large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Poli Psikiatri Adakan Ngopi Jiwa
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-10-10 -|- 02:48:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Kesehatan mental masih menjadi isu penting di Indonesia. Setiap tanggal 10 Oktober 2023 diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Peringatan hari kesehatan jiwa bertujuan untuk meningkatkan kesadaran individu mengenai pentingnya kesehatan mental. Pada tahun ini, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia memiliki tema “Mental Health is a Universal Human Right” yang artinya “Kesehatan Mental adalah Hak Asasi Manusia yang Universal”.


 Hari Kesehatan Jiwa 2023 (1)


Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Poli Psikiatri di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso mengadakan acara Ngopi Jiwa (NGObrol Pagi Ide JIWA) bersama Tim Kesehatan Jiwa di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Tidak hanya itu, diadakan pula syukuran potong tumpeng dan acara hiburan.


 Hari Kesehatan Jiwa 2023 (2)


Hari Kesehatan Jiwa 2023 (3)


Acara NGOPI JIWA berlangsung pada pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB di Paviliun Seroja yang berlokasi di sebelah barat Paviliun Rengganis dengan dihadiri oleh Tim Keswa (Poli Psikiatri dan Paviliun Seroja, Tim Security, Tim CS, Tim PKRS, Tim Farmasi dan Tim Gizi. Acara ini dipandu oleh Yuniah Purwanti, Skep.,Ns selaku perawat di Paviliun Seroja. Sebelum acara dimulai, Erfan Agung Baskara, S.Kep.Ns mengajak seluruh tamu undangan yang datang untuk berdoa bersama-sama agar kegiatan berlangsung dengan lancar hingga akhir.


 Hari Kesehatan Jiwa 2023 (4)


Sambutan diberikan oleh dr. Dewi Prisca Sembiring, Sp.KJ selaku Dokter Spesialis Poli Psikiatri RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. “Kesehatan jiwa itu sangat penting. Adanya peringatan kesehatan jiwa sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan jiwa di seluruh dunia. Pada tahun ini peringatan kesehatan jiwa sedunia memiliki tema Mental Health is a Universal Human Right yang artinya kesehatan jiwa adalah hak asasi manusia yang mendasar. Semua orang berhak memperoleh kesehatan jiwa. Tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso yang telah memberikan tempat baru yang nyaman dan luas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman karena tanpa teman-teman kita tidak akan berjalan hingga saat ini,” tutur dr. Dewi Prisca Sembiring, Sp.KJ.


 Hari Kesehatan Jiwa 2023 (5)


Saiful Walid, SKep. Ns selaku kepala Paviliun Seroja juga turut memberikan ungkapan rasa syukurnya melalui kalimat yang telah dirangkai dengan indah dan penuh makna. “Serojaku kini telah menjadi bangunan yang kokoh, pohon yang rindang, dan telah menjadi anak yang gagah. Tetaplah menjadi SEROJA (Senyum, Empeti, Ramah, Optimis, Jiwa, Aman). Tetaplah menjadi seroja yang selalu memberikan keteduhan, memberikan buah yang manis dan selalu berperilaku baik, ikhlas dan tidak lupa bersyukur. Salam sehat jiwa. Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun 2023,” ucap Saiful Walid, SKep. Ns.


 Hari Kesehatan Jiwa 2023 (6)


Hari Kesehatan Jiwa 2023 (7)


Dilanjutkan oleh Subiyanto, S.Kep.,Ns selaku perawat senior paviliun Seroja yang mengungkapkan rasa syukur dan harapannya. “Dahulu pasien laki-laki dan perempuan berkumpul menjadi satu ruangan. Selang berjalannya waktu, kita merangkak sedikit demi sedikit dan akhirnya terdapat fasilitas ruang isolasi, kemudian kita merintis kembali hingga saat ini kita memiliki rumah baru yang lebih luas dan nyaman. Saya berharap dengan adanya rumah baru kita mempunyai semangat baru dan harapan baru. Apa artinya badan sehat jika kita jiwa kita tidak sehat. Mari kita berkarya, kita ada untuk memberikan pelayanan melalui Paviliun Seroja yang lebih baik,” ujar Subiyanto, S.Kep.,Ns.


 Hari Kesehatan Jiwa 2023 (8)


Kegiatan selanjutnya yaitu penampilan hiburan dari tim Poli Psikiatri dan Paviliun Seroja. Penampilan pertama yaitu tarian selamat datang dari Farizah Imamatus Shofi, Amd. Kep. Siti Holifah, S.Kep.,Ns juga menunjukkan bakat bernyanyinya. Dilanjutkan dengan drama parodi dari Wong Limo yang beranggotakan Khurotul A'yun, Amd.Kep, Ns. Rafli Rahmadianto, S. Kep, Rudi Iswanto, A.Md.Kep, Satrio Hermansyah dan Umarul Faruk. Tidak lupa puisi yang berjudul “Biasa Kau Panggil Aku Gila” yang dipaparkan oleh Ns. Vio Putri Andi Lestari, S. Kep. Selain itu, Agung Riyadi, Amd.Kep, Nining Susanti, A.Md.Kep, dan Ika Kurnia Dewi,Amd.Kep juga turut menyumbangkan beberapa lagu dengan suara merdunya.


 Hari Kesehatan Jiwa 2023 (9)


Selanjutnya dr. Dewi Prisca Sembiring juga menjelaskan tentang Hoarding Disorder yang saat ini sedang marak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa Hoarding Disorder adalah gangguan mental dimana seseorang gemar menimbun barang-barang hingga sampah yang dianggapnya akan berguna suatu hari nanti. Hoarding Disorder merupakan kondisi dimana seseorang menimbun barang secara berlebihan. Penyebab Hoarding Disorder belum diketahui secara pasti, salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini yaitu pernah ditinggalkan oleh orang yang dicintai. dr. Dewi Prisca Sembiring juga memaparkan tentang gejala hingga tatalaksana pasien Hoarding Disorder.


 Hari Kesehatan Jiwa 2023 (10)


Acara berlangsung sangat meriah. NGOPI Jiwa ini ditutup dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama. Para tamu yang hadir terlihat nampak bahagia dan menikmati sajian yang dihidangkan. Kesehatan Jiwa adalah Hak Asasi Manusia. Mari bersama-sama melawan diskriminasi dan stigmatisasi. Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. (PKRS/FREA)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630891 user
  • IP address : 18.116.90.141
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU