large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Selamat Hari Kanker Sedunia Close the Care Gap, Semua Berhak Untuk Dirawat
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-02-02 -|- 11:45:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Kanker merupakan salah satu jenis Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan angka kematian penderita tertinggi di Indonesia selain hipertensi, jantung, diabetes serta stroke. Setiap tahunnya tercatat ada 10 juta orang yang meninggal akibat kanker, dimana hanya sekitar 3,7 juta nyawa yang dapat diselamatkan dengan strategi pencegahan, deteksi dini serta tata laksana tepat waktu dan berkualitas (news.detik.com). Walaupun terbilang berisiko tinggi dalam menyumbang angka kesakitan dan juga angka kematian tertinggi di Indonesia, ironisnya seluruh Penyakit Tidak Menular (PTM) ini sekitar 80% pemicunya merupakan pola gaya hidup sehari-hari yang dapat dicegah (dinkes.kalbarprov.go.id). Berdasarkan data Globocan 2020, Indonesia memiliki 396.914 kasus baru kanker dengan 234.511 kematian diakibat kanker. Angka kematian ini diperkirakan terus meningkat hingga lebih dari 13,1 juta pada tahun 2030 jika tidak segera diantisipasi mulai sekarang (kompas.com).


hari kanker sedunia
Hingga saat ini, terdapat banyak cara serta gerakan aktif lintas sektor bersama dalam mengatasi permasalahan kanker. Salah satunya adalah peringatan Hari Kanker Sedunia yang diadakan setiap tanggal 4 Februari. Tujuan utamanya adalah mengurangi jumlah pasien kanker serta mengurangi tingkat kematian akibat kanker (news.detik.com). Tema peringatan tahun 2023 kali ini adalah "Close the Care Gap". Mengutip situs World Cancer Day, "Close the Care Gap" digunakan sebagai tema Hari Kanker Sedunia selama tiga tahun peringatan berturut-turut, sejak 2022 hingga 2024. Meskipun mengambil tema sama, aksi yang dilakukan setiap tahunnya berbeda dimana pada tahun 2023 kali ini mengangkat subtema subtema "Uniting Our Voice and Taking Action". Diharapkan masyarakat luas secara bersama-sama dapat menyebarkan info dan materi edukasi sekaligus berperan aktif melakukan berbagai tindakan nyata dalam memotivasi serta mendukung para penderita kanker sehingga dapat mengakses perawatan kesehatan secara layak dan optimal (tirto.id).



RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) merupakan salah satu instansi penyedia layanan kesehatan prima yang ada di pemerintahan kabupaten Bondowoso juga memiliki layanan unggulan perawatan penderita penyakit kanker. Pelayanan dan perawatan kanker dapat dilakukan di Poli Bedah Onkologi Rawat Jalan RSDK, dimana didalamnya terdapat tenaga medis dan tenaga kesehatan profesional yang siap memberikan layanan optimal bagi seluruh masyarakat, dimulai dari Dokter Spesialis Bedah Onkologi, Tenaga Keperawatan dan juga Tenaga Admin (2/2/2023). 


hari kanker sedunia 1
Pada tahun 2022 lalu, tercatan pasien yang mengunjungi dan mendapatkan perawatan kesehatan penyakit kanker sebanyak 2071 orang di Poli Bedah Onkologi. Terkhususkan pada bulan Januari 2023 sendiri, terdapat 146 orang pasien penderita penyakit kanker. Jumlah ini termasuk tinggi karena pada tahun 2022 jumlah pasien kanker di Jawa Timur berada pada angka 86.000 dengan jumlah penderita perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Tentunya, hal ini menjadi tugas kita bersama untuk dapat mengentaskan permasalahan meningkatnya jumlah penderita kanker. Dalam kesempatan ini, Poli Bedah Onkologi RSDK mengajak seluruh masyarakat agar turut membantu penderita kanker berjuang melawan penyakitnya. "Yuk, bantulah saudara sekitar kita untuk menghadapi penyakitnya. Mari secara bersama-sama kita terus mendukung perjuangan mereka dengan berbagai tindakan nyata." ujar Linda Dwi Astuti, S.Kep.Ns. selaku perawat dari Poli Bedah Onkologi. 



Tak lupa seluruh keluarga besar RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) Bondowoso terkhususkan Poli Bedah Onkologi mengucapkan Selamat Hari Kanker Sedunia, jangan biarkan penyakit kanker merenggut kehidupan anda. Teruslah berjuang sekuat tenaga demi kebahagian yang lebih baik di masa mendatang. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Jangan lupa, pelayanan Poli Bedah Onkologi RSDK bersama dr. Andreas Andrianto, Sp. B (K) Onk selaku dokter spesialis bedah onkologi kami akan membantu sekuat tenaga dan setulus hati menangani permasalahan penyakit kanker yang anda derita. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)


hari kanker sedunia 2


hari kanker sedunia 3

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631252 user
  • IP address : 3.146.105.137
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU