dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
RSDK hari ini. Dalam sebuah arus komunikasi dan informasi antar organisasi, pasti sudah tak asing dengan istilah koordinasi. Diakui dapat membuat tujuan yang diinginkan tercapai lebih efektif dan efisien, banyak organisasi menggunakan teknik ini dalam kesehariannya. Lalu apa yang dimaksud dengan koordinasi? Koordinasi adalah sinkronisasi yang teratur dalam usaha untuk menciptakan kuantitas, waktu, pengarahan, dan persamaan yang menghasilkan keselarasan dan kesatuan tindakan untuk tujuan yang ditetapkan bersama. Manfaat dari koordinasi antara lain:
- Meringankan pekerjaan tiap bagian dengan menciptakan keseimbangan antarbagian.
- Setiap bagian mendapatkan informasi yang jelas mengenai pencapaian dan tujuan dan mengetahui perannya masing-masing sehingga dapat memberikan masukan dan saran terhadap anggota lain.
- Jam kerja yang berkaitan satu sama lain untuk menjamin selesainya pekerjaan secara tepat waktu.
- Mencegah terjadinya konflik antarindividu/antardepartemen.
- Mencegah munculnya penilaian negatif di antara anggota/departemen.
- Mencegah terjadinya kekosongan kegiatan dalam organisasi.
- Melahirkan sikap saling peduli dan saling membantu sesama anggota organisasi.
Arus koordinasi tidak hanya digunakan antar organisasi yang terkait namun juga dapat diterapkan dalam arus individu dan individu, individu dan kelompok, kelompok dan institusi atau organisasi serta antar institusi maupun organisasi yang memiliki tujuan saling berkaitan. Dalam hal pemberian pelayanan kesehatan rujukan dan FKTP yang optimal, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tidak dapat melakukannya sendiri, dibutuhkan koordinasi yang baik bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan juga Puskesmas yang ada di seluruh wilayah kerja kabupaten Bondowoso. Oleh karenanya pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2023 pukul 08.00 - 15.45 WIB diadakanlah kunjungan ke UPTD Puskesmas Wringin dan UPTD Puskesmas Pakem. Kunjungan ini merupakan kunjungan ke-8 dengan yang diwakilkan oleh Iswanto, S.Kep., Ns. selaku Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan sebagai perwakilan dari Dinkes. Sedangkan perwakilan dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yaitu Pasidi Shidiq, S.Kep.,Mkes. selaku Kabid. Pelayanan Keperawatan, Iftitah Adi, S.KM. dan Erfin Rachmawati selaku staf PKRS (12/7/2023)
"Dalam menciptakan koordinasi yang efektif dan efisien, diperlukan komunikasi dan hubungan kerja yang baik pula. Komunikasi, interaksi, serta koordinasi antara Rumah Sakit, Puskesmas maupun Dinas Kesehatan haruslah sejalan sehingga pelayanan kesehatan optimal untuk masyarakat tercipta. Oleh karena itu kegiatan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dan Sharing Permasalah Di Lapangan ini kami adakan. Jadi permasalahan maupun kendala di lapangan akan sedikit terselesaikan karena telah terjalin kesamaan persepsi dalam semangat kebersamaan, karena sejatinya Rumah Sakit, Puskesmas maupun Dinas Kesehatan adalah satu kesatuan." jelaskan Pasidi Shidiq, S.Kep.,Mkes.
Tentu saja niat baik dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dan Dinas Kesehatan ini diterima dengan baik oleh UPTD Puskesmas Wringin dan UPTD Puskesmas Pakem. "Alhamdulillah terimakasih atas kedatangannya baik dari Dinas Kesehatan maupun RSUD dr. H. Koesnadi yang saya banggakan. Kami menyambut baik kegiatan ini, semoga dapat menjadi ladang amal dan kemanfaatan yang besar kedepannya baik bagi masyarakat ataupun kita semua." ujar dr. Tutik Kusdarwati selaku Kepala UPTD Puskesmas Pakem. Hal yang sama juga dinyatakan oleh Suliyani, S.ST selaku Kepala Urusan Tata Usaha di UPTD Puskesmas Wringin. "Terimakasih banyak atas kunjungannya di Puskesmas Wringin, semoga kedepannya hambatan maupun kendala di lapangan mendapatkan jalan penyelesaian yang baik. Kami berharap agar hubungan pelayanan kesehatan antara Puskesmas Wringin bersama RSUD dr. H. Koesnadi dan Dinas Kesehatan semakin terjalin lebih baik lagi. Terimakasih atas kunjungan silaturrahminya." ungkapnya.
Kendala di lapangan terkait permasalahan pelayanan rujukan kesehatan dan FKTP memang bukanlah hal yang baru lagi. Minimnya informasi dan pengetahuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkadang tidak sampai secara berimbang dan sama di lapangan. "Monggo, segera ditanyakan dalam forum terkait permasalahan yang dialami di lapangan, baik itu pelayanan rujukan, pelayanan yang ada di RSUD dr. H. Koesnadi ataupun permasalahan yang ada bersama ketika menginformasikan kepada masyarakat. Saya titip juga untuk SISRUTE atau sistem informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan terpadu berbasis IT-nya tetap rutin diinput datanya sehingga kinerja fasilitas pelayanan kesehatan dalam mempercepat proses rujukan sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi segera terpenuhi" jelaskan Iswanto, S.Kep., Ns.
Kegiatan sosialisasi kali ini, terasa lebih bermakna karena hubungan kerja dan arus koordinasi yang tercipta menjadi lebih baik dan erat dari sebelumnya. Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kami bersama seluruh mitra pelayanan kesehatan yang ada akan terus berbenah dalam memberikan Service Excellent atau Pelayanan Prima yang terbaik dan optimal kepada seluruh masyarakat. Tak lupa mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan yang terus maksimal. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)
- Waspadai Peningkatan Sinar Ultraviolet, RSDK Adakan Edukasi Katarak Dan Pterigium
- Pojok Taman Bermain, Tempat Favorit Menunggu Antrian
- RSDK Bawa Pulang Kemenangan Di Putaran Pertama Kompetisi Galakarya Jember
- Pengalihan Jadwal ATP 21 Juni 2022
- Rayakan HUT KORPRI Ke 51, RSDK Serentak Gunakan Seragam KORPRI
- Tenaga Kesehatan Keperawatan Teladan RSDK Melaju di Tingkat Nasional
- Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Petugas Penyuluh Kesehatan, PKRS RSDK Adakan In House Training
- Mentoring Klinis TB RO Bersama Dinkes Jatim, Sukseskan Eliminasi TB Di Bondowoso
- Semarak Hari Jadi Paviliun Seroja ke-7
- Gagal Jantung Penyebab Utama Kematian Di Dunia, Canangkan Hidup Sehat Sayangi JantungMu
- Persiapkan Diri Canangkan Zona Integritas, RSDK Rapat Mempersiapkan Program Dan Dokumen
- Dapatkan Paripurna Bintang Lima, RSDK Susun Rencana Strategis Tingkatkan Kualitas Mutu Pelayanan
- Yuk Kunjungi Sosial Media RSDK Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Yang Teraktual
- Rapat Kerja Perubahan Tipe RSDK
- Peringati Hari Kesadaran Nasional, RSDK Akan Terus Berusaha Memberikan Pelayanan Optimal
- Deteksi Dini Risiko Kekurangan Hormon Tiroid, RSDK Adakan Pelatihan Pengambilan Sampel SHK
- Talkshow Interaktif tentang Rehabilitasi Penyintas Stroke bersama dr. Iriana Wahyu Nasifah, Sp.K.F.R
- Sosialisasi Pencegahan Infark Miokard Akut, Yuk Cegah PTM Dengan Pola Hidup Sehat
- RSDK Adakan Upacara Bendera Sebagai Agenda Puncak Peringatan HUT RI Ke-79
- Pengumuman Hasil Skill Test
- Dikunjungi oleh : 803226 user
- IP address : 18.97.9.175
- OS : Unknown Platform
- Browser :