large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Hebatnya Tenakes Kabupaten Bondowoso, Unjuk Bakat Dengan Adakan Lomba Karaoke
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-11-30 -|- 08:58:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 di wilayah kabupaten Bondowoso terasa lebih meriah dan semarak atas diadakannya beberapa perlombaan. Setelah sebelumnya diadakan lomba tarik tambang pada tanggal 28 November 2023, maka pada hari Rabu tanggal 29 November 2023 dilanjutkan dengan lomba karaoke yang diadakan di aula Puspa Indah RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) pukul 08.00 – 15.00 WIB. Lomba karaoke kali ini diikuti oleh 42 orang peserta sebagai perwakilan dari institusi penyedia layanan kesehatan serta institusi pendidikan kesehatan. Bertindak selaku pembuka acara yaitu Pasidi Shidiq, S.Kep.,Ns.,M.Kes. selaku ketua kegiatan perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59.


 karaoke hkn59 nov23


“Dunia tanpa musik akan hampa, sunyi serta sepi. Adanya lomba karaoke hari ini diharapkan dapat mewarnai dan menghibur diri sendiri ataupun kita semua. Tak lupa saya sampaikan terimakasih kepada Rumah Sakit dan Puskesmas atas partisipasi dan apresiasinya yang sangat tinggi dalam mengikuti lomba dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59.” jelaskan Pasidi Shidiq, S.Kep.,Ns.,M.Kes. Hal yang sama juga dinyatakan oleh Dwi Hernanto, Amd.KL selaku ketua kegiatan lomba karaoke. Beliau menyatakan rasa senangnya atas apresiasi seluruh instansi dan akademis yang telah bersedia mengirimkan perwakilannya. “Alhamdulillah saya acungi jempol kepada seluruh peserta sebagai perwakilan instansinya. Saya harap seluruh pihak yang hadir, baik peserta ataupun suporter dapat merasakan kegembiraan dan sedikit memberi efek refreshing dari sibuk dan hiruk pikuknya kegiatan pelayanan kesehatan.” ungkapnya.


karaoke hkn59 nov23a


karaoke hkn59 nov23b
Karaoke berasal dari kata majemuk: "kara" (空) yang berarti "kosong" (seperti dalam karate) dan "oke" yang merupakan bentuk pendek dari "orkestra". Karaoke (dari bahasa Jepang) adalah sebuah bentuk hiburan di mana seseorang menyanyi diiringi dengan musik dan teks lirik yang ditunjukkan pada sebuah layar televisi (wikipedia.org). Sebagai salah satu kebudayaan populer asal kota Kobe negara Jepang, saat ini karaoke mengalami pergeseran, tidak perlu ditunjukkan dalam layar televisi, namun tetap dilakukan pada gedung atau ruangan khusus untuk bernyanyi karaoke. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, berkaraoke juga berguna untuk kesehatan fisik. Kesehatan mental berkaitan dengan pemberi efek mengurangi stress; membantu meluapkan perasaan dan emosi; meningkatkan kepercayaan diri dan sosialisasi; memproduksi hormon bahagia, serta anti depresi alami. Sedangkan untuk kesehatan fisik berkaitan dengan fungsi menyehatkan jantung; menstimulasi otak dengan baik dan meningkatkan memori; menguatkan pita suara; menyehatkan paru-paru dan menjaga sistem pernafasan; serta meningkatkan sistem imun tubuh.


 karaoke hkn59 nov23c


Hal yang sama juga dijelaskan oleh ibu Amalia Hikmah selaku judges atau juri. Beliau menyampaikan bahwa dengan karaoke yang menggunakan teknik akan dilatih organ pernafasan tubuh terutama paru-paru. “Saat melakukan karaoke, secara tidak sadar juga akan melatih pernapasan. Sebab, saat karaoke harus menarik napas dalam dan mengeluarkannya secara perlahan pada saat bernyanyi, kemudian menarik napas kembali untuk bisa mengucapkan lirik lagu berikutnya. Oleh karenanya dalam karaoke akan terjadi peningkatan kekuatan, ketahanan, kontrol, dan kapasitas pernafasannya.” jelasnya. Tak lupa beliau juga menyampaikan bahwa dalam penilaian lomba karaoke kali ini terdapat empat kategori penilaian seperti materi vokal, teknik, pembawaan serta penampilan. Berikut adalah penjelasannya.



  1. Materi vokal adalah bentuk pengucapan suara yang biasanya memuat beberapa kata didalamnya atau alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia. Biasanya ditentukan dengan keserasian dalam penentuan jenis lagu dengan warna vokal suara.

  2. Tenik vokal adalah cara yang digunakan seseorang agar bisa memproduksi suara yang baik dan efisien.Terdapat beberapa teknik agar menghasilkan suara yang lebih jelas, lebih indah, lebih merdu, dan tentu saja lebih nyaring. Diantaranya adalah Artikulasi, Pernapasan, Sikap Badan, Resonansi, Improvisasi, Intonasi, Vibrato serta Phrasering.

  3. Pembawaan adalah kemampuan penyanyi menyesuaikan dengan isi dan jiwa lagu yang hendak ditampilkan komponis. Pembawaan atau penjiwaan ini sangat begitu penting dalam bernyanyi, karena bernyanyi bukan hanya membunyikan nada-nada dengan lirik-lirik tertentu setiap lagunya.

  4. Penampilan adalan tampilan secara visual saat bernyanyi serta


 karaoke hkn59 nov23d


karaoke hkn59 nov23e


Bapak Iswanto, S.Pd selaku ketua dewan juri pun menambahkan bahwa hal terpenting dalam lomba karaoke yaitu pandangan pertama dari penampilan serta pandangan kedua dari pendengaran suara. “Hari ini kami dibuat terpesona oleh irama dan nada yang dibawakan oleh seluruh peserta. Banyak yang memiliki bakat terpendam dengan teknik yang apik di dunia kesehatan kabupaten Bondowoso. Jujur kami kewalahan dalam menentukan pemenangnya.” ungkapnya. Lalu bagaimana jalan keluar dari permasalahan ini. Bapak Robi Candra selaku dewan juripun menjelaskan bahwa kesalahan-kesalahan kecil yang telah dicatat dalam lembar penilaian menjadi penentu akhir. “Ketika penggunaan materi vokal serta teknik sudah baik. Maka kami menunggu kekeliruan apa yang dilakukan oleh peserta. Ketika skoring akhir terdapat nilai yang sama maka jumlah kekeliruan ini menjadi penentu untuk dilakukan pengurangan nilai. Beberapa hal kecil yang dilakukan antara lain artikulasi menyanyi, hafal lirik lagu, pemilihan lagu dengan range vokal, pemilihan iringan lagu yang tidak merusak komposisi lagu asli, teknik improvisasi yang benar, serta teknik penggunaan mike.” jelasnya.


 karaoke hkn59 nov23f


Sebagai penutup, ibu Amaliah Hikmah pun menambahkan jika dewan juri siap memberikan penjelasan dan menerima pernyataan dari nilai akhir dalam penentuan juara lomba karaoke kali ini. “Kami siap mempertanggungjawabkan nilai akhir dan menerima segala pertanyaan dari peserta.” tambahnya. Berikut adalah susunan pemenang akhir mengikuti lomba karaoke dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59.



  1. Juara 1 dengan skor 279 dimenangkan oleh Akbid Darma Praja Bondowoso dengan nomer urut 15

  2. Juara 2 dengan skor 276 dimenangkan oleh Dinas Kesehatan Bondowoso dengan nomer urut 16

  3. Juara 3 dengan skor 251 dimenangkan oleh Puskesmas Tenggarang dengan nomer urut 13

  4. Juara Harapan 1 dengan skor 250 dimenangkan oleh Puskesmas Klabang dengan nomer urut 18

  5. Juara Harapan 2 dengan skor 249 dimenangkan oleh RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dengan nomer urut 9


 karaoke hkn59 nov23g


karaoke hkn59 nov23h


Ketika ditanya apa saja persiapan dan tips yang dilakukan agar mendapatkan gelar juara dalam lomba karaoke? Indah Liananta Utami selaku ahli gizi dari Puskesmas Klabang menyebutkan jika dirinya tidak mempersiapkan apapun sebagai persiapan. “Hanya latihan dan persiapkan kostum seminggu yang lalu disela-sela kesibukan melayani kesehatan masyarakat. Alhamdulillah terbayar dengan membawa pulang juara Harapan 1. InsyaAlloh target tahun depan jika ada lomba karaoke kembali, saya ingin mendapatkan juara 1.” jelasnya. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kukuh Bekti selaku perawat perwakilan dari Puskesmas Tenggarang. “Tidak ada persiapan khusus, latihan di balai desa saja dengan tekun. Selain menghibur masyarakat juga meningkatkan kepercayaan diri. Tak lupa juga tetap melayani kesehatan masyarakat di kecamatan Tenggarang”. tambahnya. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi. Salam Sehat. (PKRS/SWILING).


karaoke hkn59 nov23i


karaoke hkn59 nov23j

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 632040 user
  • IP address : 3.17.79.59
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU