large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
INDEK KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN I TAHUN 2018
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-07-05 -|- 11:29:00 oleh Admin

A.   PENDAHULUAN


Kepuasan Pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja suatu produk dan harapannya. Sesuai keputusan MENPAN Nomor : 16 Tahun 2014, menetapkan 9 unsur yang relevan, valid dan reliabel sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut :



  1. Persyaratan

  2. Prosedur

  3. Waktu Pelayanan

  4. Biaya/Tarif

  5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

  6. Kompetensi Pelaksana

  7. Perilaku Pelaksana

  8. Maklumat Pelayanan

  9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan


B.   HASIL SURVEI


Setelah dilakukan survey  IKM pada bulan Januari - Maret 2018  didapatkan 450 responden dengan rincian 225 responden rawat jalan, 135 responden rawat inap, 60 responden pelayanan penunjang, 15 responden Instalasi Gawat Darurat dan 15 responden Instalasi bedah sentral, penilaian indek kepuasan  masyarakat didapatkan dengan menghitung nilai dari setiap jawaban responden terhadap 9 pertanyaan yang mewakili setiap unsur pelayanan. Berikut ini rincian responden survei Indeks Kepuasan Masyarakat:



Survei yang di laksanakan pada periode januari sampai dengan maret 2018 terbanyak pada rawat jalan karena jumlah pasien terbanyak pada instalasi rawat jalan  dan berurutan Rawat Inap dan tiga unit lain



Responden berdasarkan pendidikan terbanyak terdapat pada jenjang pendidikan SLTA karena penduduk Kabupaten Bondowoso sebagian besar berpendidikan SLTA dan jumlah kunjungan pasien lebih banyak berpendidikan SLTA



Hasil survey indek kepuasan masyarakat , Responden berdasarkan pekerjaan terbanyak pada pekerjaan lainnya sebanyak 172 responden karena terdapat beberapa pekejaan :Petani, Pensiunan, Buruh tani yang sebagian besar penduduk bondowoso adalah petani.



Hasil Survei IKM berdasarkan cara bayar terbanyak BPJS sebanyak 428 responden karena dengan program pemerintah tahun 2019 Universal coverage sehingga sebagian besar penduduk bondowoso menggunakan asuransi BPJS




C.      HASIL SURVEI IKM MASING-MASING UNIT PELAYANAN



  1. RADIOLOGI
    Indek kepuasan masyarakat mencapai 80.48 pada triwulan IV 2017 dan pada triwulan I 2018 menjadi 83.23 Unsur terendah terdapat pada waktu pelayanan dan Unsur tertinggi pada biaya/tarif, penyebab terjadinya kenaikan IKM karena mutu pelayanan unit yang meningkat seiring dengan dokter on site setiap hari   

  2. LABORATORIUM
    Indek kepuasan pada triwulan IV tahun 2017 mencapai 83,05 dan pada triwulan I 2018  sebesar 79.38 nilai terendah pada unsur waktu pelayanan  dan nilai tertinggi pada unsur Biaya atau tarif, penyebab turunnya IKM karena harapan dan keinginan responden yang selalu mengharap pelayanan yang cepat walaupun standar pelayanan minimal masih tercapai, sehingga peningkatan komunikasi atau penjelasan terhadap pasien lebih ditingkatkan.

  3. FARMASI
    Indek kepuasan masyarakat mencapai 79.93 pada triwulan IV tahun 2017 dan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 81.03 nilai terendah terdapat pada unsur waktu pelayanan  di karenakan pengambilan obat oleh pasien berbarengan pada jam yang sama sehingga menyebabkan penumpukan antrian, dan waktu tunggu pelayanan semakin panjang

  4. PATOLOGI ANATOMI
    Indek kepuasan mencapai 82.50 pada triwulan IV tahun 2017 dan pada triwulan I 2018 sebesar 77.18,nilai terendah terdapat pada unsur waktu pelayanan karena jumlah dokter spesialistik 1 orang sehingga waktu pelayanan semakin lama

  5. PAVILIUN MAWAR
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 85.98 dan pada Triwulan I 2018 sebesar 76.27 waktu pelayanan sebagian besar responden mengharap perhatian lebih sehingga setiap pelayanan dianggap kurang cepat

  6. PAVILIUN RENGGANIS
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 mencapai 77.73 dan pada triwulan I 2018 mencapai 79.79 dengan nilai terendah terdapat pada Kompetensi pelaksana terdapat peningkatan IKM dari triwulan sebelumnya meskipun nilai terendah terdapat pada kompetensi pelaksana dikarenakan responden mengharap lebih dari pelayanan

  7. PAVILLIUN TERATAI
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV tahun 2017 sebesar 80.12 dan pada Triwulan I 2018 sebesar 77.92 adapun nilai terendah terdapat pada prosedur dan waktu pelayanan di karenakan jumlah dokter spesialistik hanya 1 orang yang melayani rawat jalan dan rawat inap

  8. PAVILLIUN MELATI
    Indek kepuasan masyarakat pada Triwulan IV 2017 sebesar 78.83 dan pada Triwulan I tahun 2018 sebesar 78.28 dengan nilai terendah terdapat pada waktu pelayanan,IKM pada triwulan sebelumnya cenderung stagnan tidak ada perubahan

  9. PAVILLIUN SERUNI
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 80.85 dan pada Triwulan I 2018 sebesar 78.10  dengan nilai terendah terdapat pada  unsur Waktu pelayanan,IKM menurun dari triwulan sebelumnya karena persepsi masyarakat yang cenderung mengharap pelayanan semakin cepat baik administrasi maupun pelayanan medis

  10. PAVILLIUN BOUGENVILLE
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 81.13 dan pada Triwulan I 2018 sebesar 78.10 dengan nilai terendah pada unsur prosedur pelayanan, IKM cenderung menurun karena penilaian prosedur pelayanan yang rendah sehingga ditingkatkan lagi sosialisasi tentang prosedur pelayanan

  11. PAVILLIUN DAHLIA
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 79.38  dan pada triwulan I 2018 sebesar 77.73  dengan unsur terendah terdapat pada prosedur pelayanan,IKM pada triwulan ini menurun di banding triwulan sebelumnya karena harapan masyarakat yang lebih pada pelayanan di rumah sakit

  12. PAVILLIUN ANGGREK
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV sebesar 80.30 dan pada triwulan I 2018 sebesar 77.00 dengan nilai terendah pada unsur prosedur pelayanan, IKM pada triwulan ini menurun di banding triwulan sebelumnya karena harapan masyarakat yang lebih pada pelayanan di rumah sakit

  13. INSTALASI CARE UNIT
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV sebesar 83.23 dan pada Triwulan I 2018 sebesar 80.48 dengan nilai terendah terdapat pada Waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini menurun tetapi masih dalam tingkat sangat baik

  14. INSTALASI GAWAT DARURAT
    Indek Kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 81.40 dan pada Triwulan I 2018 sebesar 87.27, nilai terendah terdapat pada maklumat pelayanan,IKM pada triwulan ini sangat baik dan meningkat pada setiap unsurnya

  15. INSTALASI BEDAH SENTRAL
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 84.70 dan pada triwulan I 2018sebesar 83.23  dengan nilai terendah terdapat pada unsur Waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini sangat baik meskipun ada penurunan pada sebagian unsur dikarenakan waktu pelayanan dan waktu tunggu operasi yang  lama

  16. POLI JANTUNG
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 82.87 dan pada Triwulan I 2018 sebesar 79.20 dengan nilai terendah terdapat  pada unsur waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini menurun dikarenakan jumlah pasien di polijantung semakin banyak  dan persepsi responden yang menginginkan pelayanan semakin cepat

  17. POLI ANAK
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 84.02 dan pada triwulan I 2018 sebesar 76.63 adapun nilai terendah terdapat pada waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini menurun karena waktu tunggu pelayanan

  18. POLI KANDUNGAN
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV sebesar 81.03 dan pada Triwulan I tahun 2018 sebesar 83.23 dengan nilai terendah pada unsur prosedur pelayanan, IKM  pada triwulan ini naik dan mendapat penilaian sangat baik

  19. POLI BEDAH
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 81.22 dan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 77.55 dengan nilai terendah terdapat pada unsur waktu pelayanan, IKM pada triwiulan ini menurun karena waktu pelayanan terjadi karena responden mengharap pelayanan semakin cepat

  20. POLI MATA
    Indek kepuasan pelayanan pada triwulan IV 2017 sebesar 79.60 dan pada triwulan I 2018 sebesar79.57, adapun nilai terendah terdapat pada unsur persyaratan pelayanan, IKM pada triwulan ini cenderung stagnan dan pada nilai baik

  21. POLI JIWA
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017  sebesar 85.80  dan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 93.13, IKM pada triwulan ini naik dan pada nilai sangat baik

  22. POLI PARU
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 86.90 dan pada triwulan I 2018 sebesar 78.72 dengan nilai terendah terdapat pada unsur  waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini menurun karena waktu tunggu pelayanan disebabkan jumlah dokter spesialistik hanya 1 orang melayani rawat jalan dan rawat inap.

  23. POLI THT
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV 2017 sebesar 79.02 dan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 75.53 dengan nilai terendah terdapat pada unsur waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini menurun karena responden mengharap pelayanan lebih cepat dan jumlah dokter spesialistik hanya 1 orang

  24. POLI INTERNE
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV tahun 2017 sebesar 82.13 dan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 82.50 dengan nilai terendah terdapat pada persyaratan pelayanan, IKM pada triwulan ini cenderung stagnan dan pada nilai sangat baik

  25. POLI REHABILITASI MEDIK
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV tahun 2017 sebesar 85.98 dan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 81.77,dengan nilai terendah terdapat pada unsur waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini menurung tapi dalam penilaian sangat baik dan penurunan disebabkan pada waktu tunggu pelayanan

  26. POLI SARAF
    Indek kepuasan masyarakat pada triwulan IV tahun 2017 sebesar 76.27  sedangkan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 77.55 dengan nilai terendah terdapat pada unsur waktu pelayanan, IKM pada tiwulan ini meningkat meskipun responden masih mengharapkan pada waktu tunggu lebih ditingkatkan

  27. POLI GIGI
    Indek kepuasan masyarakat tentang pelayanan pada triwulan IV 2017 sebesar 83.23 sedangkan pada triwulan I 2018 sebesar 81.22 dengan nilai terendah terdapat pada unsur waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini  turun dan disebabkan pada unsur waktu tunggu pelayanan dan masih pada penilaian sangat baik

  28. POLI HEMODIALISA
    Indek kepuasan masyarakat tentang pelayanan pada triwulan IV tahu 2017 sebesar  83.78 sedangkan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 77.73 dengan nilai terendah terdapat pada unsur  persyaratan pelayanan, IKM pada triwulan ini cenderung turun karena persyaratan pelayanan sehingga lebih disosialisasikan lagi tentang persyaratan pelayanan

  29. POLI ONKOLOGI/ORTHOPEDI
    Indek kepuasan masyarakat tentang pelayanan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 78.83 dengan nilai terendah terdapat pada unsur waktu pelayanan,  IKM pada tiwulan ini pada penilaian baik dan responden mengharapkan kecepatan pelayanan lebih ditingkatkan

  30. PENDAFTARAN
    Indek kepuasan masyarakat tentang pelayanan pada triwulan IV tahun 2017 sebesar 76.02 dan pada triwulan I tahun 2018 sebesar 77.18 , adapun nilai terendah terdapat pada waktu pelayanan, IKM pada triwulan ini meningkat dari sebelumnya dan responden mengharap waktu pelayanan ditingkatkan


D.      KELUHAN



  • Terjadi kesenjangan terhadap jam kunjung keluarga pasien antara pasien VIP dengan pasien kelas I,II,III

  • Kurangnya perhatian petugas di ruang rawat inap

  • Waktu tunggu dipelayanan rawat jalan lama


E.      KESIMPULAN


Pada unit-unit pelayanan tercapai angka kumulatif penilaian pada triwulan IV tahun 2017  sebesar 81.64 sedangkan triwulan I tahun 2018 sebesar 79.85 dengan kategori mutu pelayanan “BAIK” yang berarti sebagian besar responden merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dan nilai terendah terdapat pada waktu  pelayanan




Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 732397 user
  • IP address : 44.220.181.180
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU