large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Penyedia Layanan Edukasi & Promosi Kesehatan, PKRS RSDK Siap Berikan Yang Terbaik
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-02-01 -|- 12:14:29 oleh Admin

RSDK hari ini. Promosi Kesehatan Rumah Sakit atau yang biasa disingkat dengan PKRS seringkali ditafsirkan sebagai bagian pemasaran atau marketing atau bahkan bagian dari humas. Walaupun ketiga fungsi ini berbeda, namun sebenarnya dalam pelaksanaannya tetap diharuskan ada sinergi dan tidak boleh dikotak-kotakkan fungsinya. Lalu apa fungsi dan peran Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) yang sebenarnya? Permenkes No. 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit menyebutkan bahwa Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) adalah proses memberdayakan pasien, keluarga pasien, sumber daya manusia Rumah Sakit (RS), pengunjung Rumah Sakit (RS), dan masyarakat sekitar Rumah Sakit (RS) untuk berperan serta aktif dalam proses asuhan untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju pencapaian derajat kesehatan yang optimal. Dapat disimpulkan jika peran penting Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan di mana sesuai dengan value penting dari kegiatan promosi kesehatan adalah membuat sasaran berdaya untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal (yankes.kemkes.go.id).


Mencapai derajat kesehatan yang optimal baik fisik, mental, dan social tidak hanya ditujukan kepada pasien atau orang yang sedang sakit. Kata “optimal” berarti setiap orang punya kesempatan untuk meningkatkan derajat kesehatannya. Setiap orang tentunya memiliki derajat kesehatannya hingga kebutuhan akan tingkat kesehatannya masing-masing. Oleh karena itu, kegiatan dari tujuan promosi kesehatan haruslah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Tujuan promosi kesehatan untuk pasien atau orang yang sakit adalah mendukung pengobatan bisa optimal dari sakit menjadi sehat. Sebagai bagian yang penting di lingkungan rumah sakit itulah, Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) memiliki peranan dan tanggung jawab cukup banyak. Memberikan edukasi kepada pasien dan keluarganya mulai dari pendaftaran sampai pasien pulang, bahkan setelah pasien di rumah sehingga pengobatan yang diberikan bisa berhasil dengan maksimal. Memberikan penyuluhan dan informasi kesehatan yang benar kepada masyarakat sehingga derajat kesehatan semakin meningkat dan tidak menjadi sakit.


 instalasi pkrs feb24


Apabila untuk orang sehat maka upaya promosi kesehatan bisa bertujuan untuk mencegah agar seseorang tidak sampai sakit atau bisa jadi lebih sehat lagi. Pada saat inilah kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) terasa lebih kompleks karena dibutuhkan kerjasama serta koordinasi tim yang baik antarbagian dan lintas profesi. Tujuannya tentu adalah untuk memberikan materi edukasi dan penyuluhan tentang kesehatan yang benar langsung dari ahlinya sehingga bisa meluruskan kesalahan informasi kesehatan yang banyak beredar di media sosial dan media lainnya, baik secara edukatif ataupun pemanfaatan secara aplikatif.


Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) tidak boleh hanya fokus pada promosi kesehatan kepada pasien karena sasaran kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) juga termasuk keluarga pasien, sumber daya yang ada di Rumah Sakit (RS), pengunjung Rumah Sakit (RS) bahkan masyarakat di sekitar Rumah Sakit (RS). Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) harus lebih komprehensif, kompleks dan lebih luas lagi dalam melihat permasalahan kesehatan yang ada. Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) tidak hanya mencakup seluruh sasaran sesuai dengan definisi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), sebab akan sia-sia karena fungsinya dalam mendukung visi dan misi Rumah Sakit (RS) pasti akan ambigu. Keberadaan tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) diharapkan dapat mendorong sumber daya Rumah Sakit (RS) untuk lebih aktif dalam mendukung perubahan perilaku dan lingkungan sasaran promosi kesehatan sehingga bisa tercapai peningkatan derajat kesehatan yang optimal.


 instalasi pkrs feb24a


Target besar lain yang penting dicapai dalam kegiatan promosi kesehatan adalah terbangunnya paradigma positif pada sasaran program sehingga tercapai perubahan perilaku ke arah yang lebih baik yaitu dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tentunya perubahan perilaku tidak bisa didapat secara instan dan seketika namun diawali dengan perubahan akibat adanya input pengetahuan berkelanjutan lalu terjadi perubahan sikap dari tahu, menjadi mau untuk berubah. Setelah tercapai perubahan sikap menjadi mau maka kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) harus dipastikan bisa menghasilkan kondisi sasaran yang mampu untuk berubah. Tercapainya kemampuan sasaran untuk berubah melalui terjadinya perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku tersebut menjadi peranan penting Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dalam memberdayakan sasaran kegiatan sehingga sasaran bisa berdaya baik saat di dalam maupun di luar Rumah Sakit (RS).


Sebagai salah satu penyedia layanan jasa kesehatan di lingkungan kabupaten Bondowoso, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga memiliki tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) nya sendiri. Sebagai bagian yang tidak terpisah dari program pelayanan kesehatan Rumah Sakit (RS), tim PKRS RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) berperan aktif dalam proses asuhan, mendukung perubahan perilaku dan lingkungan, serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju pencapaian derajat kesehatan yang optimal dibawah komando Nur Aini Lestari, S.KM. selaku Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).


 instalasi pkrs feb24b


Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) antara lain



  1. Pelayanan loket admisi

  2. Penyuluhan melalui majalah dinding

  3. Penyuluhan kelompok kolaborasi

  4. Penyuluhan individu

  5. Pembuatan video edukasi dan liputan kegiatan

  6. Pembuatan artikel dan flyer edukasi


 instalasi pkrs feb24c


Pelayanan loket admisi berupa loket penerimaan pasien rawat jalan dalam memberikan informasi kepada pasien dan keluarga, serta mengecek kelengkapan dokumen administrasi. Dokumen administrasi yang dibutuhkan antara lain berkas rujukan dari fasilitas kesehatan pertama hingga kartu tanda pengenal. Tak perlu khawatir, jika tidak membawa dokumen fisik, dokumen online juga tetap mendapatkan hak layanan kesehatannya. Layanan loket admisi beroperasi sejak pukul 06.30 WIB setiap hari Senin hingga Jum’at yang terletak di depan pintu masuk Gedung Instalasi Rawat Jalan. Tak hanya mengecek kelengkapan berkas, namun di dalam layanan loket admisi, masyarakat maupun pengguna layanan kesehatan juga terdapat layanan informasi mengenai jadwal dokter spesialis hingga keluhan yang dirasakan dapat menuju ke layanan poli mana saja.


Penyuluhan majalah dinding berupa kegiatan promosi kesehatan media massa Rumah Sakit (RS) berupa media tulis yang biasanya ditempel di dinding. Terletak dan tersebar di beberapa titik lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yaitu di paviliun Bougenville, paviliun Dahlia, paviliun Seruni, paviliun Mawar, paviliun Anggrek serta poli Bedah Saraf. Layanan ini bermanfaat sebagai media penyebaran informasi serta edukasi berupa media cetak yang dikemas dalam media menarik berupa poster hingga flyer kesehatan. Tak perlu khawatir, informasi kesehatan yang didapatkan merupakan informasi kesehatan terbaru dan ter-up to date dengan menggunakan sumber kesehatan terpercaya. Jadi masyarakat maupun pengguna layanan kesehatan akan mendapatkan informasi benar dari sumber yang terpercaya.


 instalasi pkrs feb24d


Penyuluhan kelompok kolaborasi berupa kegiatan penyuluhan kesehatan kepada pasien dan pengunjung berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain (perawat, bidan, ahli gizi, analis, radiographer, dll). Kegiatan ini dapat diakses setiap minggunya di beberapa titik lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dengan tema informasi kesehatan yang diangkat selalu berbeda di setiap kegiatannya. Dalam layanan ini, selain mendapatkan informasi secara langsung dari tenaga professional di bidangnya, masyarakat juga dapat melakukan konsultasi gratis melalui layanan tanya jawab di akhir kegiatan penyuluhan. Tak ayal, kegiatan penyuluhan kelompok kolaborasi menjadi salah satu kegiatan favorit bagi masyarakat maupun pengguna layanan kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK).


Penyuluhan individu berupa kegiatan penyuluhan petugas promosi kesehatan secara individu kepada masyarakat dan pengguna jasa layanan kesehatan di poliklinik rawat jalan. Kegiatan ini dapat diakses ketika masyarakat dan pengguna jasa layanan kesehatan membutuhkan informasi seputar layanan kesehatan yang dibutuhkan hingga informasi seputar kesehatan yang dibutuhkan. Informasi seputar layanan kesehatan dapat berupa layanan seputar poli rawat jalan, dokter spesialis yang bertugas, jadwal operasi layanan poli, penggunaan aplikasi mobile JKN online hingga dokumen kontrol yang dibutuhkan. Sedangkan informasi kesehatan dapat berupa informasi tata cara cuci tangan yang benar, penggunaan masker dan etika batuk yang benar, hingga perilaku hidup bersih sehat dalam mencegah penularan penyakit.


 instalasi pkrs feb24e


Pembuatan video edukasi dan liputan kegiatan berupa kegiatan membuat video edukasi kesehatan dan liputan kegiatan di area Rumah Sakit (RS) yang nantinya di informasikan melalui media sosial RSDK (Instagram, youtube, grub whatsapp, facebook dll). Video edukasi kesehatan dibuat dengan memberikan informasi mengenai penyakit hingga pencegahan dan pengobatannya yang dilakukan setiap adanya perayaan bulan, pekan, minggu hingga hari kesehatan. Tak hanya dapat diakses di social media, namun video edukasi kesehatan ini dapat diakses di ruang tunggu instalasi rawat jalan yaitu pada pemutaran Televisi pada pukul 10.00-11.00 WIB. Sedangkan video liputan kegiatan merupakan seluruh kegiatan yang telah dilakukan dan diberlakukan di lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), berupa program kegiatan yang sedang dan akan berlangsung, kegiatan Kerjasama bersama lembaga lain, pengenalan layanan poli, paviliun hingga instalasi penunjang maupun prestasi yang berhasil RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) dapatkan sebagai bentuk pertanggungjawaban serta penyebarluasan informasi kepada masyarakat dan pengguna jasa layanan kesehatan.


Terakhir yaitu pembuatan artikel dan flyer edukasi berupa kegiatan membuat poster kesehatan online dan artikel online mengenai kegiatan di lingkungan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) yang nantinya akan di informasikan melalui media sosial RSDK (Instagram, youtube, grub whatsapp, website, facebook dll). Artikel dan flyer ini merupakan media informasi seputar layanan Rumah Sakit (RS) hingga informasi kesehatan menggunakan format tulisan informatif dan menarik yang mudah dipahami oleh masyarakat.


Seluruh kegiatan yang dilakukan tim Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) merupakan kerja keras dan kerja sama utuh dari 6 orang promotor kesehatan dan 2 orang administrasi meliputi:



  1. Nur Aini Lestari, S.KM.

  2. Melati Laksni Putri, S.KM.

  3. Iftitah Adi, S.KM.

  4. Linda Darmayanti, S.KM.

  5. Mila Kumala, S.KM.

  6. Fenindra Anggi Alifta, S.K.M

  7. Deva Marenda Shohibul Muchtar, S.I.Kom

  8. Matra’is


 instalasi pkrs feb24f


Terimakasih atas dukungan, kepercayaan hingga apresiasi yang begitu besar kepada RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terkhususkan di instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). Kami akan terus berbenah memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal, mohon doa nya selalu agar kami tetap dan terus beramanah memberikan pelayanan kesehatan yang terus maksimal. Jayalah selalu instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), berikanlah kasih sayang dalam ketulusan pelayananmu sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat tercipta secara prima dan maksimal di wilayah kabupaten Bondowoso dan sekitarnya. Salam Sehat. (PKRS/SWILING).

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 631991 user
  • IP address : 3.138.138.144
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU