dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
RSDK hari ini. Sosialisasi adalah proses pemindahan ide atau gagasan yang akan diterima individu setelah mengalami proses belajar dan mengenal nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. Secara singkat pengertian sosialisasi dapat juga diartikan sebagai transfer kebiasaan, atau nilai dan aturan. Sebagai sarana untuk mewariskan, menyebarkan, dan melestarikan nilai, norma, budaya, dan kepercayaan, sosialisasi memiliki tujuan utama agar setiap anggota di kelompok tersebut dapat menjaga nilai budaya yang sudah ada sejak lama sehingga ciri khas dan karakteristik yang dimiliki tetap lestari.
Sebagai salah satu instansi penyedia layanan kesehatan di pemerintahan kabupaten Bondowoso, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tentunya memiliki sebuah sistem tersendiri dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso dan juga BPJS Kesehatan, pelayanan yang sering memiliki kendala di lapangan yaitu sistem layanan rujukan. Sistem rujukan pelayanan kesehatan adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horisontal yang wajib dilaksanakan oleh peserta jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan sosial, dan seluruh fasilitas kesehatan. Dari sudut masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan (health consumer), manfaat sistem rujukan adalah meringankan biaya pengobatan, karena dapat dihindari pemeriksaan yang sama secara berulang-ulang; mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, karena telah diketahui dengan jelas fungsi dan wewenang setiap sarana pelayanan kesehatan
Rujukan terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:
- Rujukan vertikal merupakan rujukan antar pelayanan kesehatan yang berbeda tingkatan.
- Rujukan vertikal dari tingkatan pelayanan yang lebih rendah ke tingkatan yg lebih tinggi
- Rujukan vertikal dari tingkatan pelayanan yang lebih tinggi ke tingkatan yg lebih rendah
- Rujukan horizontal merupakan rujukan antar pelayanan kesehatan dalam satu tingkatan.
Tentunya sistem pelayanan kesehatan rujukan ini memiliki persyaratan khusus untuk dapat digunakan. Persyaratan ini dibutuhkan untuk dapat menggunakan kemanfaatan dari tata laksana rujukan yang ada. Akan tetapi terkadang terjadi kesalahan komunikasi dan persepsi di lapangan. Oleh karenanya, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) bersama Dinas Kesehatan Bondowoso melakukan sebuah terobosan baru yaitu dengan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Penguatan Jejaring Kerja.
Agenda sosialisasi ini dilaksanakan setiap hari Selasa dan Rabu setiap minggunya, dimana setiap harinya telah dijadwalkan ke dua Puskesmas berbeda. Tepatnya pada hari Kamis tanggal 25 Mei 2023 merupakan jadwal sosialisasi di UPTD Puskesmas Tamanan dan UPTD Puskesmas Maesan. Perwakilan dari Dinas Kesehatan adalah Ririn H. S., S.Kep. Ns selaku staf Pelayanan Kesehatan Rujukan sedangkan perwakilan dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) adalah Pasidi Shidiq, S.Kep.,Mkes. selaku Kabid. Pelayanan Penunjang, Nur `Aini Lestari, S.KM. selaku Ka. Instalasi PKRS serta Melati Laksni Putri, S.KM. selaku PKRS staf. "Terimakasih atas sosialisasi rujukan dari RSDK. Untuk kedepannya kami menginginkan adanya kunjungan seperti ini lagi karena untuk perbaikan ketika kami merujuk pasien ke RSDK. Demikian pula jika ada rujuk balik, kita ada komunikasi dan persamaan persepsi sehingga pelayanan ke pasien mendapatkan kepuasan yang terbaik" ujar Ns. Prayogi Ika Handayani, S.Kep. selaku Kepala Urusan Tata Usaha di UPTD Puskesmas Maesan.
Hal yang sama juga dirasakan oleh UPTD Puskesmas Tamanan. "Mengenai sosialisasi RSDK sangat bagus karena akan sangat membantu kita dalam hal koordinasi antara FKTP di puskesmas tamanan dan FKTL khususnya RSUD dr. H. Koesnadi supaya pelayanan ini tetap berlanjut dan berkesinambungan agar bisa meningkatkan pelayanaan terhadap masyarakat dan mudah-mudahan meningkatkan kesehatan masyarakat." jelaskan dokter Rifka selaku Kepala Puskesmas UPTD Tamanan. Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Semoga dengan adanya sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)
- Habiskan 3 Hari Pengambilan Gambar, RSDK Siap Luncurkan Kalender Terbarunya
- HASIL DAN PEMBAHASAN INDEK KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN IV TAHUN 2016
- Pentingnya Menjaga Penampilan Sebagai Bentuk Refleksi Kredibilitas Dalam Pemberian Pelayanan Prima
- Penyerahan Sertifikat Agent Of Change Zona Integritas RSDK Berjalan Lancar
- Sosialisasi Jadwal Pelayanan Poli, Masyarakat Dapatkan Informasi Pelayanan RSDK Dengan Jelas
- Menjelang Hari Anak Nasional, Poli Anak Adakan Sosialisasi Kesehatan Bersama Mahasiswa Unmuh
- Perawatan Luka Optimal Berperan Penting Dalam Proses Penyembuhan Luka & Cegah Terjadinya Infeksi
- Peringati Hari Bidan Nasional, RSDK Adakan Siaran Radio Terkait Pelayanan Kebidanan
- Visitasi Kredensial ESWL Dari BPJS Kantor Cabang Jember Di Layanan Urologi RSDK
- Wajibkan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Menyeluruh, RSDK Siap Memberikan Pelayanan Terbaiknya
- Pengumuman Kelulusan Akhir Rekrutmen Pegawai NON PNS BLUD
- Hadapi Akreditasi, RSDK Adakan Lomba Yel-Yel
- Semangat Sambut HUT RI Ke-78 Dan Harjabo, RSDK Tetap Kenakan Pakaian Adat Nusantara
- PESERTA YANG LOLOS SKILL TEST BESERTA JADWAL UNTUK UJIAN PSIKOLOGI
- RSDK : Kami Mohon Maaf atas Keterlambatan Pelayanan
- RSDK Adakan Sharing dan Edukasi Kesehatan di Car Free Day Alun-Alun Bondowoso
- RSDK Sekilas Info, Poli Rawat Jalan Tutup Sementara 17-18 Juni Dan Kembali Buka 19 Juni 2024
- Tumbuhkan Kekompakan Dan Kerja Sama Tinggi, Instansi Kesehatan Se-Bondowoso Ikuti Lomba Tarik Tamban
- Pendaftaran Online
- Kunjungan FK UNEJ Ke RSDK, Mantapkan Kerja Sama Sebagai Tujuan RS Jejaring
- Dikunjungi oleh : 757741 user
- IP address : 44.200.122.214
- OS : Unknown Platform
- Browser :