dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
RSDK hari ini. Siapa yang tak kenal dengan bunga Melati? Bunga yang berasal dari Himalaya dan Tiongkok ini memiliki lebih dari 200 species dengan keanekaragaman karakteristik dan warnanya. Salah satu jenis yang digemari oleh masyarakat Indonesia adalah berwarna putih dengan aroma harum, manis dan semerbak. Merekah sempurna di malam hari, bunga Melati melekat terhadap berbagai tradisi penting dikarenakan melambangkan kesucian, keberuntungan, kecantikan dan keindahan. Tak hanya itu, penampilan lembut bunga Melati, memberikan kesan kemurnian layaknya sosok perjuangan seorang ibu yang penuh akan jasa dalam membesarkan anaknya. Oleh karena itu bunga Melati dapat dengan mudah ditemukan di pekarangan rumah ataupun perkebunan masyarakat. Selain berfungsi sebagai bunga hias, bunga Melatipun kaya akan manfaat untuk kesehatan.
Kesucian dan kemurnian dari penggambaran bunga Melati tergambarkan dengan nyata pada jati diri paviliun Melati di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Mengapa demikian, berikut adalah penjelasannya. Paviliun Melati merupakan salah satu pemberi layanan kesehatan di bidang pelayanan anak dimana terdapat penyediaan pelayanan untuk bayi dan anak sakit yang merupakan bagian dari sistem rujukan dalam pelayanan kegawat-daruratan anak di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Berfokus dalam melayani bayi dan anak sepenuh serta setulus hati, paviliun Melati selalu berbenah dan sigap memberikan service excellent nya di bawah komando dr. Fiqi Isnaini Nurul Hikmah, Sp.A selaku Kelompok Staf Medis (KSM) beserta Fetty Fatkhiyah,SST MSi. selaku selaku Kepala Paviliun yang notabene juga merupakan Perawat Ahli Madya profesi bersama 19 tenaga perawat profesional lainnya. Selain tenaga perawat profesional, terdapat pula tenaga profesional lain yang siap memberikan pelayanan terbaiknya seperti tenaga medis seperti Dokter Spesialis Anak; tenaga kesehatan lainnya seperti apoteker serta nutrisionist.
- Beragam latar belakang pemberi layanan ini tergambarkan dari berbagai macam warna yang dimiliki oleh bunga Melati. Bunga Melati memiliki beragam warna yaitu putih, kuning, merah muda dan biru.
- Pemberian layanan terbaik hingga pasien merasakan kepuasan pelayanan tergambarkan dari aroma mewangi nan manis semerbak yang dimiliki oleh bunga Melati.
- Pemberian edukasi dan informasi, inovasi layanan program hingga pemberian pelayanan terbaik diberikan secara paripurna dengan tujuan menebarkan kemanfaatan tinggi kepada masyarakat selayaknya bunga Melati yang kaya akan kemanfaatan.
Paviliun Melati telah mengalami beberapa pergantian kepemimpinan dimulai dari ibu Yuni, bapak Nardi hingga ibu Fetty Fatkhiyah,SST. MSi. selalu konsisten menjadi salah satu pelayanan yang mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat. Salah satu kunci keberhasilannya adalah penyediaan prasarana, sarana dan manajemen yang handal. Berujung pada visi utama Mewujudkan Kesehatan Anak Dengan Tumbuh Kembang Optimal Berprinsip Pada Family Center Care (FCC). “FCC Family Center Care adalah perawatan yang berpusat pada keluarga, pendekatan kemitraan untuk pengambilan keputusan dalam perawatan, keluarga masuk dalam tim dan sifatnya kolaborasi. Caranya dengan melaksanakan beberapa hal diantaranya meningkatnya pengetahuan keluarga tentang perawatan anak, memberikan perawatan asuhan keperawatan dengan antraumatic care, melakukan screening perkembangan pada anak serta menciptakan suasana lingkungan ruang keperawatan yang aman dan nyaman bagi anak.” jelaskan Fetty Fatkhiyah,SST. MSi.
Sebagai pemberi layanan prima pada bayi dan anak, paviliun Melati memiliki beberapa ruang perawatan utama yaitu:
- Ruang Perawatan Kelas 1 dengan total bed 5 dilengkapi dengan fasilitas bed elektrik, kamar mandi dalam ruangan, TV, AC, kursi penunggu, lemari, standar infus, jemuran handuk, O2 central, serta lampu tidur
- Ruang Perawatan Kelas 2 dengan total bed 8 dilengkapi fasilitas bed, kipas angin, lemari baju, standar infus, O2 central, rak jemur handuk, kamar mandi dalam ruangan, kursi tunggu, tirai pembatas serta lampu tidur. Perlu diketahui bahwa terkhususkan ruang perawatan kelas 2, satu kamarnya terdiri atas 2 orang.
- Ruang Perawatan Kelas 3 dengan total bed 12 bed dilengkapi fasilitas bed, standar infus, O2 central, lemari pakaian, tirai pembatas, AC serta kamar mandi bersama
- Ruang High Care Unit (HCU) dengan total 3 bed pada satu ruangan dilengkapi fasilitas bed, monitor, lemari baju, kursi tunggu, serta tirai pembatas
- Ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) dengan total 3 bed pada satu ruangan dilengkapi fasilitas bed, AC, kamar mandi dalam serta nurse station. Tak lupa juga dilengkapi dengan alat-alat yang cukup lengkap diantaranya ventilator, continuous positive airway pressure (CPAP), bed monitor, syringe pump, infus pump, section, video laringoskop, troli emergency, serta defibrilator.
- Ruang Isolasi dengan total 2 bed yaitu ruangan khusus untuk menangani pasien dengan penyakit infeksi agar terpisah dari pasien lainnya.
Tak hanya itu, Fetty Fatkhiyah,SST MSi juga menambahkan jika fasilitas tambahan lain yang ada di paviliun Melati adalah taman bermain dan pojok baca yang berlokasi di depan pintu masuk ruang perawatan Kelas 3 paviliun Melati. Fasilitas yang tersedia antara lain, berbagai macam buku bacaan edukasi anak, papan perosotan mini, mobil-mobilan mini, serta berbagai macam mainan anak lainnya. Tak ayal fasilitas ini menjadi tempat favorit pasien dan juga keluarga pasien. "Saya senang dengan adanya taman bermain ini. Anak saya Farel jadi betah karena aktif bermain. Padahal awal dulu tidak betah sama sekali." ujar Ibu Isni (24 tahun) asal Kajar. Diketahui saat ini merupakan kunjungan kedua perawatan Muhammad Farel AJ (2 tahun) di Paviliun Melati. Pernyataan ini serupa dengan pengakuan dari Ibu Titin (50 tahun) asal Mangli, Pujer. "Ini rekreasi sambil berobat. Saya senang Queen bisa belajar dan bermain walaupun sedang dirawat."
“Sarana ini kami buat bertujuan untuk mengurangi stres hospitalisasi, hiburan bagi anak saat sakit, serta menambah pengetahuan anak dengan bacaan dan ilmu edukatif. Semoga paviliun Melati dapat terus memberikan kemanfaatan dan keceriaan untuk setiap anak dan bayi yang memerlukan perawatan ataupun pelayanan kesehatan.” jelaskan Fetty Fatkhiyah,SST. MSi. Pelayanan prima yang diberikan oleh paviliun Melati tampaknya mendapatkan ruang tersendiri di hati masyarakat, hal ini dibuktikan dari angka kunjungan pasien yang terus meningkat. Pada bulan Mei hingga November 2023, diketahui total kunjungan berada pada angka 1.132 kunjungan. Saat ditanya mengenai jenis penyakit yang sering ditangani, Fetty Fatkhiyah,SST MSi. kembali menjelaskan bahwa penyakit Diare menjadi penyakit urutan tertinggi yang sering ditangani, setelah itu dilanjutkan dengan Pneumonia, Dengue Fever, Typhoid Fever serta Febris.
“Kami akan terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Tentu saja dengan arahan dan bimbingan langsung dari Dokter Penanggung Jawab profesional yang merupakan Dokter Spesialis Anak seperti dr. Rhefki, Sp.A, M.BIOMED, dr. Adkhiatul Muslihatin, Sp. A.M.Ked.Klin dan dr. Fiqi Isnaini Nurul Hikmah, Sp.A. Tak lupa bersama tenaga kesehatan lainnya juga akan terus bekerjasama menangani seluruh anak dan bayi yang membutuhkan layanan kesehatan di paviliun Melati.” ujar Nabilla Nurvitri F. Amd.Kep. selaku perawat pelaksana. Beliau juga menyebutkan bahwa siap memberikan pelayanan dan pengabdian di bidang kesehatan dengan sosok kemurnian seorang ibu sesuai makna yang terkandung dalam bunga Melati. Selain Nabilla Nurvitri F. Amd.Kep, juga terdapat beberapa tenaga kesehatan profesional lainnya, meliputi:
- Fetty Fatkhiyah,SST. MSi.
- Debora Indiastuti, S.Kep.Ns
- Dewi Catur, Amd.Kep
- Risqi Amalia P, S.Kep.Ns
- Ringga Aditya Dewi, Amd.Kep
- Lilik Okta W, Amd.Kep
- Diah Dwi N, Amd.Kep
- Vica Ayusari P. Amd.Kep
- Nabilla Nurvitri F, Amd.Kep
- Angga Juniantoro, S.Kep.Ners
- A’an Diyah P, S.Kep.Ns
- Gilang Ramadhan, S.Kep.,Ners
- Robbi Hoiri S. Amd.Kep.
- Feberilia S, Amd.Kep
- Miftahul Arifin, S.Kep.,Ners
- Tri Yuni, Amd.Kep
- Anas Fathoni, Amd.Kep
- Martiana K.W. S.Kep.Ns
- Fety Dwi Indahwati, S.Kep
- Enggar Dwi Widiana, S.Pd.
Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di paviliun Melati. Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doanya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Semoga dengan adanya sosialisasi pelayanan kesehatan rujukan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)
- Pengumumuan Kelulusan Rekrutmen TENAGA COVID 19
- Meraih Gelar Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional, RSDK Patut Berbangga.
- Cinta Budaya Nusantara, RSDK Berdinas Dengan Mengenakan Baju Adat Nasional
- Semangat 45 Bulan Agustus, Pelayanan RSDK Harus Lebih Baik Dari Sebelumnya
- Sosialisasi Digitalisasi Pembayaran Dan Penerimaan Pendapatan Guna Dukung Percepatan ETPD
- Tandatangani Dan Ikrarkan Pakta Integritas, RSDK Mantap Untuk Tunjukkan Netralitas
- RSDK Sekilas Info, Poli Rawat Jalan Tutup 8-15 April Dan Kembali Buka Kembali 16 April 2024
- Tim Volley Putri RSDK Dapatkan Juara 4 Se-OPD Bondowoso
- Terimakasih Kepada Para Mudhahhy Idul Adha
- Kembali Menoreh Prestasi, Perawat Paviliun Seroja Membawa Pulang Piagam "Juara II Lomba Video HKJS23
- Laboratorium Patologi Anatomi RSDK, Siap Menunjang Upaya Kesehatan, Pencegahan Dan Pengobatan Pasien
- Pengumuman Lomba Penerapan 5R Terbaik di RSDK
- Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi
- Tingkatkan Pengetahuan, RSDK Adakan Anjungan Transfer Pengetahuan
- Peringati Hari Ginjal Sedunia, RSDK Adakan Edukasi Pencegahan Penyakit Ginjal Di Radio Mahardhika
- RSDK Adakan Seminar Gratis 3 SKP IDI
- Kenali Penyakit Kanker Payudara bersama dr. Siti Kharidah, Sp.PA
- Kotak Saran RSDK, Fasilitas Layanan Terpadu Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Publik
- Pelaksanaan koreksi Tes Tulis
- Pengumuman Hasil Test Tulis dan Skill Test 2017
- Dikunjungi oleh : 735037 user
- IP address : 44.222.82.133
- OS : Unknown Platform
- Browser :