large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Paviliun Melati Siap Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik Semurni Sosok Ibu Dalam Membesarkan Anaknya
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-12-08 -|- 02:40:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Siapa yang tak kenal dengan bunga Melati? Bunga yang berasal dari Himalaya dan Tiongkok ini memiliki lebih dari 200 species dengan keanekaragaman karakteristik dan warnanya. Salah satu jenis yang digemari oleh masyarakat Indonesia adalah berwarna putih dengan aroma harum, manis dan semerbak. Merekah sempurna di malam hari, bunga Melati melekat terhadap berbagai tradisi penting dikarenakan melambangkan kesucian, keberuntungan, kecantikan dan keindahan. Tak hanya itu, penampilan lembut bunga Melati, memberikan kesan kemurnian layaknya sosok perjuangan seorang ibu yang penuh akan jasa dalam membesarkan anaknya. Oleh karena itu bunga Melati dapat dengan mudah ditemukan di pekarangan rumah ataupun perkebunan masyarakat. Selain berfungsi sebagai bunga hias, bunga Melatipun kaya akan manfaat untuk kesehatan.


 pav melati des23


Kesucian dan kemurnian dari penggambaran bunga Melati tergambarkan dengan nyata pada jati diri paviliun Melati di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Mengapa demikian, berikut adalah penjelasannya. Paviliun Melati merupakan salah satu pemberi layanan kesehatan di bidang pelayanan anak dimana terdapat penyediaan pelayanan untuk bayi dan anak sakit yang merupakan bagian dari sistem rujukan dalam pelayanan kegawat-daruratan anak di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Berfokus dalam melayani bayi dan anak sepenuh serta setulus hati, paviliun Melati selalu berbenah dan sigap memberikan service excellent nya di bawah komando dr. Fiqi Isnaini Nurul Hikmah, Sp.A selaku Kelompok Staf Medis (KSM) beserta Fetty Fatkhiyah,SST MSi. selaku selaku Kepala Paviliun yang notabene juga merupakan Perawat Ahli Madya profesi bersama 19 tenaga perawat profesional lainnya. Selain tenaga perawat profesional, terdapat pula tenaga profesional lain yang siap memberikan pelayanan terbaiknya seperti tenaga medis seperti Dokter Spesialis Anak; tenaga kesehatan lainnya seperti apoteker serta nutrisionist.



  1. Beragam latar belakang pemberi layanan ini tergambarkan dari berbagai macam warna yang dimiliki oleh bunga Melati. Bunga Melati memiliki beragam warna yaitu putih, kuning, merah muda dan biru.

  2. Pemberian layanan terbaik hingga pasien merasakan kepuasan pelayanan tergambarkan dari aroma mewangi nan manis semerbak yang dimiliki oleh bunga Melati.

  3. Pemberian edukasi dan informasi, inovasi layanan program hingga pemberian pelayanan terbaik diberikan secara paripurna dengan tujuan menebarkan kemanfaatan tinggi kepada masyarakat selayaknya bunga Melati yang kaya akan kemanfaatan.


 pav melati des23b


pav melati des23c


Paviliun Melati telah mengalami beberapa pergantian kepemimpinan dimulai dari ibu Yuni, bapak Nardi hingga ibu Fetty Fatkhiyah,SST. MSi. selalu konsisten menjadi salah satu pelayanan yang mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat. Salah satu kunci keberhasilannya adalah penyediaan prasarana, sarana dan manajemen yang handal. Berujung pada visi utama Mewujudkan Kesehatan Anak Dengan Tumbuh Kembang Optimal Berprinsip Pada Family Center Care (FCC). “FCC Family Center Care adalah perawatan yang berpusat pada keluarga, pendekatan kemitraan untuk pengambilan keputusan dalam perawatan, keluarga masuk dalam tim dan sifatnya kolaborasi. Caranya dengan melaksanakan beberapa hal diantaranya meningkatnya pengetahuan keluarga tentang perawatan anak, memberikan perawatan asuhan keperawatan dengan antraumatic care, melakukan screening perkembangan pada anak serta menciptakan suasana lingkungan ruang keperawatan yang aman dan nyaman bagi anak.” jelaskan Fetty Fatkhiyah,SST. MSi.


 pav melati des23d


Sebagai pemberi layanan prima pada bayi dan anak, paviliun Melati memiliki beberapa ruang perawatan utama yaitu:



  1. Ruang Perawatan Kelas 1 dengan total bed 5 dilengkapi dengan fasilitas bed elektrik, kamar mandi dalam ruangan, TV, AC, kursi penunggu, lemari, standar infus, jemuran handuk, O2 central, serta lampu tidur

  2. Ruang Perawatan Kelas 2 dengan total bed 8 dilengkapi fasilitas bed, kipas angin, lemari baju, standar infus, O2 central, rak jemur handuk, kamar mandi dalam ruangan, kursi tunggu, tirai pembatas serta lampu tidur. Perlu diketahui bahwa terkhususkan ruang perawatan kelas 2, satu kamarnya terdiri atas 2 orang.

  3. Ruang Perawatan Kelas 3 dengan total bed 12 bed dilengkapi fasilitas bed, standar infus, O2 central, lemari pakaian, tirai pembatas, AC serta kamar mandi bersama

  4. Ruang High Care Unit (HCU) dengan total 3 bed pada satu ruangan dilengkapi fasilitas bed, monitor, lemari baju, kursi tunggu, serta tirai pembatas

  5. Ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) dengan total 3 bed pada satu ruangan dilengkapi fasilitas bed, AC, kamar mandi dalam serta nurse station. Tak lupa juga dilengkapi dengan alat-alat yang cukup lengkap diantaranya ventilator, continuous positive airway pressure (CPAP), bed monitor, syringe pump, infus pump, section, video laringoskop, troli emergency, serta defibrilator.

  6. Ruang Isolasi dengan total 2 bed yaitu ruangan khusus untuk menangani pasien dengan penyakit infeksi agar terpisah dari pasien lainnya.


 pav melati des23e


Tak hanya itu, Fetty Fatkhiyah,SST MSi juga menambahkan jika fasilitas tambahan lain yang ada di paviliun Melati adalah taman bermain dan pojok baca yang berlokasi di depan pintu masuk ruang perawatan Kelas 3 paviliun Melati. Fasilitas yang tersedia antara lain, berbagai macam buku bacaan edukasi anak, papan perosotan mini, mobil-mobilan mini, serta berbagai macam mainan anak lainnya. Tak ayal fasilitas ini menjadi tempat favorit pasien dan juga keluarga pasien. "Saya senang dengan adanya taman bermain ini. Anak saya Farel jadi betah karena aktif bermain. Padahal awal dulu tidak betah sama sekali." ujar Ibu Isni (24 tahun) asal Kajar. Diketahui saat ini merupakan kunjungan kedua perawatan Muhammad Farel AJ (2 tahun) di Paviliun Melati. Pernyataan ini serupa dengan pengakuan dari Ibu Titin (50 tahun) asal Mangli, Pujer. "Ini rekreasi sambil berobat. Saya senang Queen bisa belajar dan bermain walaupun sedang dirawat."


 pav melati des23f


“Sarana ini kami buat bertujuan untuk mengurangi stres hospitalisasi, hiburan bagi anak saat sakit, serta menambah pengetahuan anak dengan bacaan dan ilmu edukatif. Semoga paviliun Melati dapat terus memberikan kemanfaatan dan keceriaan untuk setiap anak dan bayi yang memerlukan perawatan ataupun pelayanan kesehatan.” jelaskan Fetty Fatkhiyah,SST. MSi. Pelayanan prima yang diberikan oleh paviliun Melati tampaknya mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat, hal ini dibuktikan dari angka kunjungan pasien yang terus meningkat. Pada bulan Mei hingga November 2023, diketahui total kunjungan berada pada angka 1.132 kunjungan. Saat ditanya mengenai jenis penyakit yang sering ditangani, Fetty Fatkhiyah,SST MSi. kembali menjelaskan bahwa penyakit Diare menjadi penyakit urutan tertinggi yang sering ditangani, setelah itu dilanjutkan dengan Pneumonia, Dengue Fever, Typhoid Fever serta Febris.


pav melati des23a


“Kami akan terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Tentu saja dengan arahan dan bimbingan langsung dari Dokter Penanggung Jawab profesional yang merupakan Dokter Spesialis Anak seperti dr. Rhefki, Sp.A, M.BIOMED, dr. Adkhiatul Muslihatin, Sp. A.M.Ked.Klin dan dr. Fiqi Isnaini Nurul Hikmah, Sp.A. Tak lupa bersama tenaga kesehatan lainnya juga akan terus bekerjasama menangani seluruh anak dan bayi yang membutuhkan layanan kesehatan di paviliun Melati.” ujar Nabilla Nurvitri F. Amd.Kep. selaku perawat pelaksana. Beliau juga menyebutkan bahwa siap memberikan pelayanan dan pengabdian di bidang kesehatan dengan sosok kemurnian seorang ibu sesuai makna yang terkandung dalam bunga Melati.  Selain Nabilla Nurvitri F. Amd.Kep, juga terdapat beberapa tenaga kesehatan profesional lainnya, meliputi:



  1. Fetty Fatkhiyah,SST. MSi.

  2. Debora Indiastuti, S.Kep.Ns

  3. Dewi Catur, Amd.Kep

  4. Risqi Amalia P, S.Kep.Ns

  5. Ringga Aditya Dewi, Amd.Kep

  6. Lilik Okta W, Amd.Kep

  7. Diah Dwi N, Amd.Kep

  8. Vica Ayusari P. Amd.Kep

  9. Nabilla Nurvitri F, Amd.Kep

  10. Angga Juniantoro, S.Kep.Ners

  11. A’an Diyah P, S.Kep.Ns

  12. Gilang Ramadhan, S.Kep.,Ners

  13. Robbi Hoiri S. Amd.Kep.

  14. Feberilia S, Amd.Kep

  15. Miftahul Arifin, S.Kep.,Ners

  16. Tri Yuni, Amd.Kep

  17. Anas Fathoni, Amd.Kep

  18. Martiana K.W. S.Kep.Ns

  19. Fety Dwi Indahwati, S.Kep

  20. Enggar Dwi Widiana, S.Pd.


 pav melati des23g


Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di paviliun Melati. Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doanya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Semoga dengan adanya sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631971 user
  • IP address : 3.143.228.40
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU