
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Salah satu konsep hits kekinian dalam hal pemberian pelayanan kepada masyarakat adalah Service Excellent. Apakah yang dimaksud dengan Service Excellent? Pengertian Service Excellent sendiri didapat dari dua katanya yaitu “service” yang bermakna pelayanan, dan “excellent” yang bermakna bermutu tinggi atau prima. menurut pengertian “ Pelayanan”, yang berarti “usaha melayani kebutuhan orang lain” atau dari pengertian ”melayani “ yang berarti ”membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang”. Tak hanya diterapkan dalam organisasi atau institusi yang bergerak di bidang ekonomi saja, namun telah diterapkan di dalam berbagai bidang contohnya adalah di dalam bidang kesehatan.
Service Excellent atau Pelayanan Prima di dalam kesehatan khususnya di Rumah Sakit dapat diartikan sebagai upaya pemberian pelayanan terbaik oleh karyawan Rumah Sakit (RS) untuk memenuhi atau bahkan melampaui harapan pengguna jasa rumah sakit. Harapan ini didapat dari record dan riwayat data yang dihimpun sebelumnya, pengalaman masa lalu terhadap jasa atau produk kesehatan yang pernah digunakan, studi banding dengan institusi penyedia layanan kesehatan profesionalitas lainnya, hingga informasi layanan yang diterima dari berbagai sumber atau janji-janji dan faktor internal dari pengguna jasa Rumah Sakit (RS) itu sendiri.
Tujuan utamanya adalah untuk membangun rasa kepercayaan dan kepuasan dari pengguna jasa kesehatan. Kepercayaan dan kepuasan dari pengguna jasa kesehatan akan membuat mereka menjadi setia dan akan menggunakan kembali jasa kita ketika mereka membutuhkannya. Selain itu Service Excellent atau Pelayanan Prima juga dapat bertujuan untuk:
- Menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pengguna jasa kesehatan
- Menjaga agar pengguna jasa kesehatan merasa dipentingkan dan diperhatikan
- Mempertahankan pengguna jasa kesehatan agar tetap setia menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan.
- Memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pengguna jasa kesehatan.
- Menimbulkan keputusan dari pihak pengguna jasa kesehatan agar segera membeli barang/jasa yang ditawarkan
- Menumbuhkan kepercayaan pengguna jasa kesehatan terhadap barang/jasa yang ditawarkan.
- Menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudian hari terhadap penyedia layanan kesehatan.
Dalam pemberian Service Excellent atau Pelayanan Prima dikenal konsep komponen 6A yang terdiri atas
- Kemampuan (Ability) -> Kemampuan di sini meliputi keahlian dari jasa yang ditawarkan dan komunikasi yang efektif.
- Sikap (Attitude) ->Sikap yang positif dan selalu menghargai pengguna jasa kesehatan, serta logis.
- Penampilan (Appearance) -> Penampilan fisik yang layak dan tepat yang bisa merefleksikan kepercayaan diri dan kredibilitas.
- Perhatian (Attention) -> Kepedulian penuh pada kebutuhan pengguna jasa kesehatan dan menghargai saran dan kritiknya serta usaha mencurahkan perhatian terhadap keinginan dan kebutuhan pengguna jasa kesehatan.
- Tindakan (Action) -> Tindakan mencakup segala aksi atau aktivitas nyata yang dilakukan dalam memberikan pelayanan pada pengguna jasa kesehatan.
- Tanggung jawab (Accountability) -> Tanggung jawab (accountability) yang dimaksud di sini merupakan sikap keberpihakan yang ditujukan kepada pengguna jasa kesehatan sebagai wujud kepedulian untuk menghindarkan atau menimbulkan kerugian atau ketidakpuasan pengguna jasa kesehatan.
Sebagai salah satu Rumah Sakit (RS) yang memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) menjunjung tinggi etika pelayanan dasar 7S yaitu Salam - Sapa - Senyum - Sopan - Santun - Sepenuh Hati - Sabar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat karena "Kepuasan Pelanggan Adalah Kebanggan Kami". Lalu apa yang dimaksud dari nilai setiap huruf S yang ada dalam etika pelayanan dasar RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK)? Mari kita simak bersama.
- Salam adalah cara bagi seseorang untuk menunjukkan dan mengkomunikasikan perhatian maupun rasa hormat secara sengaja akan kehadiran orang lain.
- Sapa adalah perkataan yang identik untuk menegur (mengajak bercakap-cakap dan sebagainya) atau perilaku menghargai seseorang dengan cara menegur atau mengajaknya untuk bercakap-cakap, namun menyapa juga bisa berupa senyum atau salam.
- Senyum adalah adalah ekspresi wajah yang terjadi karena gerakan bibir dan mulut saja semacam tertawa tapi tidak mengeluarkan suara yang melambangkan rasa senang.
- Sopan adalah adalah perilaku yang menjunjung tinggi niai-nilai menghormati, menghargai tidak sombong dan berakhlak mulia
- Santun adalah budi pekerti yang baik, tata krama, kesusilaan.
- Sepenuh Hati adalah melakukan sesuatu tanpa paksaan dan melakukan sesuatu atas kehendak dia secara maksimal.
- Sabar adalah tindakan menahan diri dari hal-hal yang ingin dilakukan, menahan diri dari emosi, dan bertahan serta tidak mengeluh pada saat sulit atau sedang mengalami musibah.
Heri Siswanto, Skep, Ns selaku Perawat Ahli Madya selaku Karu di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) sekaligus pembina apel pagi ruti pada hari Jum'at tanggal 7 Juli 2023 pukul 07.00 - 07.20 WIB kembali mengingatkan seluruh karyawan dan karyawati RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) agar selalu melaksanakan etika pelayanan dasar 7S dalam memberikan Service Excellent kepada seluruh pengguna layanan kesehatan. "Service Excellent yang kita berikan bukan hanya menargetkan apakah pengguna layanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi puas dengan pelayanan yang didapatnya namun juga bertujuan untuk menaikkan citra baik dari tenaga ataupun fasilitas kesehatan yang dikunjunginya. Hal ini juga upaya terbaik kita dalam membantu pasien untuk mendapatkan dukungan dan akses mencapai kesembuhan optimal sekaligus menenangkan keluarga pengguna jasa kesehatan kita agar mempercayakan keluarga nya bersama RSUD dr. H. Koesnadi." ujarnya.
Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kami akan terus berbenah memberikan Service Excellent atau Pelayanan Prima yang terbaik dan optimal, mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan yang terus maksimal. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

- Hepatitis Akut, Tetap Tenang Tak Perlu Takut!
- RSDK Sekilas Info Tarif Layanan Pemeriksaan Kesehatan atau MCU (Medical Check Up)
- Produktivitas Optimal Bersama Senam Beat Instansi Di RSDK
- IHT Kegawatdaruratan Maternal, No Woman Should Die While Giving Life
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Agustus Minggu Ketiga, Simak dan Cari Tau Jadwal Dokter Favori
- Serunya Kegiatan Donor Darah Rutin RSDK dan PMI Bondowoso
- Peringati Hari Kesadaran Nasional, RSDK Akan Terus Berusaha Memberikan Pelayanan Optimal
- Tim Tarik Tambang Putri RSDK Membawa Pulang Juara 4 se-SKPD Bondowoso
- Proses Digitalisasi Pelayanan Instalasi Rekam Medis RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso
- RSDK Berikan Penghargaan Kepada 5 Unit Layanan Dengan IKM Tertinggi
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Februari 2024, Simak dan Ketahui Jadwal Dokter Favoritmu
- Perkenalan Asesor Internal Kegiatan Survei Simulasi Ke-2 RSDK
- Pengumumuan Kelulusan Rekrutmen TENAGA COVID 19
- Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Tes Tulis Ujian Kompetensi
- Respon Time Tim Code Blue ICU dan IGD RSDK Mempertahankan Prestasi Baiknya
- Kenakan Seragam KORPRI ? Ungkapkan Semangatmu Dalam 3 Kata
- Pengumumuan hasil Psikotest
- Pentingnya Persiapan Sebelum Operasi bersama dr. Dian Ika Setyarini, Sp. An dan Radio Mahardika 91,9
- RSDK Turut Serta Dalam Komando Pemkab Bondowoso X KODIM 0822 Dalam Peduli Palestina
- Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Rekrutment Tenaga Non PNS BLUD
- Dikunjungi oleh : 1021573 user
- IP address : 216.73.216.25
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0