large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di RSDK
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-10-26 -|- 02:15:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Secara internal upaya yang dilakukan antara lain dengan Quality Improvement atau Peningkatan Mutu (PM), sedangkan salah satu upaya eksternal adalah melalui akreditasi. PM merupakan serangkaian proses berkesinambungan yang dilaksanakan oleh setiap individu atau tim di dalam fasilitas kesehatan dalam melakukan perubahan penyediaan layanan kesehatan untuk menghasilkan keluaran pelayanan yang lebih baik bagi pasien, peningkatan kinerja sistem dan pengembangan profesionalisme.
IHT Komite Mutu 2023 (1)
Mutu pelayanan rumah sakit merupakan derajat kesempurnaan pelayanan rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan standar akreditasi rumah sakit. Agar peningkatan mutu dan keselamatan pasien dapat berjalan baik diperlukan para tenaga kesehatan maupun staf di rumah sakit yang mendorong pelaksanaan program dan budaya mutu dan keselamatan secara proaktif.
IHT Komite Mutu 2023 (2)
Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kompetensi Pengumpul Data PMKP RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso (RSDK) maka dari itu Tim Komite Mutu RSDK mengadakan In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien. IHT ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan klinis, manajemen, dan pemenuhan sasaran keselamatan pasien.
IHT Komite Mutu 2023 (3)
IHT Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 26 Oktober 2023 pukul 07.30 - 12.30 WIB di Aula Puspa Indah RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Peserta pelatihan dihadiri oleh Pengumpul Data PMKP tahun 2023 RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso.
IHT Komite Mutu 2023 (4)
Kegiatan IHT Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dipandu oleh Niken Apriliana, SKM selaku MC dan Farenia Ramadhani, S.KM selaku moderator acara. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars RSDK serta sambutan dari dr. Nurwahyudi, Sp.JP selaku Ketua Komite Mutu dan drg. Rahardja Putranta, MMKes selaku Kabid. Pelayanan Medik. Sebelum kegiatan dimulai, peserta mengisi pre test sebelum materi diberikan dan mengisi post test setelah materi disampaikan.
IHT Komite Mutu 2023 (5)
Pemateri pertama diberikan oleh Sonny Gunawan, S.Kep.Ns.,M.Kep yaitu tentang Pelatihan Pengumpul Data PMKP. Beliau menjelaskan tentang fenomena pengolahan dan pelaporan data peningkatan mutu RS yang terdiri dari kepatuhan pelaporan capaian indikator mutu, metode pengumpulan data, proses validasi data, kualitas data, data representatif, penggunaan data capaian indikator mutu dalam penyelesaian masalah dan langkah perbaikan. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara (terstruktur dan tidak terstruktur), observasi, angket/kuesioner dan studi dokumen. Tujuan dari pengumpulan data yaitu membuktikan kualitas dan mendapatkan informasi yang valid.
IHT Komite Mutu 2023 (6)
Sonny Gunawan, S.Kep.Ns.,M.Kep memaparkan langkah-langkah pengumpulan data, meliputi:



  1. Tentukan informasi yang ingin dikumpulkan

  2. Tetapkan jangka waktu pengumpulan data

  3. Tentukan metode pengumpulan data yang dipakai

  4. Kumpulkan data

  5. Analisis data dan implementasikan hasilnya.


IHT Komite Mutu 2023 (10)
Selain itu Sonny Gunawan, S.Kep.Ns.,M.Kep juga menjelaskan tentang bagaimana menyiapkan instrumen yang handal, kualitas data yang baik, jenis trendline, interpretasi dan analisa data, manfaat analisis data, analisis penyelesaian masalah, hingga siklus PSDA yang terdiri dari Plan, Do, Study, Action.
IHT Komite Mutu 2023 (7)
Pemateri kedua diberikan oleh Novita Sari Eka Diantini, SST yaitu tentang Budaya Keselamatan Pasien. “Dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan mewujudkan rasa aman bagi pasien akan dapat menciptakan kepatuhan pelaporan insiden,” tutur Novita Sari Eka Diantini, SST. Beliau juga menjelaskan tentang system or human error, komponen utama dalam High Reliability Organizations (HRO) yang terdiri dari tiga komponen yaitu kepemimpinan, budaya dan sistem pembelajaran,faktor yang menghambat pelaporan insiden keselamatan pasien seperti adanya hukuman bagi individu yang mengalami kesalahan, budaya keselamatan yang buruk, kurangnya pengetahuan PPA tentang insiden yang perlu dilaporkan, hingga blaming culture. Dalam menutup presentasinya, Novita Sari Eka Diantini, SST menekankan “STOP Blaming Culture and Stop Judging”.
IHT Komite Mutu 2023 (8)



IHT Komite Mutu 2023 (9)Pemateri ketiga diberikan oleh Agung Riyadi, A.Md.Kep yaitu tentang Investigasi Sederhana dan RCA (Root Cause Analysis). Agung Riyadi, A.Md.Kep memaparkan tentang Undang-Undang Republik Indonesia No.1 tahun 2023 tentang Kesehatan dan fakta keselamatan pasien (WHO). “Satu dari sepuluh pasien yang dirawat di Rumah Sakit cidera akibat insiden keselamatan, 50% dapat dicegah,” ucap Agung Riyadi, A.Md.Kep. Beliau juga menjelaskan Insiden Keselamatan Pasien (IKP), sasaran keselamatan pasien, hingga prinsip RCA yang berfokus pada problem solving dalam sistem, bukan pada individu.
IHT Komite Mutu 2023 (11)



IHT Komite Mutu 2023 (12)


Peserta In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien tampak sangat antusias mendengarkan penjelasan dari para pemateri. Narasumber juga memberikan games yang membuat para peserta menjadi semangat dan terhibur. Terdapat pula sesi diskusi dan tanya jawab. Panitia In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien juga memberikan souvenir dan hadiah menarik kepada para peserta yang aktif. (PKRS/FREA)


IHT Komite Mutu (13)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631482 user
  • IP address : 3.144.187.103
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU