large image
DIREKTUR RUMAH SAKIT

dr. Yus Priatna A, Sp. P
NIP. 19771002 200604 1 066
ALUR PENDAFTARAN ONLINE POLI PSIKIATRI/ JIWA
Maklumat Pelayanan
Mobile JKN
Alur Pendaftaran Rawat Jalan
Jadwal Dokter
MAMA ASI (Media Informasi dan Edukasi Pasien Pskiatri) >>> bit.ly/MAMA_ASI
Layanan Pengaduan
Nomer Informasi
CALL CENTER IGD
  • (0332) 421710
  • (0332) 421974
  • (0332) 422038
KRITIK DAN SARAN
Sosialisasi Alur Pelayanan RSDK Terbaru Di Ruang Tunggu Instalasi Rawat Jalan Bersama Instalasi PKRS
Kategori Berita | Diposting pada : 2024-05-15 -|- 12:35:00 oleh Admin

RSDK hari ini. Sebagai salah satu instansi yang menyediakan pelayanan publik di bidang kesehatan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terus melakukan pembenahan dan peningkatan di segala aspeknya mulai dari penyedian fasilitas, sarana dan prasarana, peningkatan pendidikan dan kompetensi tenaga professional hingga penambahan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini dilakukan untuk menunjang terciptanya visi utama terwujudnya Rumah Sakit (RS) yang terpercaya dan bermartabat dengan pelayanan kesehatan yang bermutu. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) juga berperan penting dalam penyelenggaraan penyediaan pemberian jaminan dan pelayanan kesehatan, hal ini dibuktikan dengan kegiatan pelayanan yang diberikan seperti fasilitas pelayanan rawat jalan, fasilitas pelayanan rawat inap, fasilitas pelayanan kamar tindakan, fasilitas pelayanan penunjang diagnostik, dll. Saat ini tercatat RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) memiliki sebanyak 11 paviliun rawat inap yang terdiri atas paviliun Anggrek, paviliun Bougenvil, paviliun Dahlia, paviliun Ijen, paviliun Krisan, paviliun Mawar, paviliun Melati, paviliun Rengganis, paviliun Seroja, paviliun Seruni, serta paviliun Teratai. Sedangkan pelayanan rawat jalan terdiri atas 21 poli yang terdiri atas poli Anak, poli Bedah Onkologi, poli Bedah Orthopedi, poli Bedah Umum, poli Bedah Saraf, poli Dalam, poli Geriatri, poli Gigi, poli Gizi, poli Jantung, poli Kandungan, poli Kulit dan Kelamin, poli Mata, poli Paru, poli Psikiatri, poli Rehabilitasi Medik, poli Saraf, poli Umum, poli VCT, poli THT serta poli Anestesi. Serta ditunjang pula oleh 16 instalasi dan 4 unit one day care. Instalasi pendukung terdiri atas Instalasi Bedah Sentral (IBS), Instalasi Laboratorium, Instalasi Farmasi, Instalasi Rawat Jenazah, Instalasi Gizi, Instalasi Radiologi, Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Instalasi Perbekalan (inventaris), Instalasi Pemeliharaan Sarana (IPS), Instalasi CSSD dan Laundry, Instalasi Rekam Medis, Instalasi Sanitasi, Instalasi Dialisis, Instalasi Informasi Teknologi (IT), Instalasi Kemoterapi, serta Instalasi Pengendali. Terakhir unit penunjang yang ada antara lain Unit Patologi Anatomi, Unit Cathlab, Unit Bronchoscopy dan Unit Endoskopi.


 peny alur baru pkrs mei24


Salah satu pelayanan publik yang cukup menarik perhatian bagi masyarakat di Bondowoso yaitu Pelayanan Rawat Jalan. Hal ini terbukti dari jumlah kunjungan pasien yang terus tinggi pada tahun 2023. Total kunjungan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr H. Koesnadi (RSDK) pada tahun 2023 adalah 117.850 kunjungan. Dimana pada bulan januari 2023 terdapat kunjungan pasien sebanyak 9.336 kunjungan sedangkan pada bulan januari 2024 terdapat kunjungan pasien sebanyak 11.716 kunjungan. Jadi terdapat kenaikan kunjungan sebesar 2.380 kunjungan pasien pada bulan januari tahun 2024. Untuk bulan februari 2023 terdapat kunjungan pasien sebanyak 9.758 kunjungan sedangkan pada bulan februari 2024 terdapat kunjungan pasien sebanyak 11.130 kunjungan. Jadi terdapat kenaikan kunjungan sebesar 1.372 kunjungan pasien pada bulan februari tahun 2024. Untuk bulan maret 2023 terdapat kunjungan pasien sebanyak 9.678 kunjungan sedangkan pada bulan maret 2024 terdapat kunjungan pasien sebanyak 10.110 kunjungan. Jadi terdapat kenaikan kunjungan sebesar 432 kunjungan pasien pada bulan maret tahun 2024. Pelayanan Rawat Jalan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) adalah pelayanan terhadap orang (pasien) yang masuk Rumah Sakit untuk keperluan observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lainnya tanpa tinggal di ruang inap bersama tenaga medis dan tenaga kesehatan profesional di dalamnya. Fasilitas pelayanan yang ada terdiri atas pelayanan publik umum beserta pelayanan publik kesehatan.


 peny alur baru pkrs mei24a


Untuk menunjang pelayanan prima dan mewujudkan visi utama maka RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengadakan perubahan pada alur pelayanan yang ada di Instalasi Rawat Jalan yang telah diujicobakan pada hari Jum’at tanggal 26 April 2024 lalu. Perubahan alur pelayanan ini telah disosialisasikan melalui beberapa platform media social RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK), akan tetapi masih tetap terdapat beberapa masyarakat yang belum mengetahui kebijakan perubahan terbaru ini. Oleh karenanya, RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) merasa perlu untuk menyebarluaskan informasi perubahan alur terbaru yang dikemas dalam sosialisasi perkenalan alur terbaru pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2024 pukul 09.00 – 09.45 WIB di depan ruang tunggu Instalasi Rawat Jalan. Pemateri yang bertugas adalah Matra’is selaku pertugas promosi kesehatan Rumah Sakit (RS) dari Instalasi PKRS.


 


“Pendaftaran merupakan elemen kunci dalam koordinasi kegiatan unit lain di Rumah Sakit (RS) yang diawali dengan proses registrasi pasien. Registrasi merupakan suatu pengumpulan data identifikasi pasien yang berupa data administrasi dalam rekam medis. Nah apa saja yang perlu dicatat dalam registrasi pasien? Tentu saja identitas pasien, nomer asuransi, nomer Rekam Medis pasien serta poli tujuan pasien. Oleh karenanya proses registrasi pendaftaran yang benar akan membantu dalam proses pencarian jejak layanan kesehatan yang dibutuhkan. Walaupun saat ini sudah berlaku sistem pepper less atau tanpa membawa dokumen, namun tetap dibutuhkan pengenalan identitas pasien dalam penentuan anamnesis penyakit dan layanan kesehatan yang akan dituju. Apalagi jika pasien tersebut mengenakan asuransi kesehatan maka penting akan adanya data yang benar dalam proses peng-klaim-an atau pengcoveran layanan kesehatan yang ada.” jelaskan Matra’is (15/05/2024)


Beliau juga menjelaskan bahwa alur pendaftaran di poli klinik atau Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) telah mengalami peningkatan dalam menunjang kenyamanan seluruh pasien. “Untuk mempermudah dalam proses pelayanan pendaftaran di Instalasi Rawat Jalan, maka diberlakukan alur pelayanan pendaftaran yang baru. Jika dahulu pasien datang dan dibantu petugas loket admisi untuk memeriksa dan membantu proses pendaftaran. Saat ini semua proses pendaftaran dilakukan sendiri oleh pasien terkait. Pasien cukup datang membawa kartu pengenal seperti kartu Rumah Sakit (RS) ataupun Kartu Tanda Penduduk (KTP), membawa berkas persyaratan tambahan lalu mengambil nomer antrian sendiri di mesin dispenser karcis yang terletak di depan pintu masuk poliklinik. Mesin dispenser juga terdapat di lantai atas, jadi setiap lantai poli sudah dilengkapi masing-masing. Tidak perlu berebut dan antri lama kembali untuk mendaftar nggih bapak ibu sekalian” ungkapnya. Berikut adalah alur pendaftaran pasien rawat jalan terbaru yang terbagi ke dalam alur pendaftaran pasien poli klinik lantai 1 dan lantai 2.


 peny alur baru pkrs mei24b


Alur pendaftaran pasien poliklinik lantai 1 (terdiri atas tombol A,B,C dan D)


Pasien Datang -> Pemeriksaan Berkas Oleh Petugas Layanan Pelanggan (PLP) -> Pasien Mengambil Nomor Antrian Pada Mesin Dispenser Tiket Antrian -> Ruang Tunggu Poli Klinik -> Pelayanan Poli Klinik -> Pelayanan Obat Farmasi -> Selesai Pelayanan -> Pasien Pulang Atau Rujuk


“Poli lantai 1 atau lantai bawah terdiri atas poli Bedah Umum, poli Bedah Onkologi, poli Bedah Orthopaedi, poli Saraf, poli VCT, poli Dalam, poli Jantung, poli Rehabilitasi Medik, poli Paru, poli Kandungan atau obgyn, serta poli Umum. Terkait poli lainnya merupakan poli lantai 2 atau lantai atas”. jelaskan Matra’is. Beliau pun menambahkan informasi terkait kriteria mesin dispenser tiket antrian telah disediakan di setiap lantai poli klinik. Terkhususkan untuk mesin dispenser tiket antrian lantai 1 terdapat beberapa kriteria yang diperlukan yaitu



  1. Tombol A ditujukan untuk pasien umum, pasien baru BPJS, pasien fast track, pasien dengan aplikasi mobile JKN dapat langsung menuju loket 1

  2. Tombol B ditujukan untuk pasien BPJS lama atau kontrol rutin dapat langsung menuju loket 2 dan 3

  3. Tombol C ditujukan untuk pasien poli jantung dapat langsung menuju loket 4

  4. Tombol D ditujukan untuk pasien rencana rawat inap, pasien Telkom, pasien SEHATI, pasien BIAKES MASKIN, pasien BPJS Ketenagakerjaan, penjamin asuransi lainnya dapat langsung menuju loket 5


 peny alur baru pkrs mei24c


Alur pendaftaran pasien poliklinik lantai 2 (terdiri atas tombol E untuk semua poli yaitu poli Gigi, poli Anak, poli Psikiatri, poli Kulit dan Kelamin, poli THT, poli Gizi, poli Urologi, poli Mata serta poli Bedah Syaraf)


Pasien Datang -> Pemeriksaan Berkas Oleh Petugas Layanan Pelanggan (PLP) -> Pasien Mengambil Nomor Antrian Pada Mesin Dispenser Tiket Antrian -> Ruang Tunggu Poli Klinik -> Pelayanan Poli Klinik -> Pelayanan Obat Farmasi -> Selesai Pelayanan -> Pasien Pulang Atau Rujuk


Nah sebelum menuju mesin dispenser tiket antrian, pasien diharuskan telah membawa berkas-berkas yang dibutuhkan dengan lengkap. Alur pendaftaran terbaru ini memungkinkan pasien untuk melaksanakan pendaftaran dan mengecek berkas secara mandiri. Untuk mempermudah pasien dan keluarga pasien dalam mengecek kelengkapan berkas yang dibutuhkan, maka berikut adalah keterangan lengkap yang dapat disimak dan dibagikan kepada orang-orang terdekat.



  1. Pasien baru -> KK/KTP, rujukan BPJS Kesehatan, kasus kecelakaan lalu lintas membawa surat laka lantas atau surat jasa raharja, kasus jatuh atau trauma membawa surat kronologi

  2. Pasien lama -> surat rencana krontol atau rujukan, kartu kunjungan, kasus kecelakaan lalu lintas membawa surat laka lantas atau surat jasa raharja, kasus jatuh atau trauma membawa surat kronologi

  3. Mobile JKN -> surat rencana control pada aplikasi atau rujukan, check in di bagian informasi, kartu kunjungan atau KTP

  4. Pasien umum -> KK/KTP/ kartu RS

  5. Poli rehabilitasi medik atau fisio -> pasien umum (lama) membawa kartu kunjungan sedangkan pasien BPJS membawa kartu kunjungan dan protokol

  6. Pasien Telkom -> KK dan KTP, kartu Telkom, surat rujukan asli stemple basah dari fasilitas kesehatan pertama atau dokter praktek

  7. Pasien SEHATI -> rujukan dari RSUD dr. Abdoer Rahem, KK dan KTP, surat Dinas Sosial, surat Dinas Kesehatan asli stemple basah

  8. Pasien BIAKES MASKIN -> surat Dinas Kesehatan asli stemple basah, surat Dinas Sosial, KK dan KTP

  9. Pasien BPJS Ketenagakerjaan -> KK dan KTP, kartu BPJS Ketenagakerjaan, Form KK 123 (yang sudah ditandatangani oleh Perusahaan) serta surat penjaminan BPJS Tenaga Kerja


 peny alur baru pkrs mei24d


Kegiatan sosialisasi ataupun penyuluhan kesehatan kali ini berjalan lancar dan diakhiri dengan pembagian souvenir cantik. Kami ucapkan selamat kepada beberapa orang yang beruntung yaitu nona Annisa Hani, bapak Rahmad serta ibu Salma. RSUD dr. H. Koesnadi (RSDK) akan terus membantu masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatannya. Jayalah dan penuh akan semangat RSUD dr. H. koesnadi Bondowoso. Berikan semangat juang dan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Salam Sehat. (PKRS/SWILING)

Baca Juga Berita Lainnya
Poling

Bagaimana pelayanan RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso...?

Sangat Baik
Tidak Baik
Cukup
Kurang

Lihat Hasil Polling
Zona Integritas RSU dr. H. KOESNADI Bondowoso

Alur Pendaftaran RWJ

TRAILER ACARA K3RS RSUD dr. H. KOESNADI

Acara K3RS "Sosialisai Program Manajemen Fasilitas dan Kesehatan"

HIMBAUAN PENERAPAN 6 M

TRAILER ATP (Anjungan Transfer Pengetahuan)

STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 803264 user
  • IP address : 18.97.9.175
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU