large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK-PMI Bondowoso, Setetes Darah Anda adalah Nyawa untuk Mereka
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-08-07 -|- 08:10:00 oleh Admin

RSDK hari ini. "Tahukah kamu donor darah bisa membuat tubuh menjadi makin sehat”. Donor darah memiliki segudang manfaat. Dengan mendonorkan darahmu, kamu tidak hanya menyelamatkan nyawa saudaramu namun juga dapat membuat tubuhmu menjadi makin sehat. Kok Bisa? Yuk kita Simak.


Donor Danah 4 Agustus23
Kenapa Harus Donor Darah? Donor darah merupakan suatu kegiatan yang mulia. Karena pada hakikatnya, bersedekah tidak selalu dengan harta namun juga bisa dengan setetes darah. Membantu sesama manusia yang membutuhkan dengan saling peduli dan tolong menolong. Selain itu, donor darah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain namun juga memiliki banyak manfaat bagi diri kita sendiri. Apa saja Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh?


Donor Danah 4 Agustus23b
Beberapa manfaat yang diperoleh pendonor yang dilansir dari kemkes.go.id adalah sebagai berikut:



  1. Dapat Mendeteksi Penyakit Sebelum dilakukan donor darah, kita diwajibkan untuk memeriksakan kesehatan terlebih dahulu, seperti pengukuran tekanan darah, hemoglobin hingga melakuakan penimbangan Berat Badan. Dari situ, kita dapat mengetahui dan mendeteksi penyakit sedini mungkin.

  2. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darahMelakukan donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung. Penyumbatan di dalam jantung akan ikut berkurang dan aliran darah menjadi lancar. Selain itu, detak jantung akan lebih stabil setelah melakukan donor darah.

  3. Membantu menurunkan berat badanSaat donor darah berlangsung, 450 ml darah yang disalurkan dapat membakar kalori di dalam tubuh sebesar 650 kalori. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi makin sehat.


Donor Danah 4 Agustus23c


Siapa saja yang tidak boleh melakukan donor darah?


Meskipun donor darah merupakan kegiatan yang mulia, namun perhatian utama dari pelayanan darah adalah memastikan bahwa pendonor juga dalam keadaan sehat. Beberapa golongan orang yang tidak diperbolehkan mendonorkan darah diantaranya:



  1. Orang yang mengidap hipertensi

  2. Orang dengan Berat Badan Kurang dari 45 Kg

  3. Pengidap Hepatitis B dan C

  4. Ibu Hamil

  5. Orang yang mengidap penyakit tertentu seperti kanker, HIV, AIDS atau penyakit lainnya yang memiliki risiko tinggi.


Donor Danah 4 Agustus23d
Sehubungan dengan adanya HUT RI Ke 78, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) bekerja sama dengan PMI Bondowoso mengadakan donor darah yang diselenggarakan pada hari Jum’at, 4 Agustus 2023 pukul 08.00 – 11.00 WIB. Sejumlah 4 orang dari anggota PMI yang turut membantu kegiatan donor darah di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yaitu Seti Angga, Ria Agustin, Dendi Dwi dan Hendra. Kegiatan ini diikuti oleh 15 pendonor yang merupakan pegawai dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dengan rincian 2 orang bergolongan darah A, 6 orang bergolongan darah B, 2 orang bergolongan darah AB dan 5 orang memiliki golongan darah O.


Donor Danah 4 Agustus23a
“Saya rutin melakukan donor darah, sudah tercatat sebanyak 16 kali. Motivasi saya adalah, jika kita tidak bisa menolong orang lain dengan uang, kitab isa menolong orang lain dengan darah kita yang telah diberikan oleh Allah secara gratis. Karena, setetes darah merupakan nyawa bagi mereka yang membutuhkan”, ujar Wiwin Nur Siam, S.Kep. Ns selaku Sub Koordinator Ketenagaan dan Pengembangan Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan sekaligus pendonor.


Donor Danah 4 Agustus23e
Antusias dari civitas RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) sangat baik, kegiatan donor darah yang berlangsung rutin setiap dua bulan sekali bisa mengumpulkan sekitar 30 lebih pendonor. Namun pada kegiatan donor darah saat ini, beberapa peserta tidak memiliki kualifikasi untuk mendonor dikarenakan berberapa hal, seperti memiliki tekanan darah yang rendah, memiliki HB yang tinggi, Berat Badan yang kurang hingga karena belum 2 bulan dari rentang waktu donor darah sebelumnya. Donor darah sebaiknya dilakukan selama 6 bulan sekali. Meskipun kita dianjurkan untuk rutin melakukan donor darah, namun tetap pada rentang waktu tertentu. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan seseorang kekurangan zat besi. Pasalnya, meskipun sel darah merah bisa cepat tergantikan dengan yang baru, tidak demikian dengan sediaan zat besi yang ada di dalam tubuh. Perlu untuk memperhatikan kondisi kesehatan sebelum dan sesudah donor darah. Jangan sampai donor darah membuat kesehatan semakin memburuk. 


Donor Danah 4 Agustus23f
Yuk kita donor darah secara rutin. Setetes darah dapat sehatkan tubuhmu dan selamatkan nyawa saudaramu. Salam Sehat. (PKRS/FREA)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 633040 user
  • IP address : 3.141.244.153
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU