large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
RSDK Berikan Penghargaan Kepada 5 Unit Layanan Dengan IKM Tertinggi
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-01-16 -|- 10:17:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan instansi pemerintah perlu untuk terus diukur dan dibandingkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah adalah dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KEPMENPAN) Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Unit Pelayanan Instansi Pemerintah menyebutkan Indeks Kepuasan Masyarakat adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.


 penghargaan IKM jan24


Tujuan dari adanya survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), memiliki kemanfatannya bagi setiap pihak, mulai dari pemerintah, instansi layanan pemerintah serta masyarakat. Bagi pemerintah Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan sebagai penataan sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara lebih berkualitas, berdaya guna dan berhasil guna”. Selain itu, sasaran lainnya dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah tumbuhnya kreativitas, prakarsa dan peran serta masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan public. Bagi unit layanan pemerintah terkait, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Sedangkan bagi masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan unit yang bersangkutan. Jadi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dapat disimpulkan sebagai tolok ukur keberhasilan pelayanan dan dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan instansi.


 penghargaan IKM jan24a


Lalu unit layanan pemerintah apa saja yang harus melaksanakan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)? Jawabannya adalah seluruh unit pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Sebagai salah satu unit layanan pemerintah yang bergerak dalam bidang layanan kesehatan di pemerintahan daerah kabupaten Bondowoso, maka RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga melaksanakan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Dalam penilaian setiap unsurnya, prinsip pelayanan yang dinilai sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri PAN Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik, yang kemudian dikembangkan menjadi 14 unsur yang relevan, valid dan reliabel, sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dapat disebutkan sebagai berikut:



  1. Prosedur pelayanan, yaitu kemudahan tahapan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dilihat dari sisi kesederhanaan alur pelayanan

  2. Persyaratan Pelayanan, yaitu persyaratan teknis dan administrative yang diperlukan untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan jenis pelayanannya

  3. Kejelasan petugas pelayanan, yaitu keberadaan dan kepastian petugas yang memberikan pelayanan (nama, jabatan serta kewenangan dan tanggungjawabnya)

  4. Kedisiplinan petugas pelayanan, yaitu kesungguhan petugas dalam memberikan pelayanan terutama terhadap konsistensi waktu kerja sesuai ketentuan yang berlaku

  5. Tanggung jawab petugas pelayanan, yaitu kejelasan wewenang dan tanggung jawab petugas dalam penyelenggaraan dan penyelesaian pelayanan

  6. Kemampuan petugas pelayanan, yaitu tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki petugas dalam memberikan atau menyelesaikan pelayanan kepada masyarakat

  7. Kecepatan pelayanan, yaitu target waktu pelayanan dapat diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan oleh unit penyelenggara pelayanan

  8. Keadilan mendapatkan pelayanan, yaitu pelaksanaan pelayanan dengan tidak membedakan golongan atau status masyarakat yang dilayani

  9. Kesopanan dan keramahan petugas, yaitu sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan menghormati

  10. Kewajaran biaya pelayanan, yaitu keterjangkauan masyarakat terhadap besarnya biaya yang ditetapkan oleh unit pelayanan

  11. Kepastian biaya pelayanan, yaitu kesesuaian antara biaya yang dibayarkan dengan biaya yang telah ditetapkan

  12. Kepastian jadwal pelayanan, yaitu pelaksanaan waktu pelayanan, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan

  13. Kenyamanan lingkungan, yaitu kondisi sarana dan prasarana pelayanan yang bersih, rapi, dan teratur sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada penerima pelayanan

  14. Keamanan Pelayanan, yaitu terjaminnya tingkat keamanan lingkungan unit penyelenggara pelayanan ataupun sarana yang digunakan, sehingga masyarakat merasa tenang untuk mendapatkan pelayanan terhadap risiko-risiko yang diakibatkan dari pelaksanaan pelayanan


 penghargaan IKM jan24b


Berdasarkan 14 penilaian unsur pokok survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dilakukan di lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), didapatkanlah lima unit layanan kesehatan dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tertinggi. Berikut adalah susunan peringkat dari nilai indeks tertinggi.



  1. Paviliun Anggrek

  2. Poli Kulit dan Kelamin

  3. Poli Dalam

  4. Poli VCT

  5. Poli Jantung


 penghargaan IKM jan24c


Prestasi ini disambut baik oleh seluruh jajaran direksi dan karyawan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Wiwin Nur Siam, S.Kep. Ns selaku Sub Koordinator Ketenagaan dan Pengembangan Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan mengungkapkan bahwa prestasi terbaik ini tentu saja diperlukan sebuah apresiasi yang baik juga. “Prestasi baik ini tentu saja diperlukan penghargaan sebagai pemacu dan pemicu unit layanan lainnya di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) untuk meningkatkan dan terus melaksanakan pembenahan di segala bidang layanannya kepada masyarakat. Dan pemberian sertifikat sekaligus voucher belanja di KPRI Sehat adalah upaya dalam memotivasi unit terkait agar dapat mempertahankan serta meningkatkan kualitas mutu layanannya. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada semuanya.” ungkapnya.


 penghargaan IKM jan24d


Penyerahan sertifikat serta voucher belanja di KPRI Sehat dilakukan langsung oleh dr. Lukman Hakim, M.Mkes selaku Wadir. Umum dan Keuangan pada kegiatan apel rutin pagi hari Selasa tanggal 16 Januari 2024 pukul 07.00-07.30 WIB. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan dan meminta agar tingginya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun 2023 atas pelayanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) perlu untuk dipertahankan segala hal yang baik dan meningkatkan segala aspek yang dianggap kurang. “Jangan sampai lalai dan lengah, Mari terus upayakan secara bersama-sama agar dapat terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Jangan lupakan segala kritik, saran serta pengaduan yang diberikan masyarakat kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Jangan dibiarkan berlarut-larut namun berikan respon cepat dengan segera, apapun macam dan bentuknya atas keluhan yang ada.” jelaskan dr. Lukman Hakim, M.Mkes selaku Wadir. Umum dan Keuangan. Tak lupa dalam kesempatan ini, dr. Lukman Hakim, M.Mkes juga mengucapkan selamat kepada lima unit dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tertinggi. “Saya ucapkan selamat untuk paviliun Anggrek, poli Kulit dan Kelamin, poli Dalam, poli VCT serta poli Jantung. Semoga unit layanan kesehatan lainnya dapat mengikuti jejak kelima unit ini.” ungkapnya.


 penghargaan IKM jan24e


Ketika ditanyakan apa yang dirasakan dan upaya apa yang akan dilakukan dalam mempertahankan prestasinya, Sutanti Pusposari, S.Kep.Ns selaku Kepala paviliun Anggrek menjelaskan bahwa menjunjung tinggi etika pelayanan dasar 7S atau Salam - Sapa - Senyum - Sopan - Santun - Sepenuh Hati – Sabar dalam meraih motto utama Kepuasan Pelanggan Adalah Kebanggan Kami. “Alhamdulillah, sebelumnya kami ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan penilaian baik atas pelayanan kesehatan di paviliun Anggrek. Kedepannya kami akan berusaha memberikan service excellent dengan sebaik-baiknya dan terus melakukan pembenahan di segala bidangnya.” ujar Sutanti Pusposari, S.Kep.Ns. Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kami akan terus berbenah memberikan Service Excellent atau Pelayanan Prima yang terbaik dan optimal, mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan yang terus maksimal. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 758841 user
  • IP address : 3.236.86.184
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU