large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
DWP RSDK Adakan Talkshow Bersama dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD.Pall.Med (ECU)
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-10-19 -|- 01:58:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Dharma Wanita Persatuan (DWP) adalah organisasi yang di dalamnya beranggotakan para istri Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurut UU No 7 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan ,tujuan dibentuknya DWP yaitu meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika dan budaya yang hidup dalam masyarakat, melestarikan SDA dan lingkungan hidup, mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong dan bertoleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menjaga , memelihara, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk menunjang semua tujuan ini, DWP memiliki beragam kegiatan yang dilakukan secara rutin. Kegiatan tersebut diarahkan agar dapat mewujud kan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Anggota terkait dengan tetap menjaga citra baik sebagai istri pendamping ASN di tengah masyarakat yang dinamis.


 dwp talkshow okt23


Untuk menunjang semua tujuan ini, DWP memiliki beragam kegiatan yang dilakukan secara rutin. Kegiatan tersebut diarahkan agar dapat mewujud kan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Anggota terkait dengan tetap menjaga citra baik sebagai istri pendamping ASN di tengah masyarakat yang dinamis. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga memiliki kelompok DWP dengan berbagai kegiatan rutin yang diadakan. Salah satu kegiatannya yaitu talkshow bersama dr. H. Agus Ali Fauzi,PGD.Pall.Med (ECU) pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 pukul 07.30 – 12.00 WIB di Aula Puspa Indah. Tema yang diangkat adalah "Mengelola pikiran dan perasaan positif untuk meningkatkan suasana keluarga yang harmonis, kerja tenang, fokus, dan tuntas."


 dwp talkshow okt23a


“Suami dan istri harus saling mendukung dan saling membantu di dalam rumah tangga. Ketika suami sedang giat bekerja, seorang istri harus memberikan dukungan penuh kepada suaminya. Sehingga ia dapat fokus dan memberikan yang terbaik di tempat kerjanya. Yang tak kalah penting dari semuanya adalah memberikan suasana harmonis di dalam keluarga. Ketika suasana harmonis tercipta maka keluarga tersebut akan memiliki energi positif dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu DWP RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengadakan acara talkshow pada hari ini dengan tujuan untuk tercipta dan terbentuknya keluarga harmonis sehingga dapat tenang, fokus serta tuntas ketika bekerja.” jelaskan ibu Zakiyah Yus Priyatna selaku ketua DWP RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Dalam sambutannya beliau juga berharap agar seluruh karyawan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) beserta anggota DWP mendapatkan kemanfaatan yang besar setelah mengikuti kegiatan hari ini. “Peserta hari ini diikuti sebanyak 130 orang peserta secara luring serta live zoom dan youtube secara daring. Terimakasih banyak atas partisipasi seluruh pihak terkait atas waktunya. Semoga dapat memberikan kemanfaatan yang besar untuk kita semua. Amin.” tambahnya.


 dwp talkshow okt23b


Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka secara langsung oleh dr. Yus Priyatna Andryanto, Sp.P. FISR selaku direktur RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Beliau berharap agar ilmu yang didapatkan pada kegiatan ini dapat langsung dilaksanakan dan diterapkan di rumah masing-masing karyawan. “Semoga keluarga besar RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) selalu harmonis. Jika harmonis di rumah maka seluruh pekerjaan di  Rumah Sakit akan dilaksanakan dengan fokus dan baik. Perlu diketahui bersama jika dr. H. Agus Ali Fauzi,PGD.Pall.Med (ECU) merupakan pembicara yang selalu ditunggu-tunggu ilmu dan materinya oleh semua orang di tingkat nasional. Dapatkan ilmu dan kemanfaatan besarnya secara utuh dan sebaik-baiknya.” ujar dr. Yus Priyatna Andryanto, Sp.P. FISR.


dwp talkshow okt23c


Pengeloaan pikiran dan perasaan dapat dilakukan jika rasa cemas dan stress dikelola dengan baik. “Kecemasan dan stress yang dirasakan secara terus menerus akan mengganggu sistem HPA atau Hipotalamus – Korteks, Hipofisis serta Adrenal terganggu. Ketika terganggu akan menyebabkan pengeluaran hormon-hormon negatif seperti interleukin-6, TNF, TGF, kortisol dan lain sebagainya. Seluruh hormon ini akan menyebabkan seseorang menderita depresi, demensia, skizofrenia, stroke, autoimun, alzheimer dan lain sebagainya.” jelaskan dr. H. Agus Ali Fauzi,PGD.Pall.Med (ECU). Sebagai jalan keluar utama, beliau menyarankan agar melaksanakan self healing serta meminta bantuan para ahli. “Permasalahan mental dan fikiran negatif dapat ditanggulangi dengan melaksanakan self healing atau sebuah metode penyembuhan dengan mengeluarkan perasaan dan keinginan tubuh yang terpendam. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, dapat meminta bantuan kepada para tenaga ahli seperti psikolog, psikiatri hingga dokter jiwa.” Jelasnya.


 dwp talkshow okt23d


Self healing dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:



  1. Forgiveness atau memaafkan dengan cara melakukan meditasi

  2. Gratitude atau kebersyukuran dengan cara melakukan pola pikir dan sikap positif

  3. Self compassion atau berempati dengan cara melakukan keinginan menolong

  4. Mindfullness atau penerimaan pengalaman) dengan cara melakukan memberi respon positif, mengenal diri dan potensi serta lebih bahagia dan bermakna

  5. Positive self talk atau berkata positif dengan cara melakukan membuka pemikiran diri sendiri dan dunia

  6. Expressive writing atau terapi menulis dengan cara melakukan refleksi pemikiran dan perasaan terhadap peristiwa yang menyenangkan

  7. Relaksasi

  8. Self managemen atau manajemen diri dengan cara melakukan peningkatan kemampuan diri dalam mengendalikan emosi, perilaku maupun intelektual


 dwp talkshow okt23e


“Tak hanya melakukan self healing, kesehatan prima dapat dilakukan dengan melaksanakan hal-hal yang positif. Kesehatan fisik akan didapatkan jika melaksanakan olah gerak serta mengkonsumsi gizi yang cukup dan seimbang. Kesehatan psikologis akan didapatkan jika melaksanakan pola fikir positif dab banyak bersyukur serta berbagi. Kesehatan spiritual akan didapatkan jika melaksanakan ibadah sebaik mungkin untuk mendapatkan ridho Alloh SWT. Kesehatan kultural akan didapatkan jika melaksanakan toleransi serta mengurangi ego. Kesehatan sosial akan didapatkan jika aktif bersosial serta melakukan kegiatan sosialisasi.” Ujar dr. H. Agus Ali Fauzi,PGD.Pall.Med (ECU).


 dwp talkshow okt23f


Sebagai penutup dr. H. Agus Ali Fauzi,PGD.Pall.Med (ECU) meminta agar seluruh karyawan maupun anggota DWP RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) selalu mensyukuri nikmat, tidak berbuat nekat dan maksiat, hidup sedikit berhemat, agar Allot meningkatkan rejeki kita. Oleh karena itu jangan lupa beribadah, berubah serta bersedekah lebih baik lagi agar kualitas hidup menjadi lebih berkah dan terarah. “Dengan iman, hidup kita menjadi terarah, dengan teknologi, hidup jadi mudah, dengan seni, hidup jadi indah, dengan sedekah, hidup jadi berkah serta dengan taqwa hidup jadi mulia. Bekerjalah dengan tangan, fikiran, dan hati yang baik agar menghasilkan yang terbaik untuk RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Tutupnya.


 dwp talkshow okt23g


Kegiatan kali ini semakin meriah dikarenakan terdapat pembagian banyak sekali doorprise cantik kepada peserta aktif sekaligus kepada peserta beruntung. Selamat kepada seluruh peserta aktif dan beruntung pada kegiatan talkshow "Mengelola pikiran dan perasaan positif untuk meningkatkan suasana keluarga yang harmonis, kerja tenang, fokus, dan tuntas" bersama dr. H. Agus Ali Fauzi,PGD.Pall.Med (ECU). Semoga mendapatkan kemanfaatan yang besar sekaligus dapat membagikan ilmu kali ini kepada keluarga di rumah sehingga kesejahteraan anggota maupun lingkungan yang harmonis dari DWP RSUD dr. H. Koesnadi pun tercipta. (PKRS/SWILING)


dwp talkshow okt23h


dwp talkshow okt23i

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 629032 user
  • IP address : 3.14.132.214
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU