large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Peringati Hari Ginjal Sedunia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Yuk Kenali Gagal Ginjal Kronis
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-03-01 -|- 03:03:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Hari Ginjal Sedunia diperingati setiap tahunnya pada hari Kamis minggu kedua di bulan Maret, dimana pada tahun 2023 ini jatuh pada tanggal 9 Maret. Tujuan perayaannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ginjal bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan untuk mengurangi frekuensi dan dampak penyakit ginjal serta masalah kesehatan terkaitnya di seluruh dunia (mediablitar.pikiran-rakyat.com). Diketahui bahwa penyakit ginjal mengalami peningkatan di Indonesia, baik pada angka kesakitan maupun angka kematian akibat penyakit ginjal. Sebagai salah satu penyakit yang masuk ke dalam kategori penyakit katastropik, penyakit ginjal menjadi salah satu penyakit yang membutuhkan biaya perawatan yang tinggi terutama untuk biaya pengobatan di Rumah Sakit (RS), biaya dokter dan obat-obatan; serta yang paling penting, efek dari penyakitnya dapat membuat penderita kehilangan kemampuannya dalam bekerja dan mengakibatkan penderita kesulitan dalam keuangannya (indonesiare.co.id). 


peny Instalasi Hemodialisa23
Tema Hari Ginjal Sedunia 2023 tahun ini adalah 'Kesehatan Ginjal untuk Semua – Mempersiapkan yang tak terduga, mendukung yang rentan!' Untuk memastikan kesiapsiagaan dan menunjukkan dukungan, ISN (International Society of Nephrology) mendorong semua orang untuk bergabung dalam meningkatkan kesadaran akan dampak bencana terhadap orang yang hidup dengan penyakit ginjal (mediablitar.pikiran-rakyat.com). RSUD dr. H. Koesnadi memiliki cara tersendiri dalam mendukung para penderita penyakit ginjal dengan melakukan beberapa kegiatan penting seperti penyuluhan kelompok rutin dan juga edukasi kesehatan eksternal berbasis Car Free Day (CFD) bersama instalasi Hemodialisa. 


peny Instalasi Hemodialisa23a
Penyuluhan kelompok rutin kali ini diadakan pada hari Rabu tanggal 1 Maret 2023 pukul 11.00-12.00 WIB di ruang tunggu Instalasi Hemodialisa. Petugas pemberi edukasi profesional yang bertugas kali ini adalah Elvatir Nusri Nur, S.Kep.Ns. selaku perawat dari Instalasi Hemodialisa yang didampingi langsung oleh Syaiful Anwar, S. Kep.Ns. selaku Kaur Instalasi Hemodialisa. Tema edukasi yang dipilih adalah Yuk Kenali Gagal Ginjal kronis. "Gagal ginjal kronis adalah kondisi jangka panjang dan bertahap dimana ginjal tidak berfungsi secara normal untuk menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum diteruskan untuk dibuang lewat air kencing." jelaskan Elvatir Nusri Nur, S.Kep.Ns. Beliau juga menjelaskan bahwa gejala gagal ginjal kronis sangatlah beragam, namun umumnya penderita akan mengalami hal-hal berikut ini:



  1. Akibat penumpukan zat-zat sampah akan menyebabkan mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, sulit berkonsentrasi, kulit gatal, lemah letih lesu (3L), tekanan darah tidak terkontrol, nyeri di pinggang bagian bawah yang menjalar ke perut bawah

  2. Akibat penumpukan cairan berlebih akan menyebabkan sesak nafas dan kebengkakan


peny Instalasi Hemodialisa23b
"Selain gejala dari penyakit gagal ginjal kronis, yang penting untuk diketahui selanjutnya adalah penyebab dari penyakit ini. Penyebab penyakit gagal ginjal kronis adalah gula darah tinggi, batu saluran kencing, asam urat, tekanan darah tinggi, sering menahan kencing, kurang minum air putih, terlalu sering konsumsi obat anti nyeri, serta sering konsumsi makanan junkfood." tambah Elvatir Nusri Nur, S.Kep.Ns. Pencegahan tentunya lebih murah daripada pengobatan penyakit katastropi terkhususkan penyakit gagal ginjal kronis. Yang dapat kita lakukan antara lain mengkonsumsi makanan berimbang, olahraga teratur, minum air putih 2 liter per hari, jangan menahan kencing, mengkonsumsi obat nyeri sesuai anjuran dokter, menghindari rokok dan alkohol serta secara rutin memeriksakan kesehatan diri. 


peny Instalasi Hemodialisa23c
Lalu jika sudah menderita penyakit gagal ginjal kronis, apa yang harus dilakukan. Tak lain tentunya harus sering kontrol diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Syaiful Anwar, S. Kep.Ns. menjelaskan bahwa RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso telah memiliki Instalasi Hemodialisa dengan mesin-mesin menggunakan dialisat bikarbonat serta didukung oleh tenaga medis maupun tenaga kesehatan profesional didalamnya. "harapan kami semoga Instalasi Hemodialisa ini dapat menjadi salah satu solusi dalam menyelamatkan jiwa seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis, terkhususkan di kabupaten Bondowoso dan sekitarnya." 


peny Instalasi Hemodialisa23d
Kegiatan penyuluhan ataupun edukasi kesehatan kali ini berjalan lancar dan diakhiri dengan pembagian souvenir cantik. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu ibu Nindy, bapak Zainudin serta ibu Nuraini. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Jangan lupa, pelayanan Instalasi Hemodialisa RSDK kami akan membantu sekuat tenaga dan setulus hati setiap hari Senin hingga Sabtu. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 622909 user
  • IP address : 3.145.52.86
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU