dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
RSDK hari ini. Terus meningkat angka kunjungan pasien di Instalasi Rawat Jalan sejak pertengahan tahun 2023 dimana pada bulan Juli 2023 menembus angka 9.837 kunjungan, bulan Agustus 2023 berada pada angka 10.635 kunjungan, bulan September 2023 berada pada angka 9.521 kunjungan serta bulan Oktober berada pada angka 10.796 kunjungan, bulan November berada pada angka 11.213 kunjungan dan bulan Desember berada pada angka 9.817 kunjungan. Total kunjungan pada tahun 2023 mencapai angka 117.890 kunjungan. Dengan adanya peningkatan ini, haruslah disertai dengan inovasi layanan yang maksimal pula terutama pada layanan penerimaan obat. Karena mengantri obat sudah menjadi alur akhir yang terkadang cukup menguras kesabaran.
Untuk menjawab semua keresahan ini, maka RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) telah membuka dan meningkatkan layanan “Laok Roma” yang sempat menjadi pilihan utama dalam proses pengantaran obat. Apa itu Layanan Laok Roma? Indri Hardini, S.Farm.Apt. selaku Kepala Instalasi Farmasi mengungkapkan bahwa Laok Roma merupakan pelayanan antar obat ke rumah dimana keunggulan utamanya adalah pasien tidak perlu menunggu dan mengantri obat. “Program Laok Roma ini berawal dari pengiriman pribadi staf RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yang bertempat tinggal dekat dengan area rumah pasien. Staf terkait ini diantaranya adalah apoteker, asisten apoteker, staf farmasi, hingga beberapa pejabat structural. Namun sempat terkendala dikarenakan tarif dan juga jam kerja setiap staf yang berbeda-beda.” ungkapnya.
Belajar dari pengalaman yang telah lampau dan berbekal sebuah ide jalan keluar utama, maka pada tanggal 12 Januari 2023 RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) melaksanakan sebuah program kerjasama yang disebut dengan ”Laok Roma X PT POS”. Program ini awalnya sempat terkendala dan sepi peminat. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, semakin hari semakin bertambah. Awal dibuka pengguna jasa layanan ini berada di angka 4 layanan saja hingga meningkat menjadi 60-70 layanan. Luluil Maknunah selaku petugas Layanan Laok Roma X PT POS mengungkapkan bahwa pada bulan Juni 2023 saja total pengguna layanan telah mencapai 756 layanan. "Bulan April 2023 lalu terdapat 984 pengguna layanan sedangkan pada bulan Mei 2023 mencapai penggunaan layanan tertinggi yaitu sekitar 1200 layanan. Untuk bulan Juni sendiri terpantau berada pada angka 1400 layanan. Bulan Agustus 2023 terdapat sebanyak 1.200 pengguna layanan, bulan September 2023 terdapat sebanyak 1.964 pengguna layanan. Intinya selama April hingga desember 2023 lalu telah tercatat sebanyak 4.562 layanan. Untuk bulan januari 2024 terpantau berada pada angka 911 layanan. Angka ini merupakan angka pengguna layanan tertinggi sejak beroperasi. Alhamdulillah dalam sehari rata-rata terdapat 30 hingga 70 pengguna layanan pengantar obat ini. Peningkatan yang cukup pesat, mengingat pada awal pembukaan program inovasi ini pernah tercatat hanya ada 4 layanan saja yang masuk." ungkapnya.
Walaupun telah menjadi primadona di hati masyarakat, namun terdapat beberapa kriteria khusus obat yang dapat diantarkan menggunakan layanan Laok Roma X PT POS. Indri Hardini, S.Farm.Apt. selaku Kepala Instalasi Farmasi mengungkapkan bahwa tidak semua obat dapat dimasukkan ke dalam program pelayanan ini dikarenakan terdapat beberapa syarat dan prosedur yang harus dijalankan. "Sebelum menggunakan layanan pengantar obat, obat pada resep akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas Farmasi. Syaratnya adalah bukan termasuk ke dalam jenis obat termolabil beserta obat-obat yang termasuk ke dalam golongan tertentu seperti psikotropik dan narkotik." jelasnya. Kriteria layanan ini nampaknya masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Luluil Maknunah selaku petugas layanan Laok Roma X PT POS mengungkapkan bahwa dirinya kerapkali mendapatkan ujaran kekecewaan dari masyarakat karena ketidaktahuan atas kriteria obat yang dapat dikirimkan menggunakan layanan ini. “Beberapa kali ujaran kekecewaan terungkap saat keluarga pasien mengetaui bahwa dirinya tidak dapat menggunakan layanan ini. Permasalahan yang sering terjadi disebabkan oleh ketidaktahuan keluarga pasien atas kriteria obat maupun alur penggunaan layanan.” jelasnya (23/02/2024).
Dalam menjembatani semua permasalahan yang terjadi, maka RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memberikan informasi akurat terkait layanan Laok Roma X PT POS dalam bentuk media video edukasi dan informasi. Kegiatan pembuatan video ini memiliki beberapa tim pembuatan yaitu Indri Hardini, S.Farm.Apt selaku produser utama, Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm.Apt selaku Scriptwritter dan Iftitah Adi, S.KM selaku sutradara. Sedangkan para pemain terdiri atas
- Fenindra Anggi Alifta, S.K.M selaku pasien
- Januar Dwi Hendra Prayoga, S.Farm.,Apt selaku apoteker
- Dhimas Nurul Hidayatullah, A.Md.Farm. selaku asisten apoteker 1
- Agustin Trityas Wardani, Amd.Farm selaku asisten apoteker 2
- Agung Eka Wicahyono, S.Pd selaku petugas entri resep
- Luluil Maknunah selaku petugas entri layanan Laok Roma X PT POS
- Ahmad Budianto selaku kurir pengantar layanan Laok Roma X PT POS
- Linda Darmayanti, S.KM selaku voice over narasi
- Testimoni masyarakat pengguna layanan Laok Roma X PT POS
Kegiatan shooting pembuatan video pengenalan layanan Laok Roma X PT POS dilakukan pada hari Kamis hingga Jum’at tanggal 23 dan 24 Februari 2024. Walaupun sempat mengalami kendala teknis kecil, namun keseluruhan kegiatan pengambilan gambar berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan telah berhasil terekam dengan baik. Semoga memberikan kemanfaatan yang besar bagi masyarakat Bondowoso dan sekitarnya.” harap Aldi Bachtiar Prasetya, S.Farm.Apt.
Tak hanya memuaskan karena kegiatan berjalan dengan baik, namun testimoni yang didapat dari masyarakat juga cukup mengungkapkan bahwa layanan Laok Roma X PT POS sangat berkesan bagi masyarakat Bondowoso. “Harganya murah yaitu dengan membayar dua belas ribu saja sudah sampai di rumah dengan aman dan cepat sampainya. Edukasi dari apotekernya juga mudah dipahami. Sebagai masyarakat, saya sangat terbantu sekali dengan adanya layanan Laok Roma X PT POS ini. Terimakasih banyak RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) beserta PT POS Indonesia.” ujar Ahmalia asal kecamatan Maesan. "Saya harap program layanan Laok Roma X PT POS ini dapat memberikan kemanfaatan yang lebih besar bagi seluruh masyarakat. Monggo bapak ibu sekalian janganlah takut untuk menggunakan layanan ini." ujar Indri Hardini, S.Farm.Apt. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berupaya dan meningkatkan kualitas mutu pelayanannya kepada masyarakat. Terimakasih atas dukungan dan kepercayaannya saat ini dan di masa mendatang. (PKRS/SWILING)
- Meningkatnya Kepercayaan Masyarakat pada Pelayanan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK)
- Pengendalian Infeksi Pada Pelayanan CSSD dan Laundry RSDK
- Yuk Ketahui Kondisi Tubuhmu Dengan MCU Dalam Segmen Sharing Bersama Laboratorium RSDK
- Hebohnya Lomba Yel-Yel Akreditasi
- JJS Di Alun-alun RBA Kironggo, Puncak Perayaan HKN Ke-59 Oleh Insan Kesehatan Kabupaten Bondowoso
- Instalasi Bedah Sentral RSDK Dilengkapi Alat Canggih Serta Tenaga Medis Dan Tenaga Kesehatan Terampi
- Peringati Hari Gizi Nasional, RSDK Adakan Siaran Radio MP-ASI Berkualitas Untuk Generasi Emas
- Hepatitis Akut, Tetap Tenang Tak Perlu Takut!
- Peringati Hari Gizi Nasional, RSDK Adakan Siaran Radio Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial
- Tandatangani Dan Ikrarkan Pakta Integritas, RSDK Mantap Untuk Tunjukkan Netralitas
- Apel Pagi Rutin, RSDK Berkomitmen Berikan Layanan Terbaik Walaupun Liburan Panjang Lebaran Datang
- Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Mudah, Cepat dan Praktis, RSDK Adakan Edukasi Seputar Registrasi mela
- Tekankan Pelaksanakan Etika Pelayanan Dasar, RSDK Siap Berikan Service Excellentnya
- Keberhasilan Pembedahan Appendicitis Menggunakan Bedah Laparoskopi Di RSDK
- Peringati Hari Penyakit Paru Obstruktif Kronik Sedunia, RSDK Adakan Siarin Radio Interaktif
- Apel Pagi Rutin Pertama, RSDK Saling Memaafkan Dalam Indahnya Kebersamaan
- Keberhasilan Tim Laparoskopi RSDK Dalam Pengangkatan Kantong Empedu & Usus Buntu Di Satu Tindakan
- Peringati Hari Anak Balita Nasional, Poli Anak Adakan Edukasi SIngkat Bagikan Balon Serta Susu
- Ujung Tombak Pusat Komunikasi Utama, Front Office RSDK Siap Berikan Layanan Terbaiknya
- Harapkan RSDK Yang Lebih Maju Serta Solidaritas & Keakraban Tetap Terjalin Dengan Indah
- Dikunjungi oleh : 758732 user
- IP address : 3.236.86.184
- OS : Unknown Platform
- Browser :