
dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
- (0332) 421710
- (0332) 421974
- (0332) 422038

RSDK hari ini. Setiap pasien berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga profesional dan kompeten dibidangnya. Sebagai tenaga profesional maka haruslah mampu menjaga dan meningkatkan kemampuan maupun kompetensi secara berkesinambungan. Kredensial adalah proses evaluasi terhadap tenaga kesehatan lain untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klinis. Rekredensial adalah proses re-evaluasi terhadap tenaga kesehatan lain yang telah memiliki kewenangan klinis untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klinis tersebut.
Sesuai dengan amanah PERMENKES RI No. 36 Tahun 2014 bahwa Komite Tenaga Kesehatan Lain merupakan wadah non-struktural dalam Rumah Sakit (RS) yang mempunyai fungsi utama mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme melalui mekanisme kredensial, penjagaan mutu profesi, dan pemeliharaan etika serta disiplin profesi. Oleh karena itu, dalam menjamin mutu pelayanan penunjang kesehatan di RS secara profesional serta menjaga keselamatan pasien di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso (RSDK), diadakanlah In-House Training (IHT) Kredensialing dan Re-Kredensialing tenaga kesehatan lain. (Selasa, 16/8/2022)
IHT Kredensialing dan Re-Kredensialing tenaga kesehatan lain RSDK diadakan secara luring pada 16 dan 18 Agustus 2022 pada pukul 07.30 - 13.30 WIB di aula RSDK. Acara dibuka langsung oleh Agus Prasetiyo, S.Si. M.MKes. selaku Ketua Komite Tenaga Kesehatan Lain beserta dr. Yus Priyatna Adryanto, Sp.P selaku direktur RSDK pada pukul 08.45 WIB. Total peserta IHT berjumlah 141 orang yang terbagi ke dalam 2 hari kegiatan. Peserta merupakan Tenaga Kefarmasian Apoteker (APT), Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK), Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM), Nutrisionis, Perekam Medis, Sanitarian, Radiografer, Fisioterapis, Teknisi Elektromedis, Psikolog Klinik, Penata Anastesi, Gesti Orthotik Prostitetik, Terapi Wicara, Fisika Medik, Refraksionis Optision serta Terapis Gigi yang berasal dari RSDK baik tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga kontrak yang belum melalui proses kredensialing. Untuk pemateri IHT sendiri terdiri atas 3 orang, yaitu Agus Prasetiyo, S.Si. M.MKes., Titin Suryaningsih, Amd.AK serta Tim Kredensial Tenaga Kesehatan Lainnya.
Kegiatan IHT terbagi menjadi 4 sesi acara yaitu sesi kegiatan, sesi ceramah, sesi diskusi serta sesi wawancara. Setelah mengikuti IHT diharapkan peserta IHT kedepannya dapat berperan aktif dalam proses kegiatan kredensialing sehingga tercipta pelayanan penunjang kesehatan RS yang optimal serta dapat dipertanggungjawabkan secara profesional maupun hukum.
"Kredensial memiliki masa berlaku 3 tahun sekali, lebih sering terjadi dibandingkan tenaga kesehatan lain yang masa berlakunya 5 tahun sekali. Jadi ikuti kegiatan hari ini dengan seksama dan jangan lupa menerapkan dengan baik di lapangan." ujar dr. Yus Priyatna Adryanto Sp.P dalam sambutannya. Beliau juga tidak lupa mengingatkan seluruh karyawan terkait pentingnya kaderisasi regenerasi di setiap bagian sehingga pelayanan maksimal dan optimal RS tetap terjaga. Pernyataan ini didukung oleh Agus Prasetiyo, S.Si. M.MKes. dalam sambutan sekaligus sesi pemaparan materi IHT. "Rekredensial dilakukan setiap 3 tahun sekali namun jika ada kejadian yang membutuhkan tindakan lebih tinggi maka tetap dilakukan rekredensial dengan melakukan pelatihan terlebih dahulu. Tak lupa saya sampaikan juga jika saat ini RSDK telah memiliki tim asesor kredensial internal sendiri." ujarnya. Beliau juga menyebutkan bahwa tim asessor kredensial internal ini telah membantu beberapa RS di tapal kuda untuk membantu proses kredensial maupun rekredensialnya.
Kemanfaatan yang besar juga dirasakan oleh peserta IHT hari ini. "Acaranya bagus namun perlu ditingkatkan lagi persiapannya. Akan tetapi terlepas dari semuanya, kegiatan ini membantu kami sehingga tidak perlu lagi mencari kredensial di luar. Saya bangga dengan pemenuhan sarana dan prasarana RSDK dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan keterampilan dari SDM RS sehingga keprofesionalitasan tetap terjaga baik." ujar Alisa Dyan Megananda, A.Md.A.K dari unit Patologi Anatomi. Hal yang sama juga dirasakan oleh Failida Ustaniyah, A.Md.Kes dari Instalasi Rekam Medik. "Acara yang cukup baik. Alhamdulillah berjalan lancar. Pematerinya cocok sekali, komunikatif learning sehingga saya yang baru pertama kali mengikuti kegiatan kredensial ini mudah memahami dan menyerap ilmu dengan baik."
Lalu bagaimana dengan kesan jalannya acara dari panitia IHT? Berikut adalah pernyataan dari Titin Suryaningsih, Amd. AK. yang menyatakan kegembiraannya karena acara dan peserta IHT berjalan sesuai rencana. "Saat ini peserta hadir sesuai undangan dan juga dapat memanfaatkan kegiatan dengan maksimal. Namun tetap perlu pelatihan berkelanjutansehingga peningkatan mutu pelayanan publik RS tetap baik bahkan menanjak lebih baik lagi." ungkapnya. (PKRS/ANIS)

- Berjalan Efektif Skill Test Hari Kedua Yang Diikuti Oleh 6 Profesi Berbeda Di RSDK
- Ungkapan Tim Instalasi Gizi RSDK dalam Memperingati Hari Anak Sedunia
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Desember 2023, Simak dan Ketahui Jadwal Dokter Favoritmu
- Sosialisasi Alur Pelayanan RSDK Terbaru Di Ruang Tunggu Instalasi Rawat Jalan Bersama Instalasi PKRS
- Perawatan Luka Optimal Berperan Penting Dalam Proses Penyembuhan Luka & Cegah Terjadinya Infeksi
- Jadwal Praktek Dokter Spesialis Bulan Mei 2023, Simak dan Ketahui Jadwal Dokter Favoritmu
- Apel Pagi Rutin, RSDK Berkomitmen Berikan Layanan Terbaik Walaupun Liburan Panjang Lebaran Datang
- Pelayanan Instalasi Gawat Darurat pindah ke Gedung IGD Baru
- Satu dari Tiga Orang Indonesia Mengidap Hipertensi, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Hipertensi
- RSDK Mengucapkan Selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-78
- Peringati Hari Jadi Bondowoso, Seluruh Karyawan RSDK Bondowoso Kenakan Baju Adat
- Suka Duka UPF Kesehatan Jiwa RSUD dr. H. Koesnadi
- Serah Terima Plakat Paripurna Bintang Lima, Direktur RSDK Ingatkan Akan Peninjauan PPS
- Exit Conference - Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan RSDK dalam Hadapi Akreditas
- Tingginya Prevalensi Katarak di Indonesia, RSDK Adakan Edukasi Kesehatan Bertemakan Katarak
- Tingkatkan Pelayanan Prima Dengan Personel Baru, Paviliun Bougenville Siap Layani Dengan Hati
- Inovasi Layanan PT POS Siap Antarkan Obatmu Menjadi Primadona Di Kalangan Masyarakat
- Ujung Tombak Pusat Komunikasi Utama, Front Office RSDK Siap Berikan Layanan Terbaiknya
- RSDK, Dinkes, Puskesmas, Kita Adalah Kesatuan Dalam Organisasi Pelayanan Kesehatan
- Tingkatkan Pengetahuan, RSDK Adakan Anjungan Transfer Pengetahuan
- Dikunjungi oleh : 1017836 user
- IP address : 216.73.216.25
- OS : Unknown Platform
- Browser : Mozilla 5.0