
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Secara internal upaya yang dilakukan antara lain dengan Quality Improvement atau Peningkatan Mutu (PM), sedangkan salah satu upaya eksternal adalah melalui akreditasi. PM merupakan serangkaian proses berkesinambungan yang dilaksanakan oleh setiap individu atau tim di dalam fasilitas kesehatan dalam melakukan perubahan penyediaan layanan kesehatan untuk menghasilkan keluaran pelayanan yang lebih baik bagi pasien, peningkatan kinerja sistem dan pengembangan profesionalisme.
Mutu pelayanan rumah sakit merupakan derajat kesempurnaan pelayanan rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan standar akreditasi rumah sakit. Agar peningkatan mutu dan keselamatan pasien dapat berjalan baik diperlukan para tenaga kesehatan maupun staf di rumah sakit yang mendorong pelaksanaan program dan budaya mutu dan keselamatan secara proaktif.
Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kompetensi Pengumpul Data PMKP RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso (RSDK) maka dari itu Tim Komite Mutu RSDK mengadakan In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien. IHT ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan klinis, manajemen, dan pemenuhan sasaran keselamatan pasien.
IHT Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 26 Oktober 2023 pukul 07.30 - 12.30 WIB di Aula Puspa Indah RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso. Peserta pelatihan dihadiri oleh Pengumpul Data PMKP tahun 2023 RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso.
Kegiatan IHT Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dipandu oleh Niken Apriliana, SKM selaku MC dan Farenia Ramadhani, S.KM selaku moderator acara. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars RSDK serta sambutan dari dr. Nurwahyudi, Sp.JP selaku Ketua Komite Mutu dan drg. Rahardja Putranta, MMKes selaku Kabid. Pelayanan Medik. Sebelum kegiatan dimulai, peserta mengisi pre test sebelum materi diberikan dan mengisi post test setelah materi disampaikan.
Pemateri pertama diberikan oleh Sonny Gunawan, S.Kep.Ns.,M.Kep yaitu tentang Pelatihan Pengumpul Data PMKP. Beliau menjelaskan tentang fenomena pengolahan dan pelaporan data peningkatan mutu RS yang terdiri dari kepatuhan pelaporan capaian indikator mutu, metode pengumpulan data, proses validasi data, kualitas data, data representatif, penggunaan data capaian indikator mutu dalam penyelesaian masalah dan langkah perbaikan. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara (terstruktur dan tidak terstruktur), observasi, angket/kuesioner dan studi dokumen. Tujuan dari pengumpulan data yaitu membuktikan kualitas dan mendapatkan informasi yang valid.
Sonny Gunawan, S.Kep.Ns.,M.Kep memaparkan langkah-langkah pengumpulan data, meliputi:
- Tentukan informasi yang ingin dikumpulkan
- Tetapkan jangka waktu pengumpulan data
- Tentukan metode pengumpulan data yang dipakai
- Kumpulkan data
- Analisis data dan implementasikan hasilnya.
Selain itu Sonny Gunawan, S.Kep.Ns.,M.Kep juga menjelaskan tentang bagaimana menyiapkan instrumen yang handal, kualitas data yang baik, jenis trendline, interpretasi dan analisa data, manfaat analisis data, analisis penyelesaian masalah, hingga siklus PSDA yang terdiri dari Plan, Do, Study, Action.
Pemateri kedua diberikan oleh Novita Sari Eka Diantini, SST yaitu tentang Budaya Keselamatan Pasien. “Dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan mewujudkan rasa aman bagi pasien akan dapat menciptakan kepatuhan pelaporan insiden,” tutur Novita Sari Eka Diantini, SST. Beliau juga menjelaskan tentang system or human error, komponen utama dalam High Reliability Organizations (HRO) yang terdiri dari tiga komponen yaitu kepemimpinan, budaya dan sistem pembelajaran,faktor yang menghambat pelaporan insiden keselamatan pasien seperti adanya hukuman bagi individu yang mengalami kesalahan, budaya keselamatan yang buruk, kurangnya pengetahuan PPA tentang insiden yang perlu dilaporkan, hingga blaming culture. Dalam menutup presentasinya, Novita Sari Eka Diantini, SST menekankan “STOP Blaming Culture and Stop Judging”.
Pemateri ketiga diberikan oleh Agung Riyadi, A.Md.Kep yaitu tentang Investigasi Sederhana dan RCA (Root Cause Analysis). Agung Riyadi, A.Md.Kep memaparkan tentang Undang-Undang Republik Indonesia No.1 tahun 2023 tentang Kesehatan dan fakta keselamatan pasien (WHO). “Satu dari sepuluh pasien yang dirawat di Rumah Sakit cidera akibat insiden keselamatan, 50% dapat dicegah,” ucap Agung Riyadi, A.Md.Kep. Beliau juga menjelaskan Insiden Keselamatan Pasien (IKP), sasaran keselamatan pasien, hingga prinsip RCA yang berfokus pada problem solving dalam sistem, bukan pada individu.
Peserta In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien tampak sangat antusias mendengarkan penjelasan dari para pemateri. Narasumber juga memberikan games yang membuat para peserta menjadi semangat dan terhibur. Terdapat pula sesi diskusi dan tanya jawab. Panitia In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien juga memberikan souvenir dan hadiah menarik kepada para peserta yang aktif. (PKRS/FREA)

- Perawatan Luka Optimal Berperan Penting Dalam Proses Penyembuhan Luka & Cegah Terjadinya Infeksi
- Instalasi Dialisis RSDK, Tunjukkan Profesionalitas Dalam Pelayanan Primanya
- Media Informasi Kesehatan TV Instalasi Rawat Jalan Program Baik yang Berguna
- Pahlawan Kemanusiaan Dan Kesehatan Bangsa, Yuk Kenalan Dengan Beberapa Profesi Kesehatan RSDK
- Serah Terima Plakat Paripurna Bintang Lima, Direktur RSDK Ingatkan Akan Peninjauan PPS
- Mobilisasi Dini Pasca Operasi Caesar, Yuk Bantu Ibu Agar Cepat Pulih
- Peringati Hari Kanker Tulang Sedunia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan
- Shooting Pengenalan Layanan Laok Roma X PT POS Berjalan Lancar
- WAKIL BUPATI BONDOWOSO : PEREKRUTAN PEGAWAI DI RSU Dr. H. KOESNADI BEBAS PRAKTEK TITIPAN
- Pengumuman Hasil Test Tulis Perawat dan Bidan
- Tingkatkan Layanan Pendaftaran, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan tentang Cara Registrasi Mobile JKN
- Paviliun Melati Adakan Program Bermain Ramah Anak (PBRA)
- Waspada DBD Pada Anak bersama dr. Adkhiatul Muslihatin.,Sp.A.,M.Ked.Klin. di Radio Mahardhika 91,9 F
- Bimbingan Teknis Pembinaan Kepegawaian Menuju ASN BerAKHLAK
- Indahnya Kebersamaan Serah Terima Sekaligus Perkenalan Kabid Pelayanan Keperawatan & Penunjang RSDK
- Peringati Hari Gizi Nasional, RSDK Adakan Siaran Radio MP-ASI Berkualitas Untuk Generasi Emas
- Ujung Tombak Pusat Komunikasi Utama, Front Office RSDK Siap Berikan Layanan Terbaiknya
- Terjun Langsung Ke Lapangan Pj. Bupati Dan Pj. Sekda Didampingi Langsung Oleh Direktur RSDK
- Sosialisasi Jadwal Pelayanan Poli, Masyarakat Dapatkan Informasi Pelayanan RSDK Dengan Jelas
- Jadwal Poli Rawat Jalan Bulan November 2022
- Dikunjungi oleh : 1013148 user
- IP address : 216.73.216.185
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0