large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Ujung Tombak Pusat Komunikasi Utama, Front Office RSDK Siap Berikan Layanan Terbaiknya
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-03-26 -|- 14:21:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Menurut World Health Organization (WHO) Rumah Sakit (RS) adalah bagian integral dari suatu organisasi social dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat serta juga merupakan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik.  Sedangkan definisi Rumah Sakit (RS) menurut Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009, Rumah Sakit (RS) adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Rumah Sakit (RS) diselenggarakan berasaskan Pancasila dan didasarkan kepada nilai kemanusiaan, etika dan profesionalitas, manfaat, keadilan, persamaan hak dan anti diskriminasi, pemerataan, perlindungan dan keselamatan pasien, serta mempunyai fungsi social. Dalam pasal 4 dan Pasal 5 UU No. 44 Tahun 2009 dijelaskan tentang tugas dan fungsi rumah sakit. Rumah Sakit (RS) mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yaitu pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Untuk menjalankan tugas, Rumah Sakit (RS) mempunyai fungsi:



  1. Penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit;

  2. Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna tingkat kedua dan ketiga sesuai kebutuhan medis;

  3. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan;

  4. Penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan.


 cpfomar24


Jadi dapat disimpulkan bahwa Rumah Sakit (RS) adalah suatu organisasi yang mengelola tenaga medis professional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen, menyelenggarakan pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien.  Kenyataannya masyarakat lebih mengenal Rumah Sakit (RS) sebagai tempat berobat, dengan fenomena pemahaman adalah pada permasalahan kesakitan, sehingga setiap orang akan berpikir mengunjungi Rumah Sakit (RS) berarti orang sakit yang bertujuan untuk berobat, meskipun dalam pengertian yang sesungguhnya Rumah Sakit (RS) memiliki ruang lingkup yang lebih luas dari itu sesuai dengan definisi yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini berarti Rumah Sakit (RS) memiliki proses yang memberikan pelayanan, proses ini biasa disebut sebagai jasa medik, yang berarti ada proses pelayanan profesional di bidang medis, melihat peran Rumah Sakit (RS) ini menunjukkan bahwa betapa penting keberadaan Rumah Sakit (RS) di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam mewujudkan pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal, maka perlu pengelolaan Rumah Sakit (RS) yang dilakukan dengan pola manajemen yang baik, seperti halnya penyediaan informasi yang cepat dan mudah diakses oleh masyarakat. Dalam manajemen Rumah Sakit (RS) modern akses pelayanan kesehatan cepat dan berbasis computer dilakukan sepenuhnya oleh Front Office (FO).


Front Office (FO) merupakan area pelayanan frontline yang melakukan tugas administrasi, seperti pendaftaran pasien, pencatatan data, dan laporan harian jumlah pasien. Seringkali, layanan kantor depan Rumah Sakit (RS) memiliki dampak yang signifikan terhadap efisiensi proses penerimaan dan pendaftaran pasien. Kinerja petugas unit Front Office (FO) sangat penting bagi Rumah Sakit (RS). Hal ini disebabkan oleh Front Office (FO) adalah area kegiatan pelayanan terdepan yang menangani fungsi-fungsi administrasi yang mencakup registrasi, pencatatan, pengarsipan, billing, pelayanan medis, manajemen aset, accounting, keuangan, logistic inventory dan personalia. Pelayanan Front Office (FO) Rumah Sakit (RS) sering mempunyai pengaruh yang besar terhadap aksesibilitas pelayanan kesehatan. Prosedur yang bertele-tele, pelayanan yang lamban, pasien yang tidak diperhatikan, sering membuat pasien mundur ataupun terlambat untuk mendapat pelayanan medis Rumah Sakit (RS).


 cpfomar24a


RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga memiliki Front Office (FO) sebagai representative dalam penyediaan jasa layanan sistem informasi kesehatan terdepan untuk pasien dan keluarga pasien. Front Office (FO) RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memiliki pelayanan yang terstruktur dimulai dari pendaftaran, perawatan yang terdiri dari rawat jalan dan inap, serta prosedur akhir setelah pasien dinyatakan sembuh. Jadi dapat disimpulkan jika Front Office (FO) bertanggung jawab dalam proses pelayanan seorang pasien baik saat proses check-in maupun check-out. Oleh sebab itu Front Office (FO) yang bertugas dalam melayani pasien harus bisa memberikan pelayanan prima kepada pasien dan keluarga pasien dengan baik dan juga mengetahui segala informasi tentang RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Fungsi dan tugas Front Office (FO) RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terdiri atas dua hal utama yaitu penanganan pendaftaran serta Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP). Terkait tugas dan fungsi layanan pendaftaran Front Office (FO) antara lain



  1. Memberikan pelayanan 7S

  2. Mendaftarkan pasien ke buku register dan computer

  3. Mendaftarkan pasien RJ (Rawat Jalan) melalui IGD atau poli

  4. Mendaftarkan pasien RI (Rawat Inap) melalui IGD

  5. Mendaftarkan pasien RI (Rawat Inap) melalui ruangan atau poli

  6. Melengkapi dokumen RM Rawat Inap

  7. Pencetakan SEP dan Rujukan BPJS

  8. Menghubungi atau konfirmasi ruangan mengenai kelas perawatan dan ketersediaan kamar untuk pasien

  9. Update Kamar

  10. Siaran Audio (Code Blue, Code Red, dll)

  11. Menyambungkan telepon keluar atau ke dalam RS

  12. Mencetak kartu berobat

  13. Mencetak label atau identitas pasien beserta Gelang


Untuk tugas dan fungsi Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Front Office (FO) antara lain



  1. Membantu peserta JKN untuk mendaftarkan BPJS bayi baru lahir usia 0-28 hari.

  2. Membantu peserta JKN untuk menambahkan anggota baru anak usia ≤ 1 tahun.

  3. Membantu untuk mendapatkan informasi terkait Premi/Tunggakan BPJS dan pengurusan denda rawat inap.

  4. Membantu peserta JKN untuk melakukan perubahan data baik nama, nik, tanggal lahir, dan alamat.

  5. Membantu peserta JKN untuk mendapatkan informasi terkait reaktivasi Kartu BPJS untuk PNS atau Pensiunan yang dinonaktifkan oleh pusat.

  6. Admin EDABU PEMDA Bondowoso dalam pengajuan Universal Health Coverage (UHC)


 cpfomar24b


“Seperti yang telah diketahui bersama jika kabupaten Bondowoso telah menerima predikat Universal Health Coverage (UHC) sejak tahun 2022 lalu. Dimana 763.819 jiwa atau 95.18 persen masyarakatnya terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total penduduk sebanyak 802.535 jiwa. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga turut mendukung penuh kebijakan ini, salah satu caranya dengan menjadikan Front Office (FO) sebagai Admin EDABU PEMDA Bondowoso dalam pengajuan Universal Health Coverage (UHC). E-Dabu ini merupakan aplikasi online untuk pelaporan penambahan atau pengurangan peserta JKN bagi aparat desa sehingga mereka tidak harus ke Kantor BPJS jika ada perubahan data akan tetapi cukup cukup aksses aplikasi ini melalui ponsel android. Sehingga warga yg belum memiliki JKN bisa diajukan melalui seluruh fasilitas kesehatan, dalam hal ini jika di Rumah Sakit (RS) akan dibantu langsung oleh Front Office (FO). Jangan khawatir seluruh proses ini gratis, dan masyarakat dapat memperoleh hak kesehatannya secara gratis pula tanpa ada biaya apapun untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan.” jelaskan Estu Pratika Sari, SST selaku Supervisor Front Office (FO). (26/03/2024)


Sedangkan tujuan dari adanya Front Office (FO) RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) adalah sebagai berikut



  1. Dapat meningkatkan angka kunjungan pasien sebagai pengunjung dan pengguna layanan kesehatan di Rumah Sakit (RS)

  2. Dapat meningkatkan jumlah pelanggan dalam hal ini yaitu pasien berobat

  3. Dapat memenuhi semua kebutuhan dan kepuasan dari pasien dengan memberikan layanan informasi terbaik

  4. Berusaha untuk membuat citra dari Rumah Sakit (RS) menjadi baik dan positif mengingat Front Office (FO) adalah garda terdepan dan terutama saat pasien sebagai pengunjung mendatangi Rumah Sakit (RS)


 cpfomar24c


Instalasi Front Office (FO) RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) siap memberikan layanan terbaiknya dibawah komando langsung dari Estu Pratika Sari, SST selaku Supervisor Front Office (FO) bersama 16 orang lainnya yaitu



  1. Merda Frastika Yuliansyah,A.Md.Keb.

  2. Kartika Putri Lestari Ediana,S.ST

  3. Iis Tiawati, A.Md. Keb

  4. Achmad Syamsul Arifin,A.Md.RMIK

  5. Nury Frantini S, S.Kep.,Ns.

  6. Sinta Kartika Dewi, A.Md.Keb.

  7. Putri Istik Lailiyah, SKM

  8. Agus Tri Cahyono, A.Md. Kep.

  9. Yeni Susanti, A.Md. Keb.

  10. Dwi Ajeng Aprilya, SKM

  11. Dian Yulianita,S.Si

  12. Dwi Riska Rachmawati, S.Tr.Kes.

  13. Meisty Yolanda Wijayanti, S.Tr.Kes.

  14. Nuraini Wulandari, S. Tr.Kes

  15. Nabela Putri Mutiarasari, A.Md.Kes serta

  16. Safira Nur Fauziyah, A.Md, RMIK


 cpfomar24d


Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di instalasi Front Office (FO). Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Jayalah selalu instalasi Front Office (FO), berikanlah kasih sayang dalam ketulusan pelayananmu sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat tercipta secara prima dan maksimal di wilayah kabupaten Bondowoso dan sekitarnya. Salam Sehat. (PKRS/SWILING).

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 632143 user
  • IP address : 3.16.70.101
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU