large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Penyediaan Informasi Kesehatan Teraktual Pojok Edukasi Informasi RSDK
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-04-26 -|- 10:31:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Pelayanan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan (id.wikipedia.org). Rumah Sakit juga merupakan tempat dimana pelayanan publik diberikan kepada masyarakat, terkhususkan dalam menangani permasalahan seputar kesehatan. Inti dari pelayanan publik kesehatan yang optimal adalah tidak hanya berpusat pada sisi medis saja, namun dilakukan dengan mendukung berbagai fasilitas penunjang yang ada. Bagi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), salah satu fasilitas penunjang yang berada di penjuru lingkungan Rumah Sakit (RS) yaitu Pojok Edukasi Informasi, baik dalam pelayanan rawat inap, rawat jalan maupun penanganan kegawatdaruratan. Fasilitas penunjang ini dikelola oleh tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). Menurut Permenkes No. 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit, PKRS adalah proses memberdayakan pasien, keluarga pasien, sumber daya manusia rumah sakit, pengunjung rumah sakit, dan masyarakat sekitar rumah sakit untuk berperan serta aktif dalam proses asuhan untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju pencapaian derajat kesehatan yang optimal (26/4/2024).


pojok leaflet apr24


Tak hanya berperan aktif dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal, fasilitas pendukung ini juga merupakan wadah informasi terkait kegiatan dan juga pemberian informasi kepada masyarakat seputar program pelayanan hingga prestasi terbaru yang didapat oleh Rumah Sakit (RS). Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Rumah Sakit (RS) untuk terus memberikat edukasi kesehatan terbaru maupun informasi seputar Rumah Sakit (RS) terbaru kepada masyarakat. Bagi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), memperbarui Pojok Edukasi dan Informasi adalah hal yang penting. Oleh karenanya fasilitas pendukung ini selalu diperbarui setiap sebulan sekali. “Pemberian edukasi dan informasi kesehatan diberikan dalam bentuk leaflet. Leaflet adalah lembaran kertas berukuran kecil yang mengandung pesan tercetak untuk disebarkan kepada masyarakat umum sebagai informasi mengenai suatu hal atau peristiwa. Isi materi dari leaflet sangatlah beragam dan kami dapatkan dari petugas medis serta petugas kesehatan profesional. Jadi informasi kesehatan yang kami berikan merupakan informasi terbaru yang beredar saat ini." jelaskan Nur Aini Lestari, S,KM. selaku kepala Instalasi PKRS.


 pojok leaflet apr24a


Selain penjelasan di atas, berikut adalah penggambaran karakteristik media edukasi dan informasi leaflet antara lain



  1. Berbentuk selebaran A4 atau folio, namun bisa dilipat

  2. Gambar hanya sedikit karena lebih fokus pada tulisan untuk mendeskripsikan informasi secara lengkap

  3. Leaflet mencantumkan desain dan logo khas perusahaan sebagai identitas dalam leaflet dan produk yang diinformasikan.

  4. Leaflet harus dibuat menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti pembaca

  5. Pemberian judul pada leaflet harus dibuat sebaik mungkin untuk menarik minat pembaca

  6. Tulisan tidak perlu terlalu banyak karena dapat membuat bosan pembaca

  7. Padukan tulisan, gambar, dan tampilan agar menimbulkan kesan menarik bagi pembaca

  8. Materi yang tercantum pada leaflet harus sesuai dengan target sasaran yang dituju.


 pojok leaflet apr24b


Dengan adanya karakteristik di atas, maka pojok edukasi dan informasi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memiliki bahasan berbeda di setiap lokasinya. Hal ini dikarenakan pada poin ke-8 di atas yang menjelaskan bahwa materi yang tercantum pada leaflet harus sesuai dengan target sasaran yang dituju. “RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memiliki sebanyak 11 pelayanan rawat inap terdiri yang terdiri atas paviliun Anggrek, paviliun Bougenvil, paviliun Dahlia, paviliun Ijen, paviliun Krisan, paviliun Mawar, paviliun Melati, paviliun Rengganis, paviliun Seroja, paviliun Seruni, serta paviliun Teratai. Sedangkan pelayanan rawat jalan terdiri atas 21 poli yaitu poli Anak, poli Bedah Onkologi, poli Bedah Orthopedi, poli Bedah Umum, poli Bedah Saraf, poli Dalam, poli Geriatri, poli Gigi, poli Gizi, poli Jantung, poli Kandungan, poli Kulit dan Kelamin, poli Mata, poli Paru, poli Psikiatri, poli Rehabilitasi Medik, poli Saraf, poli Umum, poli VCT, poli THT serta poli Anestesi. Tentu saja bahan informasi dan edukasi yang dibutuhkan juga berbeda. Contohnya saja untuk poli Jantung dan ICCU (Intensive Cardiology Care Unit) akan difokuskan materi edukasi seputar jantung, jadi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) akan memberikan leaflet yang berjudul Quality Of Life With Healthy Cardio, Gagal Jantung, Pola Makanan Bergizi Seimbang Untuk Penyakit Jantung, Infark Miokard Akut, Stroke Pelajari Tanda-Tandanya, Tata Laksana Mobilisasi Post Stroke, Penyakit Jantung Koroner dan masih banyak lagi.” jelaskan Mila Kumala, S.KM. selaku salah satu petugas dari Instalasi PKRS.


 pojok leaflet apr24c


Jangan lupa untuk mengunjungi Pojok Edukasi dan Informasi RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), lalu dapatkan kemanfaatan yang besar dari informasi-informasi terbaru didalamnya. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan selalu melakukan yang terbaik dalam memberikan Excellent Service kepada seluruh masyarakat. Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami saat ini maupun di masa-masa mendatang. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 758779 user
  • IP address : 3.236.86.184
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU