large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Mobile JKN
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Dokter Bedah Saraf RSDK Dapatkan Keberhasilan Paripurna Operasi Subdural Hematom Kronis
Kategori Berita | Diposting pada : 2023-03-08 -|- 03:05:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Tepatnya pada tanggal 8 Maret 2023, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) telah melakukan operasi Subdural Hematom Kronis yang dipimpin langsung oleh dr. Achmad Kurniawan, M.Ked.Klin, Sp.BS. selaku dokter spesialis bedah saraf. Persiapan operasi dilakukan pukul 08.30 - 09.00 WIB sedangkan operasi dimulai pada pukul 09.00 - 09.15 WIB. Sebelumnya pasien telah mendapatkan tindakan pembiusan (anastesi) langsung oleh dr. Anditya Wisnuwardana, Sp. An selaku dokter spesialis anastesi. Keberhasilan operasi ini sebagai bentuk kerja tim medis dan tenaga kesehatan multidisiplin RSDK. Selain dokter spesialis profesional, keberhasilan operasi ini juga didukung oleh keefektifan kerja dari tim solid Instalasi Bedah Sentral yaitu Andra Wijaya Diharjo, Amd.Kep., Dwi Jonarko, A.Md.Kep., Muhamad Zainor Roziqin, S.Kep.Ns., serta Febby Dwi Eryono, Amd. Kep. 


bedah burr hole23
Subdural hematoma alias perdarahan subdural adalah kondisi yang sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Penyakit ini terjadi akibat darah menumpuk di antara dua lapisan di otak, yaitu lapisan arachnoid dan lapisan dura atau meningeal (halodoc.com). Salah satu cara pengobatan untuk mengatasi hematoma subdural baik akut maupun kronis adalah melalui tindakan operasi. Oleh karenanya pasien berusia 82 tahun penderita Subdural Hematom Kronis ini mendapatkan tindakan operasi dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup. "Tindakan yang akan dilakukan kali ini adalah burr hole atau pembuatan lubang kecil pada tengkorak. Setelahnya akan dipasang selang untuk mengeluarkan pendarahan yang ada." jelaskan dr. Achmad Kurniawan, M.Ked.Klin, Sp.BS. Teknik pembuatan lubang pada tengkorak bukanlah teknik baru. Bahkan, teknik ini sering digunakan dalam bedah saraf. Prosedur ini aman dan telah menyelamatkan banyak orang, khususnya mereka yang mengalami cedera atau trauma berat pada kepala (docodc.com). 


bedah burr hole23a
Perkembangan dari tindakan bedah modern saat ini membuat teknik bedah burr hole menjadi sebuah prosedur yang umum. Pasien akan berpeluang tinggi mendapatkan hasil yang lebih baik, jika prosedur dilakukan oleh dokter bedah saraf yang sangat berpengalaman. "Tindakan operasi burr hole pasien yang sebelumnya dirawat secara intensif di Stroke Corner RSDK tidak membutuhkan waktu yang lama. Diperkirakan memakan waktu selama 15 - 30 menit, apalagi RSDK telah memiliki dokter spesialis bedah saraf profesional yaitu dr. Achmad Kurniawan, M.Ked.Klin, Sp.BS." jelaskan Dwi Jonarko, A.Md.Kep. 


bedah burr hole23b


bedah burr hole23c
RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatannya, baik dalam hal sarana dan prasarana hingga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) didalamnya. "Tak perlu khawatir, pasien BPJS atau non BPJS akan mendapatkan hak nya dengan baik. Tidak ada diskriminasi apapun. Seperti halnya tindakan operasi burr hole dari subdural hematoma kronis saat ini. Pasien merupakan pengguna BPJS program bantuan pemerintah. Telah terbukti keberhasilan tindakan operasi hasil nyata dari pelayanan prima dengan fasilitas modern bersama dokter spesialis berpengalaman bersama dr. Achmad Kurniawan, M.Ked.Klin, Sp.BS. adalah jawaban nyata atas ketidakadaannya tindakan diskriminasi kepada pasien." ujar Edhi Purwanto, S.Kep.,Ns. selaku kaur Instalasi Bedah Sentral. (PKRS/SWILING)


bedah burr hole23d

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 628926 user
  • IP address : 13.59.61.119
  • OS : Unknown Platform
  • Browser : Mozilla 5.0
GALERI KEGIATAN TERBARU