidak dalam masa menstruasi. "Sesuai KMK no 91 tahun 2015 tentang standar pelayanan tranfusi syarat tambahan terkait mendonorkan darah setelah mengikuti vaksinasi yaitu jika vaksin berisi virus inaktif, maka boleh langsung donor saat kondisi kesehatan baik . Namun jika vaksin berisi virus  yg dilemahkan (attenuated), maka disarankan donor setelah interval 4 minggu setelah vaksin." jelaskan dr. Puji Elmiasih, Sp.PK. selaku Kepala Instalasi Laboratorium. Beliau juga menjelaskan mengeni pernyataan salah kaprah yang beredar luas di dalam masyarakat. "Saya tidak setuju dengan statement yang menjelaskan bahwa mendonorkan darah adalah membuang zat-zat tidak baik dalam tubuh. Di dalam KMK no 91 tahun 2015 sudah terdapat syarat-syarat screening oleh PMI. Jadi tidak ada zat-zat berbahaya yang ditransfer dari pendonor kepada masyarakat yang membutuhkan darah.".


donor darah november 6
Lalu apa saja yang perlu dilakukan setelah mengikuti donor darah? Berikut adalah penjelasan dari Dendi Dwi Mashudi, Amd.Kep. selaku petugas PMI hari ini. "Vitamin dan asupan manis yang kami berikan dapat dikonsumsi segera setelah mendonor, jangan lupa vitamin nya juga dikonsumsi sampai habis ya. Selain asupan untuk menjaga kadar gula darah, dianjurkan juga untuk sering mengkonsumsi sayurah hijau serta makanan yang kaya akan zat besi seperti daging maupun kacang-kacangan." ujarnya.


donor darah november 7
Hingga pukul 11.00 WIB diketahui terdapat 24 orang pendonor dari RSDK. "Jika dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat, maka wajiblah untuk kita berikan." ujar Yunarso, S.Kep.Ns selaku Kaur Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Terimakasih banyak untuk semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan donor darah kali ini. RSDK akan terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630973 user
  • IP address : 18.117.216.229
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU