
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Program inovasi hasil kerjasama dengan PT Pos Indonesia cabang Kabupaten Bondowoso, Layanan Pengantar Obat yang ada di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) telah memiliki ruang khusus di hati pasien maupun keluarga pasien yang sedang berobat. Pasalnya total penggunaan jasa pelayanan ini meningkat cukup drastis sejak dibuka pada tanggal 12 Januari 2023 lalu. Awal dibuka pengguna jasa layanan ini berada di angka 4 layanan saja hingga meningkat menjadi 60 layanan. Luluk Maknunah selaku petugas Layanan Pengantar Obat mengungkapkan bahwa pada bulan Juni 2023 saja total pengguna layanan telah mencapai 756 layanan. "Bulan April 2023 lalu terdapat 984 pengguna layanan sedangkan pada bulan Mei 2023 mencapai penggunaan layanan tertinggi yaitu sekitar 1200 layanan. Untuk bulan Juni sendiri hingga tanggal 21 Juni 2023 terpantau berada pada angka 756 layanan. Alhamdulillah dalam sehari rata-rata terdapat 30 hingga 60 pengguna layanan pengantar obat ini. Peningkatan yang cukup pesat, mengingat pada awal pembukaan program inovasi ini pernah tercatat hanya ada 4 layanan saja yang masuk." ungkapnya.
Layanan Pengantar Obat siap beroperasi untuk melayani masyarakat sejak pukul 07.00 - 15.00 WIB setiap hari Senin hingga Jum'at. Perlu diingat pula jika tidak semua jenis obat dapat dilayani dalam program ini. Indri Hardini, S.Farm.Apt. selaku Kepala Instalasi Farmasi mengungkapkan bahwa tidak semua obat dapat dimasukkan ke dalam program pelayanan ini dikarenakan terdapat beberapa syarat dan prosedur yang harus dijalankan. "Sebelum menggunakan layanan pengantar obat, obat pada resep akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas Farmasi. Syaratnya adalah bukan termasuk ke dalam jenis obat termolabil beserta obat-obat yang termasuk ke dalam golongan tertentu seperti psikotropik dan narkotik." jelasnya.
Kemanfaatan yang besar dirasakan oleh masyarakat Bondowoso dan sekitarnya. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari Faridatul Ma'rifat asal Tenggarang selaku keluarga pasien atas nama ibu Fatimah yang merupakan pasien dari poli Dalam RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK). Pasalnya dengan adanya layanan pengantar obat ini, Faridatul Ma'rifat sudah tidak perlu mengantre obat kembali. "Alhamdulillah saya sangat terbantu sekali dengan adanya layanan pengantar obat PT Pos Indonesia. Hanya membayar dua belas ribu rupiah saja, obat langsung diantarkan sampai rumah. Ini merupakan kali ketiga saya menggunakan layanan ini. Daripada menunggu, belum beli cemilannya seharga sepuluh hingga lima belas ribu. Nah minumnya juga belum terhitung loh. Habisnya justru lebih banyak lagi daripada menggunakan layanan pengantar obat." jelasnya.
Memang benar tarif layanan pengantar obat PT Pos Indonesia terbilang murah, cukup membayar sebesar Rp. 12.000,00 untuk seluruh wilayah kabupaten Bondowoso dan Rp. 14.000, 00 untuk area di luar wilayah kabupaten Bondowoso. "Layanan pengantar obat sebagai program peduli kesehatan PT Pos Indonesia dikarenakan pak pos siap untuk antarkan obatmu." ujar Luluk Maknunah. Untuk proses pengirimannya sendiri terbagi ke dalam 2 shift pengiriman. Luluk Maknunah menjelaskan bahwa untuk COT 1 atau pengiriman shift satu dilakukan pada pukul 06.00 - 10.00 WIB sedangkan COT 2 atau pengiriman shift dua dilakukan pada pukul 10.00 - 15.00 WIB. "COT 1 akan mengantar obat yang telah siap antar pada rentang pukul 06.00 - 10.00 WIB. Nantinya perkiraan pengiriman hingga sampai di rumah yaitu pada siang hari sedangkan COT 2 akan mengantar obat yang telah siap antar pada rentang pukul 10.00 - 15.00 WIB dengan perkiraan pengiriman akan sampai di rumah sekitar jam 16.00 - 17.00 WIB. Paling lama menjelang magribh sudah akan diterima oleh pengguna jasa layanan. Untuk kasus pengguna jasa layanan yang masuk selepas pukul 15.00 WIB akan dikirimkan esok harinya dan obat akan sampai di rumah pada siang hingga sore hari." tambah Luluk Maknunah (23/6/2023).
"Saya harap program pelayanan pengantar obat ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi seluruh masyarakat. Monggo bapak ibu sekalian janganlah takut untuk menggunakan layanan ini." ujar Indri Hardini, S.Farm.Apt. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus berupaya dan meningkatkan kualitas mutu pelayanannya kepada masyarakat. Terimakasih atas dukungan dan kepercayaannya saat ini dan di masa mendatang. (PKRS/SWILING)

- Laboratorium PCR RS dr Koesnadi Bondowoso Lulus Uji
- In-House Training Komunikasi Efektif Media Motivator untuk Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pasi
- RSDK-Inspektorat : Pertahankan & Tingkatkan Inovasi Pelayanan
- Donor Darah Program Tali Asih Rutin Bersama, Penuhi Stock Kebutuhan Darah Bondowoso
- Selamat Hari Kanker Sedunia Close the Care Gap, Semua Berhak Untuk Dirawat
- Exit Conference Tanda Survey Akreditasi Telah Usai, Surveyor Sampaikan Kekuatan RSDK
- Sosialisasi Pencegahan Infark Miokard Akut, Yuk Cegah PTM Dengan Pola Hidup Sehat
- Rasakan Kemanfaatan UHC, Tren Permintaan Operasi Orthopaedi Dan Traumotologi Alami Peningkatan
- Rekreasi Sambil Berobat, Taman Baca dan Taman Bermain Paviliun Melati Tempatnya
- Mentoring Hari Kedua, RSDK Dapatkan Nilai Baik Dan Siap Layani Pasien TB RO
- Tekankan Pelaksanakan Etika Pelayanan Dasar, RSDK Siap Berikan Service Excellentnya
- Jangan Sepelekan Anyang-Anyangan, RSDK Sarankan Periksakan Diri Ke Poli Urologi
- Tingginya Prevalensi Katarak di Indonesia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Bertemakan Katarak
- Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Tes Tulis Ujian Kompetensi
- Peringati Hari Pendidikan, RSDK Tekankan Pentingnya Pendidikan Untuk Berikan Layanan Terbaiknya
- Divisi Pendidikan DWP RSDK Ajak Masyarakat Untuk Gemar Membaca Melalui Layanan Pojok Baca
- Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Ikuti Pemeriksaan Kesehatan di RSUD dr. H. Koesnadi
- Tata Tertib Pengunjung RSDK per- tanggal 17 Agustus 2022
- Pengumuman Peserta Lulus Seleksi Administrasi
- In-House Training Kardiologi Dasar Sebagai Peningkatan Kompetensi Dalam Pelayanan Jantung
- Dikunjungi oleh : 538848 user
- IP address : 3.233.221.90
- OS : Unknown Platform
- Browser :