large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Sosialisasi Rujukan & FKTP Di Puskesmas Maesan & Tamanan Berjalan Lancar
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-05-29 -|- 12:53:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Sosialisasi adalah proses pemindahan ide atau gagasan yang akan diterima individu setelah mengalami proses belajar dan mengenal nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. Secara singkat pengertian sosialisasi dapat juga diartikan sebagai transfer kebiasaan, atau nilai dan aturan. Sebagai sarana untuk mewariskan, menyebarkan, dan melestarikan nilai, norma, budaya, dan kepercayaan, sosialisasi memiliki tujuan utama agar setiap anggota di kelompok tersebut dapat menjaga nilai budaya yang sudah ada sejak lama sehingga ciri khas dan karakteristik yang dimiliki tetap lestari. 


puskes tamanan dan maesan23
Sebagai salah satu instansi penyedia layanan kesehatan di pemerintahan kabupaten Bondowoso, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tentunya memiliki sebuah sistem tersendiri dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso dan juga BPJS Kesehatan, pelayanan yang sering memiliki kendala di lapangan yaitu sistem layanan rujukan. Sistem rujukan pelayanan kesehatan adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horisontal yang wajib dilaksanakan oleh peserta jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan sosial, dan seluruh fasilitas kesehatan. Dari sudut masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan (health consumer), manfaat sistem rujukan adalah meringankan biaya pengobatan, karena dapat dihindari pemeriksaan yang sama secara berulang-ulang; mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, karena telah diketahui dengan jelas fungsi dan wewenang setiap sarana pelayanan kesehatan


puskes tamanan dan maesan23a
Rujukan terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:



  1. Rujukan vertikal merupakan rujukan antar pelayanan kesehatan yang berbeda tingkatan.

  2. Rujukan vertikal dari tingkatan pelayanan yang lebih rendah ke tingkatan yg lebih tinggi 

  3. Rujukan vertikal dari tingkatan pelayanan yang lebih tinggi ke tingkatan yg lebih rendah    

  4. Rujukan horizontal merupakan rujukan antar pelayanan kesehatan dalam satu tingkatan.


Tentunya sistem pelayanan kesehatan rujukan ini memiliki persyaratan khusus untuk dapat digunakan. Persyaratan ini dibutuhkan untuk dapat menggunakan kemanfaatan dari tata laksana rujukan yang ada. Akan tetapi terkadang terjadi kesalahan komunikasi dan persepsi di lapangan. Oleh karenanya, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) bersama Dinas Kesehatan Bondowoso melakukan sebuah terobosan baru yaitu dengan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Penguatan Jejaring Kerja. 


puskes tamanan dan maesan23b
Agenda sosialisasi ini dilaksanakan setiap hari Selasa dan Rabu setiap minggunya, dimana setiap harinya telah dijadwalkan ke dua Puskesmas berbeda. Tepatnya pada hari Kamis tanggal 25 Mei 2023 merupakan jadwal sosialisasi di UPTD Puskesmas Tamanan dan UPTD Puskesmas Maesan. Perwakilan dari Dinas Kesehatan adalah Ririn H. S., S.Kep. Ns selaku staf Pelayanan Kesehatan Rujukan sedangkan perwakilan dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) adalah Pasidi Shidiq, S.Kep.,Mkes. selaku Kabid. Pelayanan Penunjang, Nur `Aini Lestari, S.KM. selaku Ka. Instalasi PKRS serta Melati Laksni Putri, S.KM. selaku PKRS staf. "Terimakasih atas sosialisasi rujukan dari RSDK. Untuk kedepannya kami menginginkan adanya kunjungan seperti ini lagi karena untuk perbaikan ketika kami merujuk pasien ke RSDK. Demikian pula jika ada rujuk balik, kita ada komunikasi dan persamaan persepsi sehingga pelayanan ke pasien mendapatkan kepuasan yang terbaik" ujar Ns. Prayogi Ika Handayani, S.Kep. selaku Kepala Urusan Tata Usaha di UPTD Puskesmas Maesan.


puskes tamanan dan maesan23c
Hal yang sama juga dirasakan oleh UPTD Puskesmas Tamanan. "Mengenai sosialisasi RSDK sangat bagus karena akan sangat membantu kita dalam hal koordinasi antara FKTP di puskesmas tamanan dan FKTL khususnya RSUD dr. H. Koesnadi supaya pelayanan ini tetap berlanjut dan berkesinambungan agar bisa meningkatkan pelayanaan terhadap masyarakat dan mudah-mudahan meningkatkan kesehatan masyarakat." jelaskan dokter Rifka selaku Kepala Puskesmas UPTD Tamanan. Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Semoga dengan adanya sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 624687 user
  • IP address : 3.233.242.67
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU