large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Tunjukkan Rasa Nasionalisme, Pegawai RSDK Tetap Kenakan Pakaian Tradisional Nusantara di Bulan Ramad
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-03-14 -|- 10:39:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Pakaian adat bukan hanya menunjukkan keelokan busana tradisional, tetapi juga memperkaya identitas dan rasa kebanggaan akan asal-usul dan kekayaan budaya. Ini membantu mempertahankan keberagaman budaya serta menceritakan kisah yang melekat pada masyarakat yang menggunakannya. Berdasarkan Surat Edaran Nomor : 065/768/430.6.2/2022 tentang Penggunaan Pakaian Tradisional Nusantara Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso menyebutkan bahwa dalam rangka melestarikan, menumbuhkan rasa cinta pada budaya daerah dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, maka diharapkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Perangkat Daerah di Kabupaten Bondowoso menggunakan pakaian tradisional Nusantara setiap hari Kamis pada hari kerja minggu ke-2.


bajuadat2


Pakaian adat merupakan pakaian yang mengekspresikan identitas suatu kelompok masyarakat tertentu, yang biasanya dikaitkan dengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat masing-masing yang berbeda-beda, dan pakaian adat ini merupakan suatu identitas setiap daerah. Pakaian adat juga berfungsi sebagai simbol budaya, karakter penduduk daerah, keyakinan penduduk daerah, dan histori. Pakaian adat biasanya dibedakan pada bentuk baju dan bawahan, corak, motif, serta aksesoris yang dipakai. Seperti yang dikenakan oleh para pegawai RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso pada hari Kamis, 14 Maret 2024. Memasuki bulan Ramadhan di hari ke -3, RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso menyuguhkan tampilan yang berbeda dari hari biasanya. Pegawai wanita terlihat lebih anggun dalam balutan busana khas tradisional kedaerahan, sementara itu pegawai pria terlihat sangat gagah yang juga mengenakan busana khas tradisional kedaerahan.


bajuadat3


“Meskipun bulan ramadhan kita tetap dianjurkan untuk menggunakan pakaian tradisional nusantara guna melestarikan budaya. Mengenakan pakaian tradisional nusantara juga mencerminkan bhineka tunggal ika yaitu walaupun berbeda-beda, dalam perbedaan itu tetap ada kesatuan. Sama halnya kita saat ini, bisa dilihat para pegawai RSDK mengenakan baju adat yang berbeda-beda tetapi kita berada dalam satu instansi yaitu RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso, ujar Ekin Akhsa Febriyandini, S.KM. selaku staf Sub Bag TU.


bajuadat4


Pendapat yang sama juga diungkapkan oleh Edi Mulyono selaku staf instalasi perbekalan. Dengan adanya kebijakan pemakaian baju adat ini tentu saja dapat menumbuhkan rasa nasionalisme meskipun kita sedang menjalani ibadah puasa. Di tengah perkembangan zaman saat ini, kita diwajibkan untuk terus melestarikan dan mengenalkan budaya Indonesia. “Puasa bukanlah penghalang bagi kita untuk menunjukkan bahwa kita cinta tanah air, “ tutur Edi Mulyono.


bajuadat6


Para pegawai RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) menunjukkan antusias yang luar biasa. Meskipun mengenakan baju adat, namun hal ini tidak menghalangi para pegawai dalam melakukan aktivitas dan tetap memberikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat. RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso akan terus berupaya untuk memberikan inovasi yang terbaik demi kenyamanan dan keselamatan pasien dan keluarga pasien. (PKRS/LINDA)


bajuadat5

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630939 user
  • IP address : 3.15.6.77
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU