large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Menjelang Hari Anak Nasional, Poli Anak Adakan Sosialisasi Kesehatan Bersama Mahasiswa Unmuh
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-07-20 -|- 01:41:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Bulan Juli merupakan bulan yang spesial bagi seluruh anak-anak di Indonesia. Hal ini dikarenakan pada bulan Juli yaitu tepatnya pada tanggal 23 Juli merupakan perayaan penting dari Hari Anak Nasional. Peringatan Hari Anak Nasional diinisiasi langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA RI) dan pada tahun 2023 adalah perayaan yang ke-39. Tema perayaan Hari Anak Nasional tahun 2023 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan sub-tema yang diangkat meliputi:


penyuluhan poli anak jul23



  1. Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas -> Mewujudkan Indonesia Layak Anak pada tahun 2030 dan Indonesia Menuju Generasi Emas pada tahun 2045 tanpa perkawinan dan kekerasan terhadap anak.

  2. Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor -> Membangun kepedulian dan kesadaran Anak Indonesia agar berani memperjuangkan atau menyuarakan hak-haknya.

  3. Pengasuhan Layak untuk Anak Indonesia -> Mewujudkan pola asuh yang layak pada tumbuh kembang anak dan untuk mengupayakan pencegahan anak-anak Indonesia menjadi korban kekerasan serta diskriminasi.

  4. Wujudkan Lingkungan yang Aman untuk Anak -> Membangun kepedulian dan kesadaran orang tua, pengasuh, guru, masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah dalam upaya memenuhi hak dan mewujudkan perlindungan anak.

  5. Stop Kekerasan, Perkawinan Anak dan Pekerja Anak -> Mendukung semua keluarga kuat dan memastikan anak-anak tidak menjadi korban kekerasan, perkawinan anak dan pekerja anak.


penyuluhan poli anak jul23a
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga merayakan Hari Anak Nasional dengan caranya tersendiri. Pertama dengan mengadakan Edukasi Kesehatan yang dikemas dalam bentuk siaran radio interaktif di LPPL Mahardhika 91,9 FM bertemakan Menangani Diare Pada Anak oleh dr. Rhefki, Sp.A.M.BIOMED. selaku dokter spesialis anak pada hari Kamis tanggal 13 Juli 2023 pukul 10.00-11.00 WIB. Kedua yaitu sosialisasi kesehatan yang dikemas dalam bentuk penyuluhan bertemakan Pantau Tumbuh Kembang Balita Anda Sesuai Usia di ruang tunggu poli Anakoleh Kristin Sri Pangestu, amd.Kep., SKM. selaku perawat dan mahasiswa S1 Keperawatan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Jember pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2023 pukul 09.00 - 10.00 WIB. Mahasiswa-mahasiswa S1 Keperawatan Profesi Ners Unmuh terdiri dari :



  1. Alisha nevita raharjo

  2. Siti Arifatul Fitriah

  3. Nuriyatul Nisfil Laili

  4. Yusuf sofyan pranata serta

  5. Muhammad Arif


penyuluhan poli anak jul23b


penyuluhan poli anak jul23c
"Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan anak terdiri atas aspek biologis, aspek psikis serta aspek sosial. Ketiga aspek ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain mengajarkan atau melatih anak dalam berbagai kegiatan; pemberian stimulasi dilaksanakan secara bertahap, berkelanjutan dan terus-menerus; menggunakan benda atau barang/ alat yang ada di sekitar anak dan tidak berbahaya untuk anak; jangan memaksa apabila anak tidak mau melakukan kegiatan stimulasi demikian pula bila anak sudah bosan; beri pujian setiap anak melakukan kegiatan stimulasi yang sesuai dengan tingkat umurnya serta stimulasi dilakukan dengan penuh kasih sayang dan dalam suasana yang menyenangkan." jelaskan Kristin Sri Pangestu, amd.Kep., SKM.


penyuluhan poli anak jul23f
Ketika ditanya mengenai bagaimana kriteria dari tumbuh kembang anak usia 0-5 tahun, Kristin Sri Pangestu, amd.Kep., SKM. pun menjelaskan sebagai berikut



  1. Usia 1-3 bulan -> Menegakkan kepala sebentar, mengadakan gerakan-gerakan jika tengkurap serta memberikan respon senyum

  2. Usia 3-4 bulan -> Mengangkat kepala dari posisi tengkurap dalam waktu yang singkat, memalingkan kepala ke arah suara, tersenyum, bersuara jika diajak bicara serta mulai mengamati tangan sendiri hingga mampu memegang mainan

  3. Usia 6-9 bulan -> Berguling dari sisi ke sisi ketika terlentang, memalingkan kepala kepada orang yang berbicara, memperlihatkan kegembiraan dengan berlagak dan tersipu-sipu, bervokalisasi suara-suara bergumam, serta mulai memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya

  4. Usia 1 tahun -> Anak sudah dapat mengucapkan kata tunggal seperti mama atau papa, mulai sering menirukan kata-kata yang lain, merasa malu atau takut terhadap orang asing, sudah dapat mengetahui mana yanag benar dan menunjukkan ke arah yang dimaksud. Intinya anak sudah mulai aktif pada usia ini

  5. Usia 2 tahun -> Lebih aktif dibandingkan usia-usia sebelumnya seperti senang bermain dengan anak-anak sebayanya, perbendaharaan kata-kata yang beragam, dapat memainkan mainan dengan warna beragam serta menyusunnya sesuai bentuk dan warna hingga mengenal nama orang tuanya.

  6. Usia 3 tahun -> Usia yang sangat aktif karena anak telah menunjukkan rasa sayang dan perhatian untuk orang lain, memiliki banyak emosi yang bervariasi, memiliki kemampuan untuk memakai pakaiannya sendiri hingga dapat diajak bercakap-cakap dan memahami percakapan dengan baik

  7. Usia 4 tahun -> Lebih senang bermain dengan teman, dapat mengucapkan kalimat panjang dan menyanyikan lagu yang disenanginya.

  8. Usia 5 tahun -> Lebih ingin mandiri, senang bernyanyi, menarik perhatian hingga berakting, dapat menulis angka dan huruf dengan benar serta menggambar bentuk-bentuk geometri. Pada usia ini anak dapat menentukan apa yang akan dilakukannya dan yang diinginkan untuk dilakukan. 


penyuluhan poli anak jul23d
"Semua kriteria tumbuh kembang dan ilmu penting lainnya dapat dibaca dan dipantau dalam buku pink yang selalu ibu dan bapak bawa ya." jelaskan Siti Arifatul Fitriah. Sebagai penutup, Kristin Sri Pangestu, amd.Kep., SKM. mengingatkan kembali kepada orang tua agar selalu memberikan perhatian lebih pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak agar optimal terjaga. "Pada usia bayi hingga balita ini, tumbuh kembang anak perlu diperhatikan secara khusus, cara-cara yang dapat dilakukan agar tumbuh kembang anak dapat maksimal dan optimal yaitu dengan memberikan makanan bergizi sesuai usia, memberikan stimulus pada anak, melakukan imunisasi tepat waktu, memantau pertumbuhan anak seperti berat badan, tinggi badan, serta Lingkar Lengan Atas (LILA)." tambahnya (20/7/2023)


penyuluhan poli anak jul23e
Kegiatan sosialisasi ataupun edukasi kesehatan kali ini berjalan lancar dan diakhiri dengan pembagian souvenir cantik. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu ibu Siti Hartatik, bapak Sudarmono serta ibu Suhaini. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Berikan semangat juang dan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Terakhir seluruh karyawan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengucapkan selamat Hari Anak Nasional Tahun 2023. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631265 user
  • IP address : 3.21.231.245
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU