large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
WASPADA HIPOGLIKEMI,PAVILIUN ANGGREK HIMBAU CEK KESEHATAN SECARA BERKALA
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-12-08 -|- 01:45:00 oleh Admin

 


RSDK Hari Ini. Gula darah atau glukosa merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti, kentang, atau susu, glukosa juga diproduksi secara alami oleh hati. Bila kadar gula dalam darah rendah, maka tubuh akan kekurangan energi untuk beraktivitas.


Pada Kesempatan Pagi Hari Ini Jumat,08 Desember 2023 Instalasi PKRS Mengadakan Sosialisasi Kesehatan Kolaborasi Bersana Paviliun Anggrek Bertempat Di Ruang Tunggu Pasien Paviliun Anggrek jam 07.00 Wib – 08.00 Wib dengan pemateri Ahmad Fikri Harismi, S.Kep.,Ns selaku perawat di paviliun anggrek.


ANGGREK 1


Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah normal. Selain sering dialami oleh penderita diabetes, beberapa penyakit lain dan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kondisi ini.


Hipoglikemia terjadi bila kadar gula darah di bawah 70 mg/dL. Namun, tergantung pada kondisi pasien, gejala hipoglikemia bisa muncul pada kadar gula darah yang berbeda-beda.kondisi ini tidak dapat disembuhkan,namun dapat dikendalikan guna mencegah komplikasi dan mempertahankan kualitas hidup.


Tingkat gula darah dapat sewaktu – waktu menjadi terlalu rendah karena berbagai alasan, diantaranya adalah :



  1. aktivitas fisik berlebihan,

  2. penggunaan dosis yang tidak tepat untuk insulin/obat anti diabetes atau

  3. tidak cukup makan atau makan terlambat.


Keadaan tersebut sifatnya ringan dan dapat ditangani dengan cepat dengan memberikan makan atau minum sesuatu berkadar gula tinggi seperti teh manis atau jus buah manis karena masih termasuk dalam Gejala Ringan namun untuk Gejala Berat jika kadar gula darah terlalu rendah maka tubuh, termasuk otak, tidak akan bisa berfungsi dengan baik.  Gejala gula darah biasanya tidak spesifik dan pasien mungkin merasa tidak nyaman dan bisa mengalami hal-hal berikut ini:



  1. Lelah

  2. Pusing

  3. Pucat

  4. Bibir kesemutan

  5. Gemetar

  6. Berkeringat

  7. Merasa lapar

  8. Jantung berdebar-debar

  9. Sulit berkonsentras dan mudah marah


Jika memungkinkan, disarankan untuk memeriksa gula darah saat itu juga.Jika tidak pasien/penderita diberi minum gula atau jus buah.Gula atau glukosa dapat digunakan untuk mengoreksi gula darah rendah.


ANGGREK 2


Gula darah yang turun secara drastis sebaiknya dihindari pada semua pasien/penderita diabetes, terutama anak-anak dan orang tua, dengan obat antidiabetes.


Jika tidak diobati dapat memperburuk kondisi pasien.Penderita hipoglikemia yang kondisinya makin memburuk akan mengalami gejala-gejala seperti:



  1. Mengantuk

  2. Gangguan penglihatan

  3. Seperti kebingungan

  4. Gerakan menjadi canggung, bahkan berperilaku seperti orang mabuk

  5. Kejang

  6. Hilang kesadaran bahkan kematian


Apabila pasien tidak sadar yang terbaik adalah memberikan glucosa intravena di bawah pengawasan medis.


Gejala yang memburuk tersebut pada umumnya terjadi ketika kadar darah turun secara drastis akibat hipoglikemia yang tidak mendapat penanganan tepat. Hipoglikemi yang tidak ditangani dapat menyebabkan koma.Kemudian ditengah – tengan Ahmad Fikri Harismi, S.Kep.,Ns memberikan sosialisasi kesehatan ada pertayaan dari ibu nur hosiyah,Apakah hipoglikemi dapat di cegah ? Hipoglikemi dapat di cegah dengan cara :



  1. Rutin memantau kadar gula dalam darah dan kenali gejala hopoglikemia agar cepat tertangani

  2. Mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang sesuai dengan jadwal makan yang sehat

  3. Mengkonsusmsi obat pengontrol gula darah secara teratur dan sesuai dosis

  4. Hindari aktifitas yang berlebihan

  5. Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter

  6. Jika beraktifitas diuar rumah pastikan untuk membawa camilan atau minuman manis

  7. Hindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol

  8. Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seelum melakukan olahraga ringan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terjadinya hipoglikemia.


Selain itu Ahmad Fikri Harismi, S.Kep.,Ns juga menjelaskan Tujuan terapi hipoglikemia adalah mengembalikan dengan cepat level glukosa darah ke rentang normal, mengurangi atau meniadakan risiko injuri dan gejala. Namun, terapi hipoglikemia harus memperhatikan dan menghindari overtreatment yang bisa menjadikan pasien hiperglikemia dan peningkatan berat badan. Ketika diperlukan, pengukuran glukosa darah dilakukan untuk mengkonfirmasi adanya hipoglikemia (khususnya ketika terdapat kemungkinan pasien tersebut dalam pengaruh alkohol)


Adapun hal yang dapat kita lakukan agar terhindar dari hipoglikemi adalah :



  1. Makan makanan yang manis

  2. Larutan gula dapat dbuat dengan cara melarutkan 2 sdm gula pasir dalam satu gelas gelas air putih

  3. Bila gejala gula darah tidak membaik setelah minum air gula segera pergi ke dokter atau rumah sakit.

  4. Pasien DM yang menjalani terapi insulin sebaiknya membawa permen atau tablet gula.


ANGGREK 3


Setelah dijelaskan tentang bahaya hipoglikemia ada lagi 2 pertanyaan,pertanyaan pertama dari iriana bayu yaitu apabila tidak pernah di cek apa bisa tau dari tanda – tanda yang di sebutkan tadi bahwa kita hipoglikemia ?


Kemudian Ahmad Fikri Harismi, S.Kep.,Ns menjelaskan bahwa sitiap orang yang mempunyai gejala tersebut atau khawatir menderita hipoglikemia harus rutin memeriksakan kadar gula dalam darah agar selalu terpantau,pasien bisa membeli sendri alat ( Glukometer ) atau bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.


Pertanyaan selanjutnya adalah dari ibu vio putri yaitu bagaimana solusi pada pasien hipoglikemia pada saat berpuasa ?


Ahmad Fikri Harismi, S.Kep.,Ns  menjelaskan untuk tidak melewatkan makan sahur,Makan sahur sangatlah penting dan tidak boleh terlewat. Karena bila sahur terlewat dapat menyebabkan cadangan energi selama berpuasa tidak cukup dan dapat menyebabkan kondisi hipoglikemia.


Tetap makan 3 kali sehari, Sekalipun idealnya makan pada bulan puasa adalah 2 kali yaitu sahur dan berbuka puasa, pada penderita diabetes makan tetap 3 kali yaitu makan sahur menjadi sarapan, buka puasa menjadi makan siang, dan makan setelah sholat tarawih menjadi makan malam. Pada saat sahur disarankan mendekati waktu imsak atau subuh. Sedangkan pada saat berbuka, dianjurkan sesegera mungkin. Hal ini mencegah gula darah tidak turun terlalu lama yang akan menyebabkan risiko hipoglikemia.


Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dengan mengatur porsi makan dengan baik seperti rutin mengosumsi makanan berserat. Karena makanan berserat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Seperti nasi merah, gandum, sayur, dan buah


Untuk mencegah dehidrasi adalah dengan minum air putih yang cukup. Sedangkan minum minuman manis atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh tidak disarankan karena dapat menyebabkan lebih sering buang air kecil sehingga akan memicu dehidrasi.


Periksa Gula darah teratur sangatlah penting dilakukan pemeriksaan gula darah secara rutin. Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan alat pengukur gula darah. Pemeriksaan dapat dilakukan 2-4x/hari yaitu pada saat sahur, selama berpuasa dan setelah berbuka puasa. Hal ini penting untuk mencegah adanya hipoglikemi maupun hiperglikemia. Karena bila gula darah anda kurang dari 70 mg/dl dan lebih dari 300 mg/dl disarankan untuk membatalkan puasa


Rutin berolahraga berolahraga saat puasa sangat bagus untuk menjaga kebugaran tubuh, namun untuk pasien diabetes tidak disarankan berolahraga dengan intensitas yang tinggi seperti berlari, berenang, aerobik. Karena akan memicu hipoglikemia. Sholat tarawih bisa dijadikan salah satu olahraga sekaligus ibadah.


ANGGREK 4


Jika curiga sedang mengalami hipoglikemia, disarankan untuk segera menemui dokter terutama jika  kondisi Anda tidak mengalami perubahan positif meski sudah ditangani (misalnya dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis),RSUD dr. H. Koesnadi siap memberikan pelayaan yang terbaik untuk membantu mangatasi permasalahan mengenai diabetes dan hipoglikemia dengan dokter spesialis dalam terbaiknya,terimakasih atas kepercayaan anda kepada kami hingga saat ini dan masa yang akan dating,Salam sehat.( PKRS/MILA )

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 633074 user
  • IP address : 3.138.174.174
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU