large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Komite K3RS Adakan Program Rutin Tahunan Medical Check Up Kepada Karyawan Berisiko
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-10-17 -|- 10:30:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Sebagai penyedia layanan kesehatan perorangan secara paripurna, Rumah Sakit memiliki peluang resiko ancaman kesehatan dan penyebaran penyakit tertinggi. Hal ini membahayakan kepada seluruh pihak terkait, baik kepada pengguna layanan kesehatan ataupun penyedia layanan kesehatan itu sendiri. Pengguna layanan kesehatan terdiri atas pasien, pendamping pasien, hingga pengunjung. Sedangkan penyedia layanan kesehatan terdiri atas seluruh Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit (RS). Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem pengaturan yang menyelenggarakan kegiatan keamanan dan kesehatan kerja yang optimal, efektif, efisien dan berkesinambungan dalam mengurangi peluang ataupun resiko ancaman kesehatan. Sistem terbaik yang berperan penting dalam mengatur manajemen keamanan dan kesehatan kerja di lingkungan Rumah Sakit (RS) adalah Komite K3RS.


 MCU RSDK okt23


Permenkes RI Nomor 66 Tahun 2016 menyebutkan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat K3RS adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan bagi sumber daya manusia rumah sakit, pasien, pendamping pasien, pengunjung, maupun lingkungan rumah sakit melalui upaya pencegahan kecelakan kerja dan penyakit akibat kerja di rumah sakit. Penyelenggaraan K3RS wajib dilaksanakan di setiap Rumah Sakit (RS) dengan tujuan utama membentuk, mengembangkan serta menerapkan sistem manajemen K3 ataupun standart K3RS secara utuh.


 MCU RSDK okt23a


Sebagai penyedia layanan kesehatan di kabupaten Bondowoso, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga memiliki komite K3RS dalam menjalankan fungsi pengelolaan maupun pengendalian resiko keselamatan dan kesehatan kerja. Apalagi mengingat kenyataan bahwa seluruh aktivitas kerja dari Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit (RS) berkontak fisik berdampingan bersama hazard biologi, fisika maupun kimiawi. Salah satu pengendalian yang dapat dilakukan dalam memantau kondisi kesehatan Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit (RS) yaitu dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan berkala (Medical Check Up).  Jadi, dapat disimpulkan jika parpipurna pemberian layanan kesehatan dapat terjadi jika paripurna juga kesehatan orang-orang pemberi layanan kesehatannya.


 MCU RSDK okt23b


Dalam menjamin Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dari tenaga medis dan tenaga kesehatannya, maka RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengadakan pemeriksaan kesehatan berkala (Medical Check Up) pada tanggal 16 hingga 20 Oktober 2023. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Resmi Nomor 28/ KM.RS/ X/ 2023. Medical Check Up dilakukan di tiga lokasi yang berbeda yaitu poli Umum, Instalasi Laboratorium serta Instalasi Radiologi. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.


MCU RSDK okt23c
Ashad Rizki Akbar, S.Kep.,Ns selaku penyelenggara Medical Check Up sekaligus tim komite K3RS dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) menyebutkan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini yaitu untuk menjamin kesehatan dan keselamatan karyawan yang paripurna. “Sebagai pemberi layanan kesehatan kepada masyarakat, tentunya kita sebagai tenaga pemberi dan penyedia layanan kesehatan harus bebas dari rasa takut akan keamanan dan kesehatan kita. Bagaimana kita bisa memberikan layanan yang terbaik jika masih terbayang-bayang rasa ketakutan akan peluang berisiko tinggi dari seluruh hazard yang ada di lingkungan Rumah Sakit. Nah kegiatan medical check up rutin dan berkala ini adalah jawaban dari segala kerisauan dan ketakutan ini. Jadi yang sehat tidak hanya masyarakatnya, namun juga tenaga kesehatannya.” ujarnya.


 MCU RSDK okt23d


Lalu siapa saja yang diharuskan mengikuti medical check up RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK)? Inganatul Islamiyah mengungkapkan bahwa medical check up pada tahun 2023 ini dikhususkan kepada petugas-petugas yang berisiko tinggi seperti petugas kesehatan di Instalasi Radiologi, unit Kemoterapi, Instalasi Gawat Darurat serta tenaga medis. “Dikhususkan kepada teman-teman RSUD dr. H. Koesnadi yang sering berkontak langsung dengan hazard fisik, kimia dan biologi. Kita ketahui bersama jika Rumah Sakit adalah tempat yang memiliki potensi hazard tinggi meliputi hazard Fisik seperti Suara bising, Getaran, Panas, Debu, Listrik. Hazard Kimia seperti pelarut, desinfektan, sitotoksik, pengawet, gas medis. Serta hazard Biologi meliputi virus, bakteri, parasit, serangga, dan lain sebagainya.” tuturnya.


 


Nah apa saja yang di tes pada medical check up kali ini. Berikut adalah penjelasan dari unit-unit penyelenggara. “Tes laboratorium disesuaikan dengan lokasi kerja dalam kesehariannya. Untuk pekerja di Instalasi Radiologi akan dilakukan pemeriksaan darah lengkap, gula darah, faal ginjal, lemak, asam urat serta urin lengkap. Bisa dikatakan, hanya dilakukan tes medical check up laborat secara umum saja. Berbeda dengan pekerja di unit Kemoterapi, selain tes medical check up laborat secara umum juga akan ditambahkan tes hormon. Berbeda pula bagi karyawan Instalasi Gawat Darurat, selain  tes medical check up laborat secara umum juga akan dilakukan tes hormon serta hepatitis B.” jelaskan Agus Prasetiyo, S.Si.M.Mkes selaku Kaur Instalasi Laboratorium.


 MCU RSDK okt23e


Terkait pemeriksaan radiologi, dilakukan foto thorax bagi seluruh peserta medical check up. Rontgen dada atau foto thorax merupakan prosedur pemeriksaan radiologi dengan memanfaatkan radiasi untuk mendapatkan gambar dari organ dan struktur lainnya. ”Tujuan utama dilakukan foto thorax untuk mengetahui dan melihat kondisi paru-paru, kontur jantung serta kondisi tulang. Jadi dapat diketahui apakah ada kelainan ataupun gangguan pada paru-paru, jantung ataupun tulangnya.” jelaskan Hartono Zupriady, Amd.Rad selaku Kaur Instalasi Radiologi.


 MCU RSDK okt23f


Kemanfaatan yang besar dirasakan oleh seluruh karyawan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan kepada seluruh peserta medical check up. “Alhamdulillah, saya jadi mengetahui kondisi tubuh saya setelah berkontak fisik dengan hazard fisika dan kimia setiap harinya. Semoga kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Terimakasih banyak RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) serta tim K3RS RSDK.” ujar Nuraini Oktavia, Amd.Rad selaku radiografer. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 630851 user
  • IP address : 18.118.137.243
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU