dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
RSDK hari ini. Pelayanan prima merupakan tindakan atau upaya yang dilakukan sebuah perusahaan atau organisasi tertentu dalam memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan utama agar pelanggan atau masyarakat bisa mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang dilakukan. Untuk dapat memberikan pelayanan dengan prima maka gunakanlah prinsip 7A berikut:
- Attitude (Sikap) -> Sikap dan pelayanan yang diberikan akan menggambarkan dan memberi citra perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karenanya wajib memiliki, menjaga dan meningkatkan sikap ramah dan profesional
- Ability (Kemampuan) -> Haruslah memiliki kemampuan dalam melayani seperti komunikasi, kemampuan memecahkan masalah dengan cepat, manajemen kecemasan hingga pemanfaatan teknologi informasi
- Attention (Perhatian) -> Bentuk kepedulian yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta pemahaman atas saran dan kritik yang diberikan
- Action (Tindakan) -> Melakukan tindakan nyata dalam memastikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan
- Accountability (Tanggung Jawab) -> Bentuk rasa empati dan kepedulian sebagai kunci dalam meminimalkan terjadinya ketidakpuasan pelanggan
- Appearance (Penampilan) -> Bentuk refleksi kredibilitas yang terpampang dalam penampilan secara fisik maupun non fisik
- Sympathy (Simpati) -> Sikap untuk dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain
Dalam dunia pemberian pelayanan saat ini, appearance (penampilan) merupakan hal penting dan utama sebelum terjadinya interaksi dan komunikasi bersama pelanggan atau masyarakat. Dengan penampilan dan performa baik akan membuat pelanggan atau masyarakat yang semula panik, gelisah ataupun emosi tinggi menjadi sedikit teredam. Oleh karenanya pada pada hari Senin tanggal 26 Juni 2023 pukul 14.00 - 15.00 WIB dilaksanakanlah sosialisasi dan edukasi terkait Pentingnya Menjaga Penampilan Sebagai Bentuk Refleksi Kredibilitas Dalam Pemberian Pelayanan Prima di institusi pemberian jasa pelayanan kesehatan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) bersama Iftitah Adi, S.KM selaku Ahli Pertama Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku sekaligus staf Instalasi PKRS. Target sosialisasi dan edukasi adalah petugas Front Office (FO) sebagai tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) pertama yang berhubungan langsung dengan masyarakat dalam proses pendaftaran pelayanan.
Dalam poin Apperance atau penampilan tentunya terdapat standart grooming (penampilan diri) tersendiri, walaupun memiliki standar yang berbeda-beda namun biasanya memiliki standar khusus seperti
- Rambut harus diikat rapi dan diberi hairnet (jika menggunakan jilbab dibentuk dengan rapi)
- Penggunaan make-up tidak berlebihan, usahakan agar terlihat fresh
- Kuku tidak boleh panjang dan kotor
- Pakaian harus bersih, wangi dan rapi serta
- Penggunaan perhiasan yang tidak berlebihan dan digunakan seperlunya dll
Di dalam penampilan prima juga termasuk poin make up, dalam make up untuk institusi pelayanan dipilihlah trend make up flawless. Flawless artinya tanpa cela atau rapi dan lebih menonjolkan kecantikan alami seseorang. Dalam mengulaskan trend make up flawless maka pastikan gunakan tips berikut ini:
- Penggunaan Skincare -> Kulit yang belum dibersihkan dan ditutup produk make up, akan membuat kulit tersumbat. Selain itu, dapat menjadi cikal bakal kulit berjerawat dan make up tidak akan menempel sempurna pada wajah
- Pelembap dan Primar -> Sebelum memulai make up, gunakan primer di lapisan pertama sebagai base make up. Selain melembapkan kulit, primer berfungsi untuk mengontrol produksi minyak, menghaluskan tekstur kulit, dan mendapat hasil make up lebih tahan lama.
- Make Up Complexion -> Sebagai base make up, penggunaan foundation atau BB cushion sudah cukup sebagai lapisan awal make up. Memilih shade warna foundation yang tepat untuk meratakan warna kulit dan menjadi langkah awal hasil make up sempurna. Sebaliknya pilih liquid foundation yang mudah dibalurkan pada kulit
- Set Powder -> Untuk penggunaan bedak, kamu disarankan memilih bedak jenis loose atau compact powder. Hasil pengaplikasian loose powder cenderung sedikit lebih tebal.
- Eye Make Up -> Salah satu kunci tampilan mata terlihat segar adalah menggunakan maskara, eye brow, eyeliner, dan eye shadow yang tepat
- Blush On -> Pilih blush on berwarna peach, coral, atau pink sesuai dengan tone kulit. Aplikasikan blush on tepat di apples of the cheek agar terlihat semakin fresh. Jika kamu menginginkan hasil yang glowing, gunakan blush on yang shimmery. Sedangkan kulit berminyak, gunakan blush on matte dan powdery
- Lipstick -> Gunakan lipstick berwarna peach, coral atau gradiasi pink dan plum untuk hasil ombre lips. Bisa pilih lipstick matte agar lebih tahan lama dan tidak luntur
Nah walaupun make up harus on, jangan lupa tetap menjaga kebersihan alat make up agar kesehatan wajah tetap terjaga. Peralatan make up yang bersih adalah hal utama. Kebersihan tak hanya membuat make up tetap terlindungi kebersihannya, kesehatan kulit pun menjadi prioritas utama dalam hal ini. Karena alat make up yang dimiliki dapat menajdi tempat bakteri berkembang biak. Berikut adalah tips dalam merawat alat make up:
- Jangan berbagi dengan orang lain
- Bersihkan selalu setelah pemakaian
- Hindari paparan sinar matahari langsungd) Susun rapih jangan ditumbuk dengan barang lain
Terkait tata cara menjaga kebersihan alat make up, dapat digunakan tips berikut:
Kuas Rias
- Basahi kuas dengan menggunakan air dingin biasa (usahakan hanya membasahi bagian bulu untuk mencegah melemahnya perekat yang menahan sikat ke pegangan)
- Usapkan sedikit sampho atau sabun secara lembut ke bulu sikat, bilas lalu ulangi hingga airnya jernih
- Jika kesulitan mengeluarkan produk yang membandel pada sikat atau bulu kuas, pijatkan sedikit minyak kelapa untuk melonggarkan penumpukan dan mempermudah pembersihan
- Setelah kuas bersih, lanjutkan dengan pemberian desinfeksi dengan mencampurkan larutan air dan cuka (lakukan selama 1-2 menit lalu bilas air bersih)
Penjepit Bulu Mata
- Harus dibersihkan setidaknya setiap minggu dengan cara membasahi kapas dengan alkohol atau hidrogen peroksida dan oleskan pada penjepit
- Biarkan mengering selama beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih dan tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk bersih
- Atau dibersihkan dengan sabun dan air setelah digunakan
Spons
- Basahi spons dengan air hangat dan pastikan benar-benar basah
- Gunakan beberapa tetes sabun lembut atau shampo dan remas dengan menggunakan jari
Jangan lupa untuk praktek mandiri dan melakukan tips-tips penting dalam menjaga standart grooming dan appearance agar tampilan prima selalu terjaga dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat. Agar motto RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) Kepuasan Pelanggan Adalah Kebanggan Kami dapat diberikan dengan prima. Terimakasih atas kepercayaan anda kepada kami hingga saat ini dan masa yang akan datang. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)
- Penyerahan Hadiah Lomba Yel-Yel Persiapan Akreditasi beserta Karyawan 7S Terbaik
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Juli 2023 Minggu Keempat, Simak & Ketahui Jadwal Dokter-Mu
- RSDK Adakan Sosialisasi Tata Cara Registrasi Mobile JKN
- Off The Record Pembuatan Video Pelayanan Publik Hari Terakhir Berjalan Dengan Canda Riang
- RSDK Berbenah: Simak Alur Pendaftaran Terbaru di Instalasi Rawat Jalan
- Jangan Percaya Hoaks, RSDK Himbau Jangan Memprovokasi Dan Terprovokasi
- Nyatakan Cinta Budaya Indonesia Lewat Busana, RSDK Kenakan Baju Adat Nusantara
- Dapatkan Nilai A Dalam Penilaian SAKIP 2022, Kabid Pelayanan Medik Berikan Apresiasi Jajarannya
- Kenali Tatalaksana Pasien Pasca Operasi Kraniotomi Bersama Paviliun Dahlia
- Tingginya Prevalensi Katarak di Indonesia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Bertemakan Katarak
- Bunga Seroja Lambangkan Kebersihan Hati & Fikiran, Begitu Pula Paviliun Seroja
- RSDK Adakan Jum'at Bersih, Utamakan Kenyamanan Dan Kelestarian Lingkungan Kerja
- Hadapi Akreditasi, RSDK Adakan Lomba Yel-Yel
- Tebar Kebaikan Dalam Ketulusan, Para Ibu RSDK Ucapkan Selamat Hari Ibu Untuk Semuanya
- 23 Mahasiswa Dan 6 Pelajar Jalani Orientasi Umum Serta Skill Tes Di RSDK
- HASIL DAN PEMBAHASAN INDEK KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN III TAHUN 2016
- Tunjukkan Rasa Cinta Dalam Melayani, Paviliun Mawar Siap Berikan Service Excellent-nya
- Siapkan Pelayanan Prima, RSDK Persiapkan Baksos MOW & Skill Test Dengan Sebaik-Baiknya
- Telusur Lapangan Survei Simulasi Internal Kedua RSUD dr. H. Koesnadi
- Komite K3RS Adakan Program Rutin Tahunan Medical Check Up Kepada Karyawan Berisiko
- Dikunjungi oleh : 631278 user
- IP address : 3.144.103.10
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0