
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Pelaksanaan pelayanan publik bidang kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) sampai sejauh ini berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa kendala yang menjadi penghambat dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat atau pasien. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan melakukan beberapa inovasi pelayanan serta peningkatan sarana prasarana layanan yang ada di lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan ini RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) mengadakan kegiatan Citizen's Charter. Citizen's Charter adalah suatu pendekatan dalam penyelenggaraan pelayanan publik berupa perjanjian antara Rumah Sakit (RS) dengan masyarakat serta stakeholder selaku pengguna layanan sekaligus pusat pelayanan kesehatan sehingga kualitas pelayanan kesehatan-pun meningkat. Citizen's Charter diperlukan untuk memberikan kepastian pelayanan yang meliputi waktu, biaya, prosedur dan cara pelayanan sehingga peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Oleh karenanya, tak mengherankan jika kegiatan Citizen's Charter ini dilaksanakan sebagai agenda tahunan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).
Citizen's Charter RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) diadakan pada hari Senin tanggal 29 April 2024 pukul 08.00-11.20 WIB di Aula Puspa Indah RSDK. Dihadiri oleh total peserta sebanyak 64 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, institusi pendidikan, fasilitas layanan kesehatan, stakeholder, perwakilan media serta karyawan struktural RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Tokoh masyarakat berasal dari Dinas Kesehatan Bondowoso, Puskesmas Nangkaan, Puskesmas Kademangan, Puskesmas Kutakulon, Universitas Bondowoso, Universitas Jember cabang Bondowoso, AKBID Dharma Praja Bondowoso, SPI, IBI Bondowoso, PPNI Bondowoso, HAKLI Bondowoso, BPJS Kesehatan Bondowoso, Ketua RT 5, Ketua RT 22, Lurah Badean, Camat Bondowoso serta perwakilan Media (Radar Jember dan media elektronik).
Citizen's Charter dibuka langsung oleh dr. Yus Priyatna A. Sp.P FISR selaku direktur RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) pada pukul 08.25 WIB. Kegiatan terdiri dari 3 sesi yaitu paparan narasumber, dengar pendapat serta penandatanganan kontrak pelayanan. Narasumber yang bertugas adalah dr. Yus Priyatna A. Sp.P FISR serta moderator yang bertugas adalah Wakil Direktur Umum dan Keuangan yaitu dr. Lukman Hakim, M.Mkes.
"Dengan adanya Citizen's Charter yang merupakan perjanjian antara Rumah Sakit (RS) dengan masyarakat dan seluruh stakeholder, semoga kedepannya peningkatan pelayanan mutu RSDK dalam percepatan pencapaian visi utama terwujudnya Rumah Sakit (RS) yang terpercaya dan bermartabat dengan pelayanan kesehatan yang bermutu menjadi lebih baik." ujar dr. Yus Priyatna A. Sp.P FISR. Beliau juga menjelaskan bahwa RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) telah meningkatkan sistem digitalisasi pendaftaran pelayanan secara online. “Kami berharap dapat terjadi peningkatan kualitas dalam waktu tunggu pasien. Dengan adanya digitalisasi pendaftaran pelayanan dapat mempercepat dan mempersingkat proses pendaftaran yang ada.” ungkapnya (29/04/2024).
"Perjanjian kinerja antara RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dengan seluruh stakeholder ini kedepannya akan dilakukan secara berkesinambungan sehingga tidak ada diskriminasi dalam pelayanan kesehatan. Evaluasi berkala akan dilakukan sebagai acuan manajemen dalam melaksanakan hasil dari Citizen's Charter. Terimakasih atas kedatangan seluruh masyarakat, institusi, stakeholder serta perwakilan undangan sekalian yang hadir saat ini" ujar direktur RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Harapan dari dr. Yus Priyatna A. Sp.P FISR selaku direktur RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tampaknya mendapat dukungan penuh dari seluruh peserta dan undangan yang hadir. “Layanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) sudah semakin baik, jadi tidak ada keluhan yang berarti bagi masyarakat maupun puskesmas Nangkaan. Hal ini adalah hasil nyata dari kontribusi dan komitmen seluruh jajaran direksi di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) sehingga kualitas mutu pelayanan terus meningkat dan sarana prasarana yang ada semakin lengkap. Semoga terus menjadi kebaikan bersama dan terus meningkat kedepannya.” ungkap dr. Amelia Laksmi selaku dokter umum dan juga perwakilan dari UPTD Puskesmas Nangkaan.
Apresiasi tinggi juga diberikan oleh Edy Agus Riyanto selaku Kepala BPJS Kesehatan Bondowoso. Beliau mengungkapkan jika jajaran direksi dan karyawan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) selalu terdepan dalam hal peningkatan kualitas mutu pelayanan. “Terimakasih atas segala upaya dan dukungan dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dalam pemberian layanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Ketanggapan dan kesigapan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terbukti dari kemajuan layanan pendaftaran yang telah berubah menjadi digitalisai menggunakan aplikasi mobile JKN. Alhamdulillah berjalan baik hingga saat ini, mengingat kabupaten Bondowoso pada bulan April 2024 telah 98% menjadi peserta Universal Health Coverage (UHC).” jelaskan Edy Agus Riyanto.
Banyak masukan dan kesepakatan yang dihasilkan dalam kegiatan ini, antara lain peningkatan koordinasi dan komunikasi antara fasilitas kesehatan, Dinas kesehatan, serta BPJS Kesehatan dalam peningkatan mutu kualitas layanan kesehatan, pengkontrolan laju kecepatan mobil ambulance di lapangan disesuaikan dengan standar maksimal kecepatan yaitu 60 km/jam, serta berkontribusi nyata dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) maupun Angka Kematian Bayi (AKB) di kabupaten Bondowoso. Terimakasih atas kepedulian seluruh stakeholder yang hadir. Semoga komunikasi antar RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dan seluruh stakeholder tetap tercipta dengan baik serta peningkatan mutu pelayanan publik RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) semakin tercipta nyata. (PKRS/SWILING)

- Exit Conference - Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan RSDK dalam Hadapi Akreditas
- Puasa Ramadhan Tak Surutkan Niat RSDK Untuk Terus Tingkatkan Mutu Pelayanan Sebagai RS Jejaring
- Indeks Kepuasan Masyarakat RSDK Tahun 2023 Meningkat Menjadi 83.47%
- Komite K3RS Adakan Program Rutin Tahunan Medical Check Up Kepada Karyawan Berisiko
- HASIL DAN PEMBAHASAN INDEK KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN III TAHUN 2016
- Mengenal ICU RSDK, Pelayanan Khusus Pasien Dengan Pemantauan Intensif
- Sosialisasi Pencegahan Infark Miokard Akut, Yuk Cegah PTM Dengan Pola Hidup Sehat
- Rayakan Hari Perawat Nasional, PPNI RSDK Adakan Bagi Takjil Di Lingkungan RS
- Ungkapan Tim Instalasi Gizi RSDK dalam Memperingati Hari Anak Sedunia
- Motivation Training & Capacity Building Yogyakarta, Pelajari & Terapkan Konsep Golong Gilig HBIII
- Kredensialing Pelayanan Poli Urologi Instalasi Rawat Jalan RSDK Berjalan Dengan Baik
- Harapkan RSDK Yang Lebih Maju Serta Solidaritas & Keakraban Tetap Terjalin Dengan Indah
- RSDK Adakan Rapat Koordinasi
- Keberhasilan Tim Laparoskopi RSDK Dalam Pengangkatan Kantong Empedu & Usus Buntu Di Satu Tindakan
- Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Poli Psikiatri Adakan Ngopi Jiwa
- Pengumumuan hasil Psikotest
- 23 Mahasiswa Dan 6 Pelajar Jalani Orientasi Umum Serta Skill Tes Di RSDK
- Bakti Sosial Membangun Solidaritas Bersama UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Bondowoso
- Pj. Bupati Dan Pj. Sekda Bondowoso Adakan Sidak Apel Sekaligus Layanan Di RSDK
- Off The Record Pembuatan Video Zona Integritas Terkait Komitmen Karyawan Berjalan Lancar
- Dikunjungi oleh : 990576 user
- IP address : 216.73.216.190
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0