dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038
RSDK hari ini. Dalam sebuah arus komunikasi dan informasi antar organisasi, pasti sudah tak asing dengan istilah koordinasi. Diakui dapat membuat tujuan yang diinginkan tercapai lebih efektif dan efisien, banyak organisasi menggunakan teknik ini dalam kesehariannya. Lalu apa yang dimaksud dengan koordinasi? Koordinasi adalah sinkronisasi yang teratur dalam usaha untuk menciptakan kuantitas, waktu, pengarahan, dan persamaan yang menghasilkan keselarasan dan kesatuan tindakan untuk tujuan yang ditetapkan bersama. Manfaat dari koordinasi antara lain:
- Meringankan pekerjaan tiap bagian dengan menciptakan keseimbangan antarbagian.
- Setiap bagian mendapatkan informasi yang jelas mengenai pencapaian dan tujuan dan mengetahui perannya masing-masing sehingga dapat memberikan masukan dan saran terhadap anggota lain.
- Jam kerja yang berkaitan satu sama lain untuk menjamin selesainya pekerjaan secara tepat waktu.
- Mencegah terjadinya konflik antarindividu/antardepartemen.
- Mencegah munculnya penilaian negatif di antara anggota/departemen.
- Mencegah terjadinya kekosongan kegiatan dalam organisasi.
- Melahirkan sikap saling peduli dan saling membantu sesama anggota organisasi.
Arus koordinasi tidak hanya digunakan antar organisasi yang terkait namun juga dapat diterapkan dalam arus individu dan individu, individu dan kelompok, kelompok dan institusi atau organisasi serta antar institusi maupun organisasi yang memiliki tujuan saling berkaitan. Dalam hal pemberian pelayanan kesehatan rujukan dan FKTP yang optimal, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) tidak dapat melakukannya sendiri, dibutuhkan koordinasi yang baik bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan juga Puskesmas yang ada di seluruh wilayah kerja kabupaten Bondowoso. Oleh karenanya pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2023 pukul 08.00 - 15.45 WIB diadakanlah kunjungan ke UPTD Puskesmas Wringin dan UPTD Puskesmas Pakem. Kunjungan ini merupakan kunjungan ke-8 dengan yang diwakilkan oleh Iswanto, S.Kep., Ns. selaku Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan sebagai perwakilan dari Dinkes. Sedangkan perwakilan dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yaitu Pasidi Shidiq, S.Kep.,Mkes. selaku Kabid. Pelayanan Keperawatan, Iftitah Adi, S.KM. dan Erfin Rachmawati selaku staf PKRS (12/7/2023)
"Dalam menciptakan koordinasi yang efektif dan efisien, diperlukan komunikasi dan hubungan kerja yang baik pula. Komunikasi, interaksi, serta koordinasi antara Rumah Sakit, Puskesmas maupun Dinas Kesehatan haruslah sejalan sehingga pelayanan kesehatan optimal untuk masyarakat tercipta. Oleh karena itu kegiatan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dan Sharing Permasalah Di Lapangan ini kami adakan. Jadi permasalahan maupun kendala di lapangan akan sedikit terselesaikan karena telah terjalin kesamaan persepsi dalam semangat kebersamaan, karena sejatinya Rumah Sakit, Puskesmas maupun Dinas Kesehatan adalah satu kesatuan." jelaskan Pasidi Shidiq, S.Kep.,Mkes.
Tentu saja niat baik dari RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dan Dinas Kesehatan ini diterima dengan baik oleh UPTD Puskesmas Wringin dan UPTD Puskesmas Pakem. "Alhamdulillah terimakasih atas kedatangannya baik dari Dinas Kesehatan maupun RSUD dr. H. Koesnadi yang saya banggakan. Kami menyambut baik kegiatan ini, semoga dapat menjadi ladang amal dan kemanfaatan yang besar kedepannya baik bagi masyarakat ataupun kita semua." ujar dr. Tutik Kusdarwati selaku Kepala UPTD Puskesmas Pakem. Hal yang sama juga dinyatakan oleh Suliyani, S.ST selaku Kepala Urusan Tata Usaha di UPTD Puskesmas Wringin. "Terimakasih banyak atas kunjungannya di Puskesmas Wringin, semoga kedepannya hambatan maupun kendala di lapangan mendapatkan jalan penyelesaian yang baik. Kami berharap agar hubungan pelayanan kesehatan antara Puskesmas Wringin bersama RSUD dr. H. Koesnadi dan Dinas Kesehatan semakin terjalin lebih baik lagi. Terimakasih atas kunjungan silaturrahminya." ungkapnya.
Kendala di lapangan terkait permasalahan pelayanan rujukan kesehatan dan FKTP memang bukanlah hal yang baru lagi. Minimnya informasi dan pengetahuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkadang tidak sampai secara berimbang dan sama di lapangan. "Monggo, segera ditanyakan dalam forum terkait permasalahan yang dialami di lapangan, baik itu pelayanan rujukan, pelayanan yang ada di RSUD dr. H. Koesnadi ataupun permasalahan yang ada bersama ketika menginformasikan kepada masyarakat. Saya titip juga untuk SISRUTE atau sistem informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan terpadu berbasis IT-nya tetap rutin diinput datanya sehingga kinerja fasilitas pelayanan kesehatan dalam mempercepat proses rujukan sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi segera terpenuhi" jelaskan Iswanto, S.Kep., Ns.
Kegiatan sosialisasi kali ini, terasa lebih bermakna karena hubungan kerja dan arus koordinasi yang tercipta menjadi lebih baik dan erat dari sebelumnya. Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Kami bersama seluruh mitra pelayanan kesehatan yang ada akan terus berbenah dalam memberikan Service Excellent atau Pelayanan Prima yang terbaik dan optimal kepada seluruh masyarakat. Tak lupa mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan yang terus maksimal. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)
- Cinta Budaya Nusantara, RSDK Berdinas Dengan Mengenakan Baju Adat Nasional
- Sharing Kendala Pelayanan Di Lapangan, RSDK-Dinkes Kunjungi UPTD Puskesmas Binakal & Curahdami
- Rasakan Kemanfaatan UHC, Tren Permintaan Operasi Orthopaedi Dan Traumotologi Alami Peningkatan
- Peringati HUT RI Ke-78, RSDK-PMI Adakan Donor Darah Peduli Sesama
- Layanan Instalasi CSSD Laundry RSDK Siap Menjamin Ketersediaan Linen & Alat Steril
- Sediakan Tes Tensi & Gula Darah Gratis, Masyarakat Berbondong-Bondong Kunjungi Tenda Bazar RSDK
- Penerimaan P3K Tahun 2023 Tapal Kuda Percayakan Tes Kesehatannya di RSDK
- Deteksi Dini Risiko Kekurangan Hormon Tiroid, RSDK Adakan Pelatihan Pengambilan Sampel SHK
- Off The Record Pembuatan Video Zona Integritas Terkait Komitmen Karyawan Berjalan Lancar
- Peringatan Hari Pahlawan, Mari Menilik Sejarah Sosok dr. H. Koesnadi Sebagai Tokoh Pahlawan Nasional
- Tarif Pelayanan Poli Psikiatri Tahun 2022
- Lambangkan Optimisme, Paviliun Krisan Siap Tebarkan Kebaikan Dalam Pelayanannya
- IHT Kredensialing Tenaga Keperawatan dan Kebidanan serta Sosialisasi Komite Keperawatan
- RSDK Harapkan Tahun 2024 Dapat Terus Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan Untuk Masyarakat
- RSDK Tingkatkan Mutu Pelayanan Dengan Menambah Pelayanan Di Poli Urologi
- Banyaknya Penyalahgunaan Obat Analgesik, RSDK Adakan Edukasi Bijaklah Mengkonsumsi Obat
- Paviliun Seroja 'Pasien Skizofrenia Itu Dapat Sembuh'
- Peringati Hari Bidan Nasional, RSDK Adakan Siaran Radio Terkait Pelayanan Kebidanan
- Pj. Bupati Dan Pj. Sekda Bondowoso Adakan Sidak Apel Sekaligus Layanan Di RSDK
- Keberhasilan Tim Laparoskopi RSDK Dalam Pengangkatan Kantong Empedu & Usus Buntu Di Satu Tindakan
- Dikunjungi oleh : 732315 user
- IP address : 44.220.181.180
- OS : Unknown Platform
- Browser :