large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Respon Time Tim Code Blue ICU dan IGD RSDK Mempertahankan Prestasi Baiknya
Kategori Berita | Diposting pada : 2022-09-30 -|- 11:58:00 oleh Admin

RSDK hari ini. "Code Blue.. Code Blue.. Code Blue.. Code Blue berada di ruang Aula RSDK". Terdengar siaran pemberitahuan code blue dari petugas terkait. Siaran ini dilangsungkan atas peristiwa pingsannya seorang pegawai dengan mulut penuh busa. Seluruh ruangan mulai riuh dan langsung melakukan penanganan pertama code blue yaitu CPR setelah berteriak meminta pertolongan sebelumnya. Dalam kurun waktu 2 menit setelah siaran pemberitahuan, tim code blue ICU datang, sedangkan tim code blue dari IGD datang pada kurun waktu 3,5 menit. Kedua tim code blue RSDK ini memasuki aula disertai dengan teriakan dan tepuk tangan riuh para karyawan lainnya yang hadir dalam acara exit conference survei simulasi (sursim) internal kedua RSDK pada hari Kamis tanggal 29 September 2022 lalu. (Jum'at, 30/9/2022)


code blue
Kode biru atau code blue menunjukkan keadaan darurat medis seperti henti jantung atau pernapasan (health.kompas.com). Pada umumnya terdapat 7 (tujuh) kode kedaruratan di Rumah Sakit, yaitu Kode Biru (Code Blue) kode untuk Kegawatan Medis; ; Kode Merah (Code Red) kode untuk Kebakaran; Kode Hitam (Code Black) kode untuk Ancaman Bom; Kode Ungu (Code Purple) kode untuk Evakuasi; Kode Abu-Abu (Code Grey) kode untuk Gangguan Keamanan; Kode Merah Muda (Code Pink) kode untuk Penculikan Bayi; dan Kode Hijau (Code Green) kode untuk Gempa. 


code blue 2
Simulasi code blue kali ini digelar selain sebagai sarana latihan kesiap siagaan rumah sakit dalam mengatasi kegawatdaruratan medis, juga merupakan penilaian latihan dari assesor internal sursim kedua RSDK. Ternyata prestasi baik dipertahankan oleh tim code blue yang bertugas. Hal ini mendapatkan perhatian dan penilaian yang baik, terutama oleh ketua asessor internal RSDK yaitu Yudho Tri Handoko, S.Kep., Ns., M.Si. "Prestasi yang baik. Golden time penyelamatan kurang dari 5 menit ditangani dengan baik. Harapannya saat akreditasi maupun tata laksana lapangannya tetap sesuai SOP seperti sekarang. Pertahankan dan terus perbaiki agar terbiasa dan menjadi budaya penyelamatan kerja yang baik." 


code blue 3
Saat ditanya mengenai tujuan diadakannya simulasi code blue, Joko Prananto, S.Kep, Ns., M.Kes selaku anggota asessor internal menjelaskan bahwa tujuan utama adalah untuk mengetahui respon orang-orang disekitar terhadap orang yang tidak sadar. Selain itu bertujuan untuk mengetahui kecepatan datang serta persiapan dari tim code blue dalam menyelamatkan nyawa.


code blue 4
Berikut adalah pernyataan dari tim code blue RS terkait simulasi code blue di aula. "Sejujurnya kami tidak tahu jika ini merupakan simulasi code blue. Kami sudah terbiasa selama 24 jam sehari dalam seminggu untuk standby di ICU, mulai dari alat, tenaga atau SDM beseta skill yang selalu terasah dengan pelatihan." ujar Shaiful Rizal, S.Kep.Ns selaku perawat ICU.


code blue saiful


Berbeda hal nya dengan dokter Sinta Agita Anggraini, dalam kesempatan kali ini beliau mengutarakan harapannya agar laju respon time code blue IGD dapat diiringi dengan ketersediaan alat transportasi yang sesuai dikarenakan area RS sudah semakin luas. Diketahui dokter Sinta menuju titik code blue bersama Muhammad Rofiq, S.Kep. Ns selaku perawat dan Samsul selaku transporter. 


code blue yu
Prestasi tim code blue IGD ini disambut baik oleh Yunarso, S.Kep. Ns. selaku kaur pelayanan IGD. "Sudah menjadi kewajiban ketika ada code blue, tim IGD harus meluncur, peralatan dan tenaga sudah siap 24 jam untuk menangani. Saya sangan mengapresiasi kepada teman-teman tim code blue terhadap tanggung jawab penuhnya. Semoga tetap menjadi sentra baik dalam hal penanganan code blue." ujarnya. Selamat kepada tim code blue ICU dan IGD RSDK, lanjutkan dan tingkatkan selalu prestasi baikmu. (PKRS/SWILING)



Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 665828 user
  • IP address : 44.211.26.178
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU